Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Panduan Lengkap Perawatan Ibu Hamil: Trimester Pertama (3 Bulan Pertama)

Buku Cara Cepat Hamil

Informasi terlengkap mengenai kehamilan dan perawatan kesehatan ibu hamil pada trimester pertama (3 bulan pertama), dibahas tuntas minggu demi minggu, mulai minggu ke-1 sampai minggu ke-12 usia kehamilan Anda -

Hamil adalah salah satu peristiwa yang paling membahagiakan dalam kehidupan semua wanita. Sejak awal kehamilan hingga membawa pulang bayi Anda dari rumah sakit bersalin, semuanya adalah momen yang tidak bisa digantikan dengan apapun juga.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tuntas mengenai perawatan ibu hamil dan apa yang terjadi pada trimester pertama (3 bulan pertama) kehamilan.

Artikel ini kami buat selengkap mungkin sehingga akan cukup panjang. Namun informasi di dalamnya sangat berharga untuk Anda ketahui. Jadi, luangkan waktu Anda dan bacalah hingga selesai.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG. Bagi peminat serius, silakan langsung pesan melalui SMS/WA ke nomer 0813-5597-1223.

Panduan Lengkap Perawatan Ibu Hamil: Trimester Pertama (3 Bulan Pertama)


Seiring kehamilan Anda, maka akan banyak perubahan yang terjadi. Dengan mengetahui apa-apa saja perubahan yang akan (atau sedang) Anda alami, Anda akan bisa mengantisipasi dan menyiapkan diri sepenuhnya sejak awal.


Apa yang terjadi pada tubuh Anda selama kehamilan trimester pertama?

Dampak kehamilan berbeda bagi masing-masing wanita. Sebagian wanita tampak cerah, sehat dan penuh vitalitas selama tiga bulan pertama; sementara sebagian yang lain merasa sangat menderita.

Berikut ini adalah beberapa perubahan yang mungkin Anda alami, apa penyebabnya, dan juga tanda-tanda mana saja yang memerlukan bantuan penanganan medis.


Pendarahan

Sekitar 25% wanita hamil mengalami pendarahan ringan selama kehamilan trimester pertama. Pada awal kehamilan, bercak ringan merupakan pertanda bahwa embrio yang telah dibuahi, ditanamkan ke dalam rahim. Namun, jika Anda mengalami pendarahan berat, kram, atau nyeri yang signifikan di bagian perut Anda, hubungi dokter. Bisa saja itu merupakan tanda keguguran atau kehamilan ektopik (kehamilan dimana embrio tertanam di luar rahim).


Nyeri pada payudara

Rasa nyeri pada payudara adalah salah satu tanda awal kehamilan. Rasa nyeri ini dipicu oleh perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh Anda, sebab tubuh Anda sedang mempersiapkan kelenjar dan saluran susu untuk memberi makan bayi Anda nantinya. Rasa nyeri ini mungkin akan berlangsung penuh selama trimester pertama atau lebih.

Kenakan bra berukuran lebih besar dari biasanya dan bisa membantu Anda untuk merasa lebih nyaman. Anda bisa kembali ke bra normal setelah bayi Anda selesai menyusui nantinya


Sembelit

Selama kehamilan, kontraksi otot pada usus Anda melambat disebabkan meningkatnya kadar hormon progesteron. Ditambah lagi dengan asupan zat besi yang Anda peroleh dari vitamin prenatal Anda, maka hasilnya adalah sembelit yang membuat Anda merasa kembung.

Tambahkan asupan serat Anda dan minumlah lebih banyak air untuk membantu melancarkan pencernaan Anda. Lakukan juga lebih banyak aktivitas fisik.

Jika sembelit Anda benar-benar mengganggu Anda, konsultasikan dengan dokter Anda dan mintalah resep pelunak tinja yang aman untuk digunakan selama kehamilan.


Keputihan

Normal bagi setiap wanita hamil untuk mengeluarkan cairan seperti susu putih yang tipis (disebut leukorrhea) pada awal usia kehamilannya.

Kenakan panty liner untuk membuat Anda merasa lebih nyaman, tapi jangan menggunakan tampon karena bisa menginfeksi kuman ke dalam vagina. Jika keputihannya berbau busuk, berwarna hijau atau kuning, atau jika terdapat banyak sekali cairan bening, hubungi dokter Anda.


Keletihan

Tubuh Anda bekerja keras untuk menopang janin yang sedang tumbuh, sehingga membuat Anda lebih mudah merasa lelah dari biasanya. Tidurlah atau istirahatlah, bila perlu sepanjang hari. Pastikan Anda mengasup cukup zat besi (terlalu sedikit asupan zat besi bisa menyebabkan anemia, sehingga rasa lelah akan semakin manjadi-jadi).


Mengidam makanan (dan enggan terhadap makanan lainnya)

Selera makan Anda bisa sangat berubah saat Anda hamil. Lebih dari 60% wanita hamil mengalami ngidam, dan lebih dari 50% merasa enggan terhadap makanan tertentu.

Memenuhi ngidam Anda adalah hal baik, asalkan pada umumnya Anda tetap makan makanan sehat dan rendah kalori. Namun, Anda harus menahan diri jika Anda merasakan ngidam terhadap hal yang bukan merupakan makanan, seperti tanah liat, lumpur, atau sabun. Benda-benda tersebut tentu berbahaya bagi Anda dan bayi Anda jika dimakan. Jika Anda mengalami ngidam yang seperti itu, segera konsultasikan ke dokter.


Sering buang air kecil

Meskipun janin Anda masih cukup kecil, tapi rahim Anda sudah tumbuh membesar dan ini memberi tekanan pada kandung kemih Anda. Akibatnya, Anda akan merasakan keinginan yang terus-menerus untuk buang air kecil.

Jangan berhenti minum air sebab tubuh Anda membutuhkannya. Kurangilah kafein (yang mana dapat merangsang urin), terutama sebelum tidur. Saat Anda merasa ingin buang air kecil memanggil, segera lakukan. Jangan menahannya


Mulas

Selama kehamilan, tubuh Anda memproduksi lebih banyak hormon progesteron, yaitu hormon yang melemaskan otot-otot halus, termasuk otot di kerongkongan bagian bawah yang berfungsi menjaga makanan dan asam lambung tidak naik. Pelemasan otot ini bisa menyebabkan naiknya asam lambung, sehingga menyebabkan mulas.

Untuk menghindarinya, makanlah dengan sering dalam porsi kecil sepanjang hari. Jangan berbaring tepat setelah makan dan hindari makanan yang berminyak, pedas, dan asam (seperti buah jeruk). Cobalah tinggikan bantal Anda ketika tidur.


Mood swing (mood yang berubah-ubah)

Kelelahan dan perubahan hormon membuat emosi Anda kurang stabil, sehingga Anda akan merasakan gembira, sengsara, takut, senang, rewel, bawel yang berganti-gantian dengan cepat. Cobalah bicarakan dengan pasangan Anda.


Morning sickness (mual dan muntah)

Mual adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum, dan gejala ini dialami oleh 85% wanita hamil. Mual dan muntah terjadi akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh, dan ini bisa Anda alami di sepanjang trimester pertama.

Bagi beberapa wanita hamil, mereka hanya menderita mual yang ringan; sementara bagi sebagian lainnya bisa sampai muntah sejak pagi hari. Rasa mual ini biasanya paling parah terjadi di pagi hari (itulah sebabnya dinamakan "morning sickness").

Untuk meredakan rasa mual Anda, cobalah mengkonsumsi cemilan ringan yang hambar, atau makanan lain yang berprotein tinggi (daging atau keju). Minumah jus buah apel atau jahe. Lakukanlah pada saat bangun tidur, sebelum Anda bangkit dari tempat tidur Anda.

Hindari makanan yang membuat perut Anda sakit. Mual itu sendiri bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Tetapi jika Anda merasakannya terus menerus tanpa jeda atau menjadi makin parah, maka hal itu bisa mempengaruhi jumlah nutrisi yang sampai ke bayi Anda. Hubungi dokter Anda jika Anda muntah terus-menerus sampai tidak bisa makan apapun.

Baca lebih jauh mengenai Apa Itu Morning Sickness?


Kenaikan berat badan

Kenaikan berat badan pada saat hamil adalah hal baik, asal tidak berlebihan.

Selama trimester pertama, idealnya Anda harus mengalami kenaikan bobot sekitar 1,5 sampai 3 kg (jika sebelumnya berat badan Anda normal). Konsultasikan dengan dokter Anda apabila sebelumnya Anda kelebihan atau kekurangan berat badan. Mungkin Anda harus menyesuaikannya dengan menurunkan atau menaikkan berat badan Anda sesuai anjuran dokter.

Meski Anda sedang mengandung, jangan ikuti pepatah "makan untuk dua orang". Anda hanya membutuhkan tambahan sekitar 150 kalori per-hari selama trimester pertama Anda. Dapatkan asupan kalori dengan cara yang sehat, yaitu dengan menambah asupan buah dan sayuran, susu, roti gandum dan daging tanpa lemak ke menu makanan Anda.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG. Bagi peminat serius, silakan langsung pesan melalui SMS/WA ke nomer 0813-5597-1223.


Gejala yang membutuhkan perhatian khusus

Salah satu gejala berikut ini bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan kehamilan Anda. Hubungi dokter segera jika Anda mengalami:
  • Nyeri perut yang parah;
  • Pendarahan yang terlalu banyak;
  • Sakit kepala parah;
  • Penambahan berat badan yang terlalu cepat atau terlalu sedikit.


Panduan kehamilan trimester pertama minggu demi minggu

Panduan berikut ini akan membantu Anda melewati masa kehamilan selama trimester pertama kehamilan Anda, sehingga Anda bisa menjadi calon ibu yang lebih cerdas, lebih percaya diri, dan lebih siap. Kami memberian panduan disertai tips perminggu mengenai tubuh Anda dan bayi Anda yang dapat Anda gunakan selama kehamilan Anda.


Kehamilan minggu 1 dan 2

Bayi
Janin Anda masih sangat kecil. Sulit untuk mengetahui kapan pembuahan terjadi, jadi biasanya dokter menghitung usia kehamilan Anda berdasarkan hari pertama siklus menstruasi terakhir Anda.

Calon ibu
Pada awal siklus menstruasi Anda, sekitar 20 sel telur yang disebut ova menempati kantung berisi cairan yang disebut folikel. Jika Anda biasanya menstruasi setiap 28 hari, maka sekitar 14 hari kemudian Anda mengalami ovulasi, yaitu ketika salah satu folikel ini melepaskan sel telur. Lalu sel telur tersebut bergerak menuju tuba falopi untuk menunggu pembuahan.

Ini adalah masa tersubur Anda. Jika Anda ingin hamil, inilah saat terbaik. Setelah telur dibuahi oleh sperma, lalu bergerak menuju rahim dan tertanam disana.

Jangan kecewa jika Anda belum berhasil hamil ketika mencoba untuk pertama kalinya. Tergantung usia, seorang wanita memiliki peluang 25% setiap bulannya untuk hamil. Jadi silakan Anda mencoba lagi bulan depan.

Tips untuk minggu ini
Pastikan Anda telah menjadwalkan kunjungan prakonsepsi dengan dokter kandungan untuk mendeteksi resiko penyakit genetik dan memastikan kehamilan yang sehat. Yang terpenting, pastikan Anda sudah mulai mengkonsumsi 0,4 miligram atau 400 mikrogram asam folat sehari. Asam folat yang dikonsumsi beberapa bulan sebelum pembuahan telah terbukti secara dramatis mengurangi resiko cacat tabung saraf seperti spina bifida.


Kehamilan minggu ke-3

Bayi
Jika sel telur telah berhasil dibuahi oleh sperma, maka embrio sudah terbentuk meskipun masih berukuran sangat kecil, hanya sebesar kepala jarum pentul. Embrio tidak kelihatan seperti janin atau bayi, hanya berupa sekelompok sel (sekitar 100 sel) yang berlipat ganda dan berkembang dengan sangat cepat. Lapisan luar sel akan menjadi plasenta, dan lapisan dalam akan menjadi embrio.

Calon ibu
Anda belum merasakan adanya perubahan pada tubuh Anda saat ini. Anda bahkan belum mengetahui bahwa Anda terlambat menstruasi.

Tips untuk minggu ini
Lakukan tes kehamilan di rumah. Alat tes rumahan juga bisa diandalkan, sama seperti tes urine atau tes darah yang biasanya dilakukan di kantor dokter. Untuk lebih memastikan keakuratannya, baca petunjuknya dengan saksama dan pastikan semua peralatan yang Anda gunakan bersih.


Kehamilan minggu ke-4

Bayi
Setelah dibuahi, sel telur akan menempel ke dalam lapisan rahim. Peristiwa ini disebut implantasi.

Calon ibu
Biasanya Anda mengalami menstruasi pekan ini. Tapi kali ini tidak. Dan itu adalah tanda pertama bahwa Anda hamil. Anda mungkin juga mengalami adanya bercak darah ringan saat embrio tertanam di rahim Anda. Anda belum merasakan, namun sebenarnya di dalam tubuh Anda sedang sedang terbentuk plasenta.

Tips untuk minggu ini
Cobalah mengkonsumsi makanan sehat dan minum setidaknya enam sampai delapan gelas air sehari. Tapi jangan makan berlebihan. Anda hanya membutuhkan tambahan sekitar 150-300 kalori per-hari saat Anda sedang hamil. Dan jangan khawatir jika Anda sulit makan di masa awal kehamilan Anda karena morning sickness. Jika sebelumnya Anda sudah makan dengan baik dan tidak kekurangan nutrisi, bayi Anda akan mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

Apa yang terjadi di dalam tubuh Anda?
Telur yang sudah dibuahi sedang tumbuh, dan kantung berisi cairan mulai terbentuk di sekitarnya. Kantung ini disebut kantung amnion, dan ia melindungi embrio yang sedang tumbuh.

Plasenta juga mulai berkembang. Plasenta berfungsi mengantarkan nutrisi dari Anda ke bayi Anda.

Wajah bayi Anda mulai terbentuk dan yang paling jelas adalah adanya lingkaran hitam besar yang nantinya menjadi mata. Mulut, rahang bawah dan tenggorokan sedang berkembang. Sel-sel darah bayi Anda mulai terbentuk, dan sirkulasinya akan dimulai.

Pada akhir bulan pertama, ukuran bayi Anda kira-kira hanya sebesar 0,6 cm, lebih kecil daripada sebutir beras.


Kehamilan minggu ke-5

Bayi
Meskipun janin Anda masih sangat kecil, tapi jantung, otak, sumsum tulang belakang, otot, dan tulangnya sudah mulai berkembang. Plasenta, organ yang memberi makan bayi Anda, dan kantung amnion, yang melindungi bayi Anda, juga masih terus tumbuh. Tali pusar juga mulai terbentuk dan organ ini berfungsi mensuplai darah bagi bayi Anda.

Calon ibu
Seharusnya sekarang Anda sudah mulai merasa curiga bahwa Anda hamil. Anda mungkin juga mulai mengalami beberapa gejala awal kehamilan berikut ini:
  • Merasa mual (disebut morning sickness);
  • Kesemutan atau nyeri di payudara dan kehitaman pada puting susu Anda;
  • Lebih sering buang air kecil;
  • Merasa lebih lelah dari biasanya.
Tips minggu ini
Segera periksakan ke dokter kandungan. Mulai menjalani perawatan prenatal lebih awal dan mengikuti jadwal konsultasi dengan dokter adalah langkah penting untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan bayi yang sehat pula.


Kehamilan minggu ke-6

Bayi
Bayi Anda berbentuk seperti kecebong. Mata dan tungkainya mulai terbentuk. Saat menjalani pemeriksaan USG, dokter sudah bisa mendengar detak jantungnya. Antara hari ke-17 dan ke-56 adalah saat yang perlu Anda waspadai, karena saat itulah bayi paling rentan terhadap apapun yang dapat mempengaruhi pertumbuhannya.

Calon ibu
Bobot Anda mungkin sudah bertambah beberapa kg sekarang. Atau jika Anda mengalami morning sickness yang berkepanjangan, Anda bisa saja kehilangan berat badan beberapa kg, dan ini normal. Anda mungkin mulai merasakan beberapa perubahan pada tubuh Anda, seperti: pakaian Anda terasa semakin ketat di sekitar daerah pinggang, kaki dan payudara.

Tips minggu ini
Patuhi kebiasaan sehat setiap hari, seperti makan sehat dan mengkonsumsi vitamin prenatal. Jika sebelumnya Anda merokok dan minum alkohol, hentikan sekarang juga.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG. Bagi peminat serius, silakan langsung pesan melalui SMS/WA ke nomer 0813-5597-1223.


Kehamilan minggu ke-7

Bayi
Bayi Anda semakin bertumbuh dengan cepat. Tonjolan kecil muncul yang nantinya akan tumbuh menjadi tangan dan kaki. Banyak organ tubuhnya mulai dan terus brkembang: jantung, paru-paru, usus, otak, sumsum tulang belakang, lubang hidung, mulut, dan mata.

Calon ibu
Kehamilan Anda belum terlalu tampak dari luar, tapi sekarang Anda sudah bisa merasakan perubahan yang terjadi dalam tubuh Anda dengan jelas. Anda mungkin masih mengalami morning sickness.

Tips minggu ini
Jangan biarkan perut Anda benar-benar kosong , sehingga Anda tidak akan merasa terlalu mual. Siapkan makanan ringan setiap, dan makanlah dalam porsi kecil dengan sering daripada hanya tiga kali makan dalam porsi besar. Untuk mencegah menurunnya kadar gula darah, makanlah protein, seperti keju atau telur.


Kehamilan minggu ke-8

Bayi
Bayi Anda sekarang sedang berada pada minggu keenam perkembangannya. Ini adalah saat yang penting untuk pertumbuhan. Kelopak mata dan telinga terbentuk. Bayi Anda mengembangkan jemari dan jari kaki kecil yang berselaput dan bahkan bisa "berenang" di rahim Anda.

Calon ibu
Volume darah Anda meningkat, dan jantung Anda memompa 50% lebih banyak darah per-menit untuk bayi Anda. Gejala yang umum dirasakan dalam minggu ini adalah kemurungan dan keresahan dari bau tertentu.

Tips minggu ini
Pakailah bra yang nyaman. Dengan mengenakan bra yang mendukung payudara Anda dengan baik, akan membantu Anda merasa lebih nyaman dan mencegahnya menjadi kendur.

Apa yang terjadi di dalam tubuh Anda?
Wajah bayi Anda terus berkembang. Telinga bayi Anda mulai tampak seperti lipatan kulit kecil di kedua sisi kepalanya. Kuncup kecil mulai tumbuh menjadi lengan dan kaki. Begitu juga jari tangan dan jari kaki.

Tabung saraf (otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan saraf lainnya) mulai terbentuk dengan baik. Organ pencernaan dan organ sensorik mulai berkembang. Tulang keras mulai menggantikan tulang rawan.


Kehamilan minggu ke-9

Bayi
Bayi Anda sekarang seukuran kacang. Kepalanya lebih tegak, dan leher lebih berkembang. Pada saat USG, Anda bisa melihat bayi Anda bergerak, meskipun Anda belum bisa merasakannya.

Calon ibu
Rahim Anda terus tumbuh, dan Anda mungkin merasakan bahwa lingkar pinggang Anda menebal. Kehamilan Anda tetap belum terlihat oleh orang lain. Anda seharusnya belum mendapatkan terlalu banyak penambahan berat badan, terutama jika Anda memiliki gangguan selera makan, sakit maag, gangguan pencernaan, mual, atau kembung.

Tips minggu ini
Makanlah lebih banyak makanan yang mengandung kalsium, seperti keju, sarden, dan brokoli. Bayi Anda membutuhkan kalsiun, dan begitu juga dengan Anda.


Kehamilan minggu ke-10

Bayi
Bayi Anda masih berukuran kecil tapi sudah terlihat dan bertingkah seperti bayi. Lengan dan kakinya sudah tumbuh lebih panjang dan sudah bisa menekuk pada siku dan lututnya.

Calon ibu
Rahim Anda yang tadinya hanya seukuran kepalan tangan, sekarang sudah sebesar jeruk bali. Tubuh Anda mungkin masih tidak menunjukkan banyak perubahan dari luar, tapi Anda sendiri akan mulai merasa lebih nyaman dengan pakaian yang longgar.

Tips minggu ini
Mulailah beli bra khusus untuk bersalin. Anda akan membutuhkannya segera. Anda juga bisa mulai membeli bra khusus menyusui jika Anda berencana menyusui nantinya.


Kehamilan minggu ke-11

Bayi
Minggu ini adalah minggu yang penting. Dokter Anda bisa mendengar detak jantung bayi Anda melalui stetoskop. Alat kelamin bayi Anda mulai berkembang, namun jenis kelaminnya belum dapat diketahui dengan menggunakan ultrasound.

Calon ibu
Hormon kehamilan Anda mulai menunjukkan dampak baik dan juga efek buruknya terhadap tubuh Anda. Anda mungkin bisa merasakan bahwa rambut, kuku tangan dan kuku kaki Anda tumbuh lebih cepat. Anda mungkin juga mendapati bahwa kulit Anda jadi lebih berminyak dan mudah tumbuh jerawat.

Tips minggu ini
Jadwalkan janji konsultasi dengan dokter gigi. Temui dokter gigi Anda paling sedikit sekali dalam sembilan bulan masa kehamilan Anda. Bersihkan gigi Anda dengan baik dan konsumsilah vitamin prenatal yang mengandung kalsium agar gigi tetap kuat.

Anda mungkin mengalami sedikit gusi berdarah. Gusi Anda bisa berdarah karena pengaruh hormon kehamilan dan meningkatnya volume darah. Jika gusi Anda berdarah, gunakanlah sikat gigi yang lembut.


Kehamilan minggu ke-12

Bayi
Semua organ tubuh bayi Anda berkembang, mulai dari kuncup gigi hingga kuku jari kaki. Bayi Anda akan terus berkembang dan menjadi lebih besar dan lebih kuat. Menjelang akhir minggu ini, resiko keguguran berkurang drastis.

Calon ibu
Anda akan merasa lebih energik selama beberapa minggu ke depan. Kenaikan berat badan idealnya sekarang adalah dari 1 sampai 3 kg.

Tips minggu ini
Jangan merasa resah apabila Anda mendapati adanya stretch marks (selulit). Sebagian besar ibu hamil mengalami selulit di sekitar payudara, perut, pinggul dan bokongnya. Selulit ini akan memudar setelah kehamilan berakhir. Tidak ada satupun produk yang bisa menghilangkan selulit sama sekali. Besar kecilnya penampakan selulit, tergantung dari elastisitas alami kulit Anda.

Apa yang terjadi di dalam diri Anda?
Pada akhir bulan ketiga, bayi Anda terbentuk sempurna dan sudah memiliki lengan, tangan, jari tangan, kaki dan jari kaki. Tangan mungilnya sudah bisa membuka dan menutup. Kuku tangan dan kuku kakinya mulai berkembang serta telinga luar sudah terbentuk. Terkadang, gigi juga sudah mulai tumbuh.

Organ reproduksi bayi Anda juga berkembang, namun jenis kelamin bayi masih sulit diketahui dengan menggunakan ultrasound. Peredaran darah dan sistem saluran kemih mulai bekerja, dan hati sudah mulai menghasilkan cairan empedu.

Kalau Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG. Atau langsung pesan melalui SMS/WA ke nomer 0813-5597-1223.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.