Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Panduan Lengkap Perawatan Ibu Hamil: Trimester Kedua (3 Bulan Kedua)

Panduan terlengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan bayi dalam kandungan selama trimester ke-2 (minggu ke-13 sampai minggu ke-25 usia kehamilan) - 

Saat ini Anda sudah memasuki trimester kedua kehamilan Anda. Morning sickness dan rasa lelah yang melanda Anda selama trimester pertama harusnya sudah sedikit berkurang saat ini, sehingga Anda merasa lebih energik dan mulai bisa beraktivitas seperti semula.

Bagi sebagian besar ibu hamil, trimester kedua adalah masa paling mudah. Karena di trimester kedua ini Anda merasa lebih sehat dan bertenaga, sekarang saatnya Anda meluangkan waktu untuk membuat rencana menyambut kelahiran bayi Anda nantinya.

Selama trimester kedua ini, bayi Anda tumbuh dengan cepat. Antara minggu ke-18 dan minggu ke-22 usia kehamilan Anda, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan USG sehingga dokter dapat melihat bagaimana perkembangan bayi Anda. Anda juga bisa mengetahui jenis kelamin bayi Anda, kecuali Anda lebih suka itu tetap menjadi rahasia.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG. Bagi peminat serius, silakan langsung pesan melalui SMS/WA ke nomer 0813-5597-1223.

Luangkan waktu Anda untuk membaca artikel yang cukup panjang ini, sebab kami sudah menyusun panduan lengkap minggu demi minggu untuk menjalani trimester kedua usia kehamilan Anda.

Panduan Lengkap Perawatan Ibu Hamil Trimester Kedua

Perubahan besar masih terjadi di dalam tubuh Anda. Berikut ini adalah perubahan-perubahan tersebut:

Perubahan dalam tubuh Anda selama trimester ke-2

Sakit punggung

Penambahan berat badan pada tubuh Anda yang Anda alami dalam beberapa bulan terakhir mulai memberi tekanan pada punggung Anda, sehingga Anda mulai merasa sakit dan nyeri punggung. Untuk mengurangi tekanan pada punggung, duduklah dengan tegak dan gunakan kursi yang memiliki sandaran punggung.

Tidurlah dengan posisi menyamping dan selipkan guling diantara kedua kaki Anda. Hindari mengangkat atau membawa sesuatu yang berat. Kenakan sepatu bertumit rendah dan nyaman. Jika rasa sakitnya benar-benar membuat Anda tidak nyaman, mintalah pasangan Anda untuk memijat bagian yang sakit.

Baca artikel kami mengenai Latihan Untuk Meredakan Nyeri Punggung Pada Saat Hamil.


Gusi berdarah

Sebagian wanita hamil mengalami gusi bengkak dan berdarah. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormonal yang menyebabkan lebih banyak darah yang mengalir ke gusi Anda, sehingga membuat gusi lebih sensitif dan mudah berdarah.

Gusi Anda harusnya akan kembali normal setelah bayi Anda lahir. Sementara itu, gunakan sikat gigi yang lembut dan sikatlah gigi Anda dengan hati-hati. Tapi jangan sekali-kali mengabaikan kebersihan mulut Anda. Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang menderita penyakit gusi (penyakit periodontal) lebih beresiko mengalami persalinan prematur atau melahirkan bayi dengan berat lahir yang rendah.

Baca lebih jauh mengenai Gusi Berdarah Pada Saat Hamil.


Pembesaran payudara

Sebagian besar nyeri payudara yang Anda alami selama trimester pertama harusnya sudah banyak berkurang. Namun demikian, payudara Anda masih tumbuh karena sedang bersiap untuk memberi makan bayi Anda nantinya. Kenakan bra berukuran lebih besar dari yang biasa Anda gunakan agar Anda merasa lebih nyaman.


Hidung mampet dan mimisan

Perubahan hormonal menyebabkan selaput lendir pada hidung Anda membengkak, sehingga menyebabkan hidung tersumbat dan membuat Anda mendengkur di malam hari. Hal ini juga bisa membuat hidung Anda lebih mudah berdarah.

Sebelum menggunakan dekongestan, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter Anda. Meneteskan air garam atau metode alami lainnya adalah cara yang lebih aman untuk mengatasi hidung mampet. Anda juga bisa mencoba menggunakan humidifier agar udara tetap lembab.

Untuk menghentikan mimisan, jagalah kepala Anda tetap tegak (jangan memiringkan kepala ke belakang), lalu tekanlah lubang hidung selama beberapa menit sampai mimisan berhenti.

Baca mengenai Mimisan Pada Saat Hamil.


Keputihan

Merupakan hal yang normal jika Anda mengalami keputihan di saat awal usia kehamilan Anda. Kenakan panty liner jika itu membuat Anda merasa lebih nyaman, tapi jangan menggunakan tampon karena bisa menginfeksi kuman ke dalam vagina Anda.

Jika keputihannya berbau busuk, berwarna hijau atau kuning, atau berdarah, atau jika keputihannya banyak sekali, hubungi dokter Anda.


Sering buang air kecil

Rahim Anda untuk sementara tidak lagi menekan kandung kemih pada trimester kedua ini, sehingga dorongan untuk buang air kecil berkurang. Namun demikian, dorongan untuk buang air kecil akan kembali lagi pada trimester terakhir kehamilan Anda nantinya.


Pertumbuhan rambut

Hormon kehamilan akan menyebabkan pertumbuhan rambut lebih banyak, dan rambut-rambut ini tumbuh bukan di tempat yang Anda inginkan.

Rambut di kepala Anda akan menjadi lebih tebal. Namun di bagian lain dari tubuh Anda, rambut-rambut ini juga akan tumbuh, termasuk di wajah, lengan, dan punggung Anda.


Sakit kepala

Sakit kepala pada saat hamil adalah salah satu keluhan kehamilan yang paling umum. Usahakan banyak istirahat, dan berlatihlah teknik relaksasi, seperti bernafas dalam-dalam.

Jangan mengkonsumsi aspirin dan ibuprofen selama kehamilan. Tanyakan pada dokter obat yang tepat buat Anda.


Mulas dan sembelit

Mulas dan sembelit disebabkan oleh tingginya kadar progesteron yang diproduksi oleh tubuh Anda selama kehamilan.

Hormon ini melemaskan otot-otot tertentu, termasuk cincin otot di kerongkongan bagian bawah yang biasanya berfungsi menjaga agar makanan dan asam lambung tidak naik.

Untuk meringankan rasa mulas, cobalah makan lebih sering dalam porsi kecil sepanjang hari dan hindari makanan berminyak, pedas, dan kecut (seperti buah sitrus).

Untuk menangani sembelit, konsumsin lebih banyak serat dan minum lebih banyak air putih. Aktivitas fisik juga akan membantu Anda mengatasi sembelit.

Baca mengenai Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil.


Wasir

Wasir sebenarnya adalah varises, yaitu pembuluh darah vena yang membengkak di sekitar anus.

Vena ini membesar saat hamil disebabkan karena volume darah meningkat karena tekanan rahim yang sedang tumbuh. Varises terasa gatal dan tidak nyaman. Untuk meredakannya, cobalah berendam bath tub hangat. Konsultasian dengan dokter apa Anda boleh minum obat.

Baca mengenai Ambeien (Wasir) Pada Saat Hamil dan Cara Mengatasinya.


Pergerakan bayi

Pada pertengahan usia kehamilan Anda (minggu ke-20), Anda mungkin sudah mulai merasakan pergerakan halus di dalam perut Anda. Jika Anda merasa bayi Anda belum bergerak, jangan khawatir. Sebagian wanita tidak merasakan pergerakan bayi sampai bulan ke-6 usia kehamilan mereka.


Perubahan kulit

Wanita hamil sering terlihat seolah-olah "bercahaya" karena perubahan kadar hormon membuat kulit wajah tampak memerah.

Meningkatnya kadar pigmen melanin juga bisa menyebabkan timbulnya "noda" coklat di wajah dan garis gelap di bagian tengah perut. Semua perubahan kulit ini harusnya akan memudar dengan sendirinya setelah bayi lahir. Sementara itu, Anda bisa menggunakan makeup untuk menyembunyikannya.

Kulit Anda juga jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi pastikan untuk memakai tabir surya spektrum luas (UVA / UVB) dengan SPF minimal 30 ketika Anda pergi ke luar. Batasi waktu Anda di bawah sinar matahari, terutama antara pukul 10 pagi dan 2 sore. Kenakan pakaian lengan panjang, celana panjang, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam.

Anda mungkin juga memperhatikan munculnya garis-garis tipis dan kemerahan pada perut, payudara, atau paha Anda. Selulit ini muncul karena kulit Anda mengembang akibat perut Anda yang sedang tumbuh. Meskipun banyak produk mengklaim bisa mencegah atau menghilangkan selulit, namun sebenarnya itu tidak banyak membantu.

Gunakan pelembab untuk mengurangi rasa gatal. Sebagian besar selulit harusnya akan pudar dengan sendirinya setelah Anda melahirkan.

Baca mengenai 7 Masalah Kulit Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya.


Varises

Sirkulasi darah di tubuh Anda meningkat pada saat hamil karena bayi Anda membutuhkan darah. Aliran darah tersebut menyebabkan pembuluh kecil muncul di kulit Anda. Pembuluh darah ini nantinya akan memudar saat bayi Anda lahir.

Beban tambahan pada kaki Anda karena adanya bayi yang sedang tumbuh juga dapat memperlambat aliran darah ke tubuh bagian bawah Anda, menyebabkan pembuluh darah di kaki Anda membesar dan berwarna biru atau ungu. Ini disebut varises.

Tidak ada cara untuk menghindari varises, namun supaya tidak semakin parah, sebaiknya Anda tetap aktif bergerak sepanjang hari dan topanglah kaki Anda di atas kursi setiap kali Anda harus duduk dalam jangka waktu yang lama. Varises harusnya mulai menghilang dalam jangka waktu tiga bulan setelah Anda melahirkan.


Penambahan berat badan

Morning sickness biasanya sudah banyak berkurang pada akhir trimester pertama. Setelah itu, nafsu makan Anda harusnya akan kembali seperti semula, dan bahkan mungkin bertambah. Namun, tetap perhatikan berapa banyak yang Anda makan. Anda hanya memerlukan sekitar 300 sampai 500 kalori per-hari selama trimester kedua ini, dan Anda harusnya hanya mendapatkan kenaikan berat badan sekitar 1/2 kg.


Gejala yang butuh perhatian khusus

Salah satu gejala di bawah ini bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan kehamilan Anda. Hubungi segera dokter Anda jika Anda mengalami:
  • Nyeri perut atau kram yang parah;
  • Pendarahan berat;
  • Sakit kepala berat;
  • Kenaikan berat badan yang terlalu cepat (lebih dari 4 kg per-bulan) atau kenaikan berat badan yang terlalu sedikit (kurang dari 5 kg setelah minggu ke-20 usia kehamilan Anda).
Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG. Bagi peminat serius, silakan langsung pesan melalui SMS/WA ke nomer 0813-5597-1223.


Kehamilan minggu ke-13

Bayi
bayi Anda tumbuh dengan cepat. Mata, pergelangan kaki dan pergelangan tangan terbentuk. Meski kepalanya masih terlalu besar, bagian tubuh lainnya mulai membesar pula.

Calon ibu
Rahim Anda semakin tumbuh membesar sehingga memenuhi panggul Anda dan mulai tumbuh ke atas, ke arah perut Anda. Jika sebelum ini Anda tidak mengalami kenaikan berat badan akibat morning sickness, sekarang saatnya bobot Anda mulai naik, sebab secara umum Anda merasa lebih baik.

Tips untuk minggu ini
Ajak pasangan Anda untuk menjalani pemeriksaan bersama Anda. Pasangan Anda mungkin juga mau mendengar detak jantung bayi Anda.


Kehamilan minggu ke-14

Bayi
Telinga bayi Anda bergeser dari leher ke sisi kepala, sementara lehernya semakin kuat dan dagunya lebih menonjol. Sosok wajah dan sidik jari yang unik mulai terbentuk. Bayi Anda mulai menanggapi rangsangan dari luar. Jika perut Anda ditekan dari luar, bayi Anda akan menggeliat menghindarinya.

Calon ibu
Anda sudah pantas memakai baju hamil sekarang. Kulit dan otot Anda mulai meregang untuk mengakomodasi pertumbuhan bayi Anda. Anda mungkin juga akan mengalami sembelit, karena hormon kehamilan melemaskan usus.

Tips minggu ini
Cobalah untuk mengurangi sembelit dengan berolahraga ringan, minum banyak cairan, dan banyak makan buah dan sayuran.


Kehamilan minggu ke-15

Bayi
Tubuh bayi Anda tertutup oleh rambut yang sangat halus, disebut lanugo, yang nantinya akan rontok saat ia lahir. Alis dan rambut di bagian atas kepala mulai tumbuh, tulang semakin mengeras, dan bayi Anda bahkan mungkin sudah mulai menghisap jempolnya.

Calon ibu
Anda bisa merasakan rahim Anda di bawah pusar Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai jenis tes prenatal apa yang sesuai di usia kehamilan ini.

Tips minggu ini
Mulailah belajar tidur menyamping ke kiri, dengan demikian sirkulasi darah Anda menjadi lebih lancar. Anda bisa mencoba menyelipkan bantal di belakang punggung Anda dan di antara kedua kaki Anda (guling).


Kehamilan minggu ke-16

Bayi
Anda sudah bisa mendengar detak jantung bayi Anda pada saat Anda menjalani tes USG. Rambut halus di tubuh bayi Anda semakin banyak dan mulai tumbuh di kepalanya juga. Lengan dan kakinya sudah banyak bergerak-gerak serta sistem sarafnya mulai bekerja.

Calon ibu
Dalam beberapa minggu ke depan, Anda mungkin mulai merasakan bayi Anda bergerak. Gerakannya akan terasa seperti gelembung gas atau denyutan yang halus. Dan ia akan lebih banyak bergerak sepanjang hari di waktu-waktu tertentu.

Tubuh Anda banyak mengalami perubahan. Meningkatnya volume darah untuk menunjang pertumbuhan bayi Anda bisa menyebabkan mimisan, dan Anda mungkin memperhatikan pembuluh darah di kaki Anda menjadi lebih jelas. Kabar baiknya, karena rahim Anda bergeser, Anda tidak lagi banyak merasakan keinginan untuk buang air kecil terus-menerus.

Tips minggu ini
Jika pembuluh darah di kaki Anda terlihat menonjol, Anda bisa mengenakan stoking. Topang kaki Anda di atas kursi pada saat Anda duduk, dan lakukan olahraga ringan untuk memperbaiki aliran darah tubuh Anda.

Apa yang terjadi di dalam tubuh Anda?
Jari tangan dan jari kaki bayi Anda mulai terbentuk dengan baik. Kelopak mata, alis, bulu mata, kuku, dan rambutnya juga mulai terbentuk. Gigi dan tulang menjadi lebih padat. Bayi Anda bisa menghisap jempolnya, menguap dan meregangkan tubuh.

Organ reproduksi dan alat kelamin bayi sekarang telah berkembang sepenuhnya, sehingga dokter sudah bisa melihat melalui USG apakah bayi Anda aki-laki atau perempuan.


Kehamilan minggu ke-17

Bayi
Berat bayi Anda sekarang meningkat dua kali lipat sejak dua minggu terakhir. Lemak tubuhnya mulai terbentuk, yang berfungsi membantu menghangatkan tubuhnya dan memperlancar metabolismenya. Ssistem peredaran darah dan saluran kemih mulai berfungsi. Rambut di kepala, alis, dan bulu mata semakin tumbuh.

Calon ibu
Kehamilan Anda sudah terlihat makin jelas sekarang, sebab kenaikan berat badan Anda sudah mencapai sekitar 5-10 kilogram. Anda mungkin juga merasakan bahwa nafsu makan Anda semakin baik.

Tips minggu ini
Agar tidak merasa pusing, ubah posisi Anda dengan perlahan, terutama saat Anda berpindah dari posisi berbaring ke duduk atau dari posisi duduk menjadi berdiri. Jika Anda merasa pusing, duduklah dan tundukkan kepala Anda, atau berbaringlah sejenak.


Kehamilan minggu ke-18

Bayi
Lonjakan pertumbuhan bayi Anda sedikit berkurang, tapi kemampuan bergerak bayi Anda mulai berkembang. Bayi Anda bisa menguap, meregang, dan membuat ekspresi wajah, bahkan ia bisa mengerutkan kening.

Indera perasanya mulai berkembang dan bisa membedakan manis dan pahit. Bayi akan mengisap jika bibirnya tersentuh, dan ia bisa menelan dan bahkan cegukan. Retina matanya semakin sensitif terhadap cahaya. Jadi jika ada cahaya terang mengarah ke perut Anda, bayi sudah bisa bergerak untuk melindungi matanya.

Calon ibu
Rahim Anda bisa dirasakan tepat berada di bawah pusar Anda.

Anda sudah bisa merasakan pergerakan bayi Anda lebih jelas sekarang. Dokter Anda akan melakukan USG untuk menilai pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda serta untuk memperkirakan tanggal persalinan. Pada saat bayi berada dalam posisi yang tepat, Anda bisa melihat apakah bayi Anda laki-laki atau perempuan di layar USG.

Jantung Anda bekerja 40% sampai 50% lebih keras sekarang untuk mendukung kehamilan Anda.

Tips minggu ini
Ajak pasangan Anda untuk melihat bayi Anda bersama-sama pada saat USG di ruang kerja dokter.


Kehamilan minggu ke-19

Bayi
Kulit bayi Anda makin berkembang dan transparan, tampak memerah sebab pembuluh darahnya terlihat. Lapisan pelindung berwarna putih krem, yang disebut vernix, mulai berkembang di kulit bayi Anda.

Calon ibu
Seiring pertumbuhan bayi Anda, Anda mungkin merasakan sedikit sakit dan nyeri pada pertengahan usia kehamilan ini. Anda mungkin merasakan sakit pada perut bagian bawah, pusing, sakit seperti maag, sembelit, kram pada kaki, pembengkakan pada kaki dan sakit punggung. Melebarnya pembuluh darah dapat menyebabkan munculnya tanda merah tipis di wajah, bahu, dan lengan.

Tips minggu ini
Jaga kesehata Anda sebaik mungkin. Cobalah untuk tidak terlalu lelah karena bayi Anda tumbuh begitu cepat.


Kehamilan minggu ke-20

Bayi
Bayi Anda sudah bisa mendengar suara sekarang, seperti suara denyut jantung Anda dan juga suara dari luar tubuh Anda. Bayi akan menutup telinganya dengan tangannya jika mendengar suara keras di dekat Anda, dan ia bisa menjadi kaget dan "melompat" jika suara yang didengarnya terlalu keras. Bayi Anda akan sering bergerak, berputar, bergoyang-goyang, meninju dan menendang.

Calon ibu
Selamat! Anda berada di dekat titik pertengahan usia kehamilan Anda. Lekukan pinggang Anda sudah hampir tidak terbentuk lagi. Berhati-hatilah terhadap infeksi kandung kemih, sebab otot-otot tertentu di saluran kemih mengendur. Pernapasan Anda semakin terasa berat dan Anda mungkin akan lebih banyak berkeringat dari biasanya karena kelenjar tiroid Anda lebih aktif.

Tips minggu ini
Anda mengalami sakit punggung? Perhatikan postur tubuh Anda. Duduklah dengan menopangkan kaki Anda atau gunakanlah kursi yang lebih ergonomis. Hindari berdiri terlalu lama, tidurlah dengan bantal kecil di bawah sisi pinggang Anda, dan apabila Anda mengangkat barang, angkatlah dengan menumpukan berat pada kaki Anda, bukan pada punggung Anda.

Apa yang terjadi di dalam tubuh Anda?
Rambut mulai tumbuh di kepala bayi Anda, dan rambut halus yang lembut (lanugo), mulai menutupi bahu, punggung, dan pelipisnya. Rambut ini berfungsi melindungi bayi Anda dan biasanya rontok pada akhir minggu pertama setelah bayi lahir.

Kulit bayi Anda diselimuti dengan lapisan berwarna keputih-putihan yang disebut vernix caseosa. Lapisan ini, yang berfungsi melindungi kulit bayi dari cairan amnion, nantinya akan mulai berkurang sebelum lahir.

Anda semakin sering merasakan bayi Anda bergerak karena ototnya semakin berkembang dan ia melatihnya.


Kehamilan minggu ke-21

Bayi
Bayi Anda masih terus mengembangkan lemak agar ia tetap hangat. Laju pertumbuhan melambat, namun organ tubuhnya sedang dalam proses penyempurnaan.

Kelenjar minyak bayi Anda membentuk lapisan lilin, yang disebut vernix caseosa, yang melindungi kulit agar tetap kenyal. Tunas gigi permanen mulai terbentuk.

Calon ibu
Kehamilan Anda semakin terlihat jelas. Rahim Anda mulai membesar sampai ke atas pusar. Kenaikan berat badan Anda saat ini mungkin sekitar 5-7 kg.

Tips minggu ini
Jika Anda tertarik mengikuti kelas persalinan, sekarang saatnya untuk mulai mencari tahu.


Kehamilan minggu ke-22

Bayi
Otot bayi Anda semakin kuat setiap minggu, kelopak mata dan alisnya terbentuk. Bayi Anda mulai lebih bayak bergerak dan merespons suara, irama, dan melodi. Jika Anda bernyanyi dan berbicara dengan bayi Anda, suara Anda akan menenangkan bayi Anda.

Calon ibu
Rahim Anda masih terus tumbuh, dan Anda mungkin merasa cukup baik, sebab tidak lagi mengalami morning sickness. Anda mungkin masih mengalami kram pada tungkai dan kaki, dan juga pembengkakan ringan pada kaki Anda.

Tips minggu ini
Untuk mengurangi kram, konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung kalsium dan potassium. Minumlah segelas susu sebelum tidur atau makanlah camilan yang kaya akan potassium, seperti jeruk bali, jeruk, dan pisang. Jika Anda mengalami kram kaki, cobalah menarik jari-jari kaki ke arah atas sambil menjaga kaki Anda tetap lurus.


Kehamilan minggu ke-23

Bayi
Kulit bayi Anda masih keriput karena berat badan bayi Anda masih akan bertambah. Rambut-rambut halus di sekujur tubuhnya, yang disebut lanugo, terkadang menjadi menjadi lebih gelap.

Calon ibu
Berat badan Anda mungkin sudah bertambah sekitar 6-8 kg.

Saat hamil, Anda mungkin melihat adanya peningkatan sekresi vagina yang biasanya berwarna kekuning-kuningan dengan bau samar. Jika terjadi perubahan warna atau baunya berubah secara signifikan, hubungi dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda menderita infeksi.

Apakah Anda merasa sedikit nyeri pada punggung? Cobalah berbaring. Mintalah untuk dipijat, atau letakkan botol berisi air panas ke bagian yang nyeri.

Tips minggu ini
Karena kulit Anda meregang, kulit Anda mungkin menjadi kering dan terasa gatal. Jagalah kelembabannya dengan lotion atau krim.


Kehamilan minggu ke-24

Bayi
Bayi Anda mulai memproduksi sel darah putih, yang akan membantunya melawan penyakit dan infeksi. Ia juga mulai merespon sentuhan dan suara. Jika sebelumnya Anda belum merasakan bayi Anda cegukan, mungkin Anda akan merasakannya sekarang.

Calon ibu
Pada bulan ini, kemungkinan bobot Anda akan naik 1/2 sampai 1 kg per-minggu. Dokter Anda mungkin akan melakukan tes untuk mendeteksi kemungkinan adanya diabetes gestasional antara minggu ini dan minggu ke-28 usia kehamilan Anda.

Tips minggu ini
Pasangan Anda mungkin bisa mendengar detak jantung bayi dengan cara menempelkan telinganya di perut Anda.


Kehamilan minggu ke-25

Bayi
Kulit bayi Anda sekarang menjadi tidak lagi transparan. Kulit bayi Anda masih keriput, karena tubuhnya masih akan tumbuh. Detak jantung bayi Anda dapat didengar melalui stetoskop atau didengar secara langsung oleh orang lain dengan cara menempelkan telinga di perut Anda, tergantung pada posisi bayi Anda.
.
Calon ibu
Selain tumbuh ke atas, rahim Anda juga berkembang semakin membesar ke arah samping perut Anda. Anda mungkin mengalami wasir, yang disebabkan oleh peningkatan aliran darah. Juga sembelit, gangguan pencernaan, dan sakit seperti maag.

Tips minggu ini
Untuk meredakan wasir, oleskan es atau cobalah berendam di air hangat. Jangan mengkonsumsi obat pencahar.

Apa yang terjadi di dalam tubuh Anda?
Pada akhir bulan ke-6, sidik jari pada jari tangan dan jari kaki bayi Anda terlihat. Kelopak mata mulai terpisah dari mata dan mata bayi sudah bisa membuka.

Bayi Anda bisa merespon suara, dan Anda bisa merasakan bayi Anda tersedak.

Kalau Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak artikel kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG. Atau langsung pesan buku melalui SMS/WA ke nomer 0813-5597-1223.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.