Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

12 Panduan Cara Cepat Hamil Terlengkap Yang Terbukti Berhasil

Buku Cara Cepat Hamil

Artikel ini berisi panduan dan tips cara cepat hamil terlengkap dan sudah teruji secara ilmiah - 

Ada cukup banyak tips-tips maupun mitos mengenai bagaimana cara supaya bisa segera hamil. Sebagian diantaranya tidak memiliki dasar maupun bukti ilmiah. Yang kami paparkan disini adalah panduan yang telah teruji secara ilmiah bisa memperbesar peluang Anda untuk berhasil hamil secepatnya.

Anda sendiri mungkin sudah berkeliling mencari informasi kesana kemari mengenai cara cepat hamil. Sekarang Anda sudah berada di tempat yang tepat. Baca artikel ini sampai selesai dan Anda akan mendapatkan gambaran lengkap mengenai apa dan bagaimana strategi paling ideal buat Anda untuk bisa segera memiliki momongan.

Meskipun artikel ini panjang, namun sangat berharga untuk Anda pelajari, terutama jika Anda sudah mencoba sekian lama untuk hamil tapi belum berhasil juga.

Seperti halnya pasangan lain yang sedang menjalani program hamil, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan seperti, "Bisakah Anda hamil bulan ini?", "Bisakah Anda hamil jika menstruasi tidak teratur?",  atau "Kapan harus melakukan tes kehamilan?", dll.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG. Bagi peminat serius, silakan langsung pesan ke nomer 0813-5597-1223 (hanya SMS/WA).

Panduan Terlengkap Cara Cepat Hamil Yang Terbukti Berhasil

Hal Dasar Yang Perlu Anda Ketahui

Inti dari kehamilan adalah sperma harus berenang menuju sel telur dan kemudian membuahi sel telur. Sesederhana itu.

Setelah ejakulasi, sperma berkumpul di vagina, bergerak ke rahim dan tuba falopi, lalu membuahi sel telur. Agar semua peristiwa itu bisa terjadi dengan lancar, Anda (pasangan wanita) perlu mengalami ovulasi, sehingga Anda harus mengetahui tanda dan gejala ovulasi Anda, mengetahui masa subur Anda dan kemudian melakukan hubungan intim secara teratur di saat yang tepat. Pasangan pria harus memiliki kuantitas dan kualitas sperma yang baik.

Kami telah merangkum metode lengkap yang didukung secara ilmiah untuk meningkatkan peluang Anda agar bisa cepat hamil dan melahirkan bayi yang sehat. Dengan mengikuti metode kami, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil, lebih sehat dan lebih cepat.

Berikut ini adalah 12 panduan lengkap cara cepat hamil yang akan kami bahas satu persatu:
  1. Temui dokter Anda untuk berkonsultasi prakonsepsi.
  2. Miliki pengetahuan dasar tentang kehamilan.
  3. Konsumsi vitamin asam folat setiap hari. Kami menyertakannya sebagai bonus dalam paket penjualan buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil.
  4. Dapatkan berat badan ideal.
  5. Pelajari mengenai masa subur dan masa ovulasi. 
  6. Tingkatkan kesuburan pasangan pria.
  7. Cara yang tepat berhubungan intim agar berhasil hamil secepatnya.
  8. Berolahraga secara teratur.
  9. Makan makanan sehat.
  10. Jauhi Narkoba, Rokok, dan Alkohol.
  11. Perbaiki kondisi keuangan Anda. 
  12. Kurangi stres. 

Di bawah ini adalah pembahasan lengkapnya langkah demi langkah. Luangkan waktu Anda untuk menyimak baik-baik:

1. Temui dokter Anda untuk berkonsultasi prakonsepsi.

Kesehatan prakonsepsi artinya kesehatan pasangan wanita dan pria sebelum memulai program hamil. Ini berarti Anda harus mengetahui kondisi kesehatan Anda dan pasangan Anda sebelum Anda mencoba untuk melangkah lebih jauh dalam membangun keluarga.

Dengan terlebih dahulu menemui dokter ahli, ada banyak masalah yang bisa dipecahkan yang mungkin ada sebelum kehamilan. Dokter Anda mungkin akan meminta Anda berdua untuk menjalani tes yang berguna untuk mendeteksi gangguan kesehatan dan segera menanganinya agar Anda bisa memiliki bayi yang sehat.

Perawatan yang Anda dan pasangan Anda lakukan sebelum kehamilan (prakonsepsi) bisa memberi dampak positif yang signifikan terhadap kesehatan Anda dan bayi Anda. Perawatan prakonsepsi melibatkan beberapa langkah dan seringkali dimulai dari konsultasi dengan dokter.

Baca mengenai Pemeriksaan Kesehatan Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Program Hamil.

Jadi jangan lewatkan langkah pertama ini.


2. Miliki Pengetahuan Dasar Tentang Kehamilan

Sebelum tahun 1784, tidak ada yang mengetahui dengan pasti bagaimana seorang wanita bisa hamil. Sampai kemudian seorang ahli biologi pada masa itu melakukan percobaan dengan melakukan inseminasi buatan pada seekor anjing.

Akhirnya sekarang kita tahu bahwa seorang wanita bisa hamil apabila sel telurnya dibuahi oleh sperma.

Peluang Anda untuk hamil setiap bulan adalah 25%
Setiap bulannya, seorang wanita memiliki peluang hanya 25% untuk hamil jika dia melakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi. Ini berarti Anda hanya memiliki 1/4 peluang keberhasilan, bahkan jika Anda berdua sehat dan subur.

Jadi jika bulan ini Anda belum berhasil, jangan berkecil hati. Nikmatilah prosesnya sambil terus "berlatih".


Mengenai hari ke-14
Anda mungkin pernah mendengar bahwa ovulasi dan masa tersubur Anda terjadi pada hari ke-14 yang dihitung mulai dari hari pertama setelah menstruasi terakhir Anda. Ini ada benarnya. Namun, siklus menstruasi Anda mungkin akan berbeda-beda setiap bulannya, sehingga jangan terpaku di angka 14 tersebut.

Lagipula, masa paling subur Anda berakhir tepat pada hari ovulasi Anda, sehingga hari-hari terbaik untuk berhubungan intim adalah 4-5 hari sebelum ovulasi dan pada hari ovulasi itu sendiri.

Baca artikel kami mengenai Pengertian Ovulasi.


Berhubungan intim sebelum ovulasi memperbesar peluang kehamilan
Begitu sel telur meninggalkan indung telur (disebut sebagai peristiwa ovulasi), sel telur tersebut harus dibuahi dalam waktu 12 sampai 24 jam. Jika sel telur tidak dibuahi dalam rentang waktu tersebut, maka Anda tidak akan hamil.

Karena hampir tidak mungkin untuk mengetahui waktu ovulasi dengan sangat akurat, kita harus berupaya agar sudah ada sperma di dalam rahim yang menunggu sel telur dilepaskan dari indung telur. Sperma bisa hidup selama beberapa hari di dalam tubuh pasangan wanita.


Semakin sehat Anda dan pasangan Anda, semakin sehat pula kehamilan Anda
Semakin Anda belajar mengenai kehamilan, maka semakin jelaslah bahwa kesehatan calon ibu dan calon ayah berperan sangat penting dalam proses kehamilan dan melahirkan bayi yang sehat. Anda berdua harus berada dalam kondisi kesehatan yang optimal sebelum memulai membangun keluarga.

Anda berdua membutuhkan makanan yang kaya akan kandungan asam folat (sayuran hijau, bayam, kangkung, brokoli) sehingga otak bayi dan sistem sarafnya berkembang dengan, dimana pertumbuhannya dimulai hanya beberapa hari setelah pembuahan.

Nutrisi lainnya juga tak kalah penting. Minumlah banyak air dan makan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, protein, kalsium, dan vitamin. Jangan lupakan zinc.


3. Konsumsi Vitamin Asam Folat Setiap Hari.

Para ahli merekomendasikan asupan asam folat harian sejumlah 0,4 mg untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf pada janin, keguguran, dan cacat lahir lainnya.

Asam folat adalah bentuk dari vitamin B. Bila dikonsumsi sebelum dan pada awal kehamilan, vitamin ini sangat membantu mencegah cacat lahir pada jaringan saraf, otak dan sumsum tulang belakang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam folat juga bisa mencegah keguguran, stroke, autisme dan beberapa jenis kanker tertentu.

Asam folat tersedia sebagai suplemen yang sering didapati dalam multivitamin dan beberapa jenis makanan. Setiap wanita subur harus mengkonsumsi multivitamin dengan 400 mikrogram kandungan asam folat setiap hari sebelum kehamilan dan selama awal masa kehamilan, dan 4000 mikrogram jika sebelumnya Anda sudah pernah melahirkan bayi yang menderita cacat lahir pada otak atau sumsum tulang belakang, atau jika Anda sudah pernah melahirkan anak yang mengidap gangguan spektrum autisme (ASD).

Baca artikel kami mengenai Pentingnya Asam Folat Dalam Program Hamil.

Dalam paket buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil, kami menyertakan bonus berupa suplemen asam folat gratis yang bisa Anda konsumsi untuk memaksimalkan peluang Anda agar cepat hamil.


4. Dapatkan Berat Badan Ideal.

Terlalu kurus atau terlalu gemuk, dua-duanya berdampak negatif bagi kesuburan Anda. Memiliki berat badan yang ideal akan meningkatkan kesuburan Anda.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda terlalu gemuk atau terlalu kurus adalah dengan menghitung indeks massa tubuh Anda, yang dikenal sebagai BMI (Body Mass Index). Menurunkan berat badan beberapa kilogram lebih murah daripada menjalani perawatan kesuburan yang mahal, jadi mengapa Anda tidak mencobanya?

Baca artikel kami mengenai Cara Menurunkan Berat Badan Agar Cepat Hamil.


5. Pelajari Mengenai Masa Subur dan Masa Ovulasi.

Masa subur Anda sekaligus waktu terbaik untuk berhubungan intim adalah 4-5 hari menjelang ovulasi dan pada hari ovulasi itu sendiri. Hitunglah hari-hari subur Anda se-akurat mungkin. Apakah Anda berovulasi dengan normal?

Mengetahui kapan Anda berovulasi adalah kunci utama suksesnya program hamil Anda. Secara singkat, inilah yang bisa Anda lakukan:
  • Mencatat suhu basal tubuh Anda.
  • Memeriksa lendir serviks Anda.
  • Menggunakan alat prediksi ovulasi.
Pelajari lebih lanjut tentang cara mendeteksi Masa Subur dan Masa Ovulasi


6. Tingkatkan Kesuburan Pasangan Pria.

Untuk bisa hamil, Anda membutuhkan pasangan pria. Dengan demikian, bukan hanya Anda yang harus memperbaiki kesuburan, namun juga suami Anda. Spermanya harus sehat, jadi pastikan Anda dan pasangan Anda tahu bagaimana meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Baca mengenai beberapa Faktor Penyebab Ketidaksuburan Pria.

Problem kesuburan yang dialami pria mempengaruhi 50% pasangan yang sulit hamil, jadi pastikan suami Anda sehat dan subur. Pastikan ia makan makanan sehat, berolahraga, tidak merokok atau minum alkohol. Sebagai upaya tambahan, bisa juga dengan cara mengkonsumsi suplemen nutrisi vitamin dan herbal lainnya untuk menambah jumlah sperma.

Pelajari mengenai Cara Meningkatkan Kesuburan Pria Secara Alami.


7. Cara yang Tepat Berhubungan Intim Agar Berhasil Hamil Secepatnya.

Ya, ini poin tentang seks.

Banyak pasangan tampaknya tidak menyadari bahwa cara bercinta sangat penting dalam program hamil. Anda harus bercinta secara teratur di sepanjang siklus menstruasi Anda, dan juga bercinta minimal satu kali sehari setiap hari selama 5-6 hari subur Anda. Sebaiknya lakukan dengan posisi misionaris.

Sel telur hanya bisa dibuahi selama 12-24 jam setelah ovulasi, sehingga sperma sudah harus ada di dalam tubuh wanita pada saat itu. Sperma bisa hidup di saluran reproduksi wanita hingga lima hari.

Bercinta setelah hari ovulasi tidak akan membuat Anda hamil.

Baca mengenai Cara Bercinta Yang Benar Agar Cepat Hamil.


8. Berolahraga Secara Teratur.

Berolahraga itu sehat dan membuat tubuh Anda siap menghadapi kehamilan dan persalinan.

Olahraga adalah bagian penting dan vital dari setiap kehamilan. Olahraga yang tepat akan sangat membantu di sepanjang kehamilan Anda, mengurangi gejala kehamilan dan meningkatkan energi Anda. Namun, jika tidak dilakukan dengan aman dan benar, olahraga kadang bisa menimbulkan komplikasi kehamilan.

Hindarilah jenis olahraga tertentu dan pelajari berbagai resiko kesehatan yang disebabkan olahraga berlebihan. Dengan mengingat hal-hal tersebut, olahraga bisa menjadi bagian tak terpisahkan dan merupakan aktivitas menyenangkan dari bagi Anda.

Baca mengenai Latihan Olahraga Yang BaikAgar Cepat Hamil dan Beberapa Jenis Olahraga Yang Harus Dihindari Pada Saat Hamil.


9. Makan Makanan Sehat.

Banyak ahli percaya bahwa menu makanan sehat dapat memperbaiki kesuburan Anda, terutama jika Anda memiliki masalah kesuburan tertentu.

Mengkonsumsi makanan sehat bisa mengurangi cacat lahir pada bayi. Beberapa ahli percaya bahwa makanan yang tepat dapat memperbaiki kesuburan karena mayoritas wanita yang mengalami kelainan ovulasi, juga menderita PCOS (sindrom ovarium polikistik) yang tidak terdiagnosis, yaitu suatu kondisi yang berkaitan dengan resistensi insulin yang juga mempengaruhi ovulasi.

Jadi, apa yang harus Anda makan? Makanlah lebih banyak lemak tak jenuh tunggal (seperti minyak zaitun) dan kurangi lemak trans (seperti yang banyak ditemukan pada makanan panggang atau makanan cepat saji). Tingkatkan asupan protein nabati (seperti kedelai), sekaligus pada saat yang sama kurangi asupan protein hewani (seperti daging merah).

Makan lebih banyak makanan yang mengandung serat tinggi, makanan rendah glisemik (seperti biji-bijian, sayuran, dan beberapa buah), sekaligus kurangi asupan karbohidrat dan gula olahan. Batasi konsumsi produk olahan susu berlemak tinggi (seperti es krim, susu utuh dan keju).

Baca mengenai Makanan Yang Baik Untuk Meningkatkan Kesuburan.


10. Jauhi Narkoba, Rokok, dan Alkohol.

Merokok, minum alkohol dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang memiliki dampak negatif, tidak hanya bagi kesuburan Anda, namun juga meningkatkan resiko keguguran dan komplikasi kehamilan seperti contohnya persalinan prematur.

Jangan minum lebih dari 2 cangkir kopi sehari. Konsultasikan dengan dokter Anda semua obat yang Anda minum termasuk obat yang dijual bebas dan obat resep. Sebagian besar obat aman, tapi ada beberapa yang bisa mempengaruhi kehamilan Anda. Jangan hentikan obat apa pun yang Anda butuhkan, kecuali jika Anda dokter Anda melarangnya.

Baca mengenai Bahaya Rokok Bagi Program Hamil Anda.


11. Perbaiki Kondisi Keuangan Anda.

Periksa asuransi kesehatan Anda, tinjau ulang anggaran belanja Anda dan persiapkan seoptimal mungkin untuk kehadiran buah hati Anda.


12. Kurangi Stres.

Sangat jarang orang bisa hidup sehat apabila selalu berhadapan dengan banyak tekanan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengurangi tingkat stres dapat memperbaiki kesuburan Anda secara keseluruhan.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres? Lakukan hal-hal yang Anda senangi dan membuat Anda santai, seperti:
  • Memasak;
  • Pijat;
  • Olahraga;
  • Bermesraan dengan pasangan;
  • Liburan;
  • Mendengarkan musi;
  • Melakukan yoga;
  • Membaca;
  • Memanjakan diri sendiri;
  • Luangkan lebih banyak waktu bersama keluarga dan teman Anda;
  • Akupunktur; dan yang tidak kalah pentingnya
  • Berdoa dan beribadah.
Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG. Bagi peminat serius, silakan langsung pesan ke nomer 0813-5597-1223 (hanya SMS/WA).


Panduan Tambahan Cara Cepat Hamil

Faktor utama yang mempengaruhi peluang Anda untuk hamil

Berikut ini adalah faktor-faktor utama yang berpengaruh paling signifikan terhadap keberhasilan program hamil Anda:
  1. Ovulasi; Apabila ovulasi Anda tidak teratur atau tidak berovulasi sama sekali (anovulasi), Anda tidak bisa hamil. sebagi tambahan, Anda harus memiliki sel telur berkualitas baik untuk bisa hamil cepat dan sehat.
  2. Usia calon ibu; Semakin tua Anda semakin rendah kesempatan Anda untuk hamil. Telur berkualitas lama dan buruk membuat hamil lebih sulit. Semakin tua wanita itu, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk hamil.
  3. Jumlah sperma: Semakin sedikit sperma yang dimilikinya, semakin lama dibutuhkan untuk hamil. Dengan hitungan abnormal (yaitu, di bawah 20 juta / cc) kesempatan Anda untuk hamil cukup rendah.
Peluang Anda untuk hamil setiap bulan bergantung pada banyak faktor, seperti usia, berat badan, dan berapa lama Anda telah menjalani program hamil tanpa hasil. Secara statistik, dibutuhkan rata-rata empat bulan menjalani program hamil untuk bisa benar-benar berhasil hamil.

Kami ingin Anda lebih siap untuk segera hamil. Untuk itu, ikutilah 5 panduan inti cara cepat hamil berikut ini:

1. Mulailah mengkonsumsi vitamin prenatal atau suplemen kesuburan (plus asam folat) sekarang juga!

Tolong jangan ditunda lagi. Mengkonsumsi asam folat dan vitamin prenatal akan meningkatkan peluang Anda untuk hamil dan memiliki kehamilan yang sehat. Agar bisa optimal, Anda harus mulai mengkonsumsinya secara teratur dan sejak 2-3 bulan sebelum memulai program hamil.

Dalam paket buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil, kami menyertakan bonus berupa kapsul suplemen asam folat. Pesan paket buku Cara Cepat Hamil dengan sms ke nomer 0813-5597-1223.


2. Miliki tubuh yang sehat (dan suami Anda juga). 

Merokok, narkoba dan alkohol berdampak buruk bagi kesuburan Anda. Benda-benda tersebut juga akan mempengaruhi bayi Anda sejak sebelum mereka lahir.

Sangat penting untuk berhenti merokok, menggunakan obat-obatan terlarang dan meminum alkohol sebelum hamil. Jangan menunggu sampai Anda tahu bahwa Anda sedang hamil.

Anda dan pasangan Anda harus menghentikan kebiasaan buruk (jangan lagi merokok, hentikan minuman beralkohol), memulai kebiasaan baik (makan makanan sehat, cukup tidur, kurangi stres), makan dengan baik dan menjauhi makanan yang berbahaya.

Siapkan tubuh Anda untuk kehamilan yang sehat (dapatkan berat badan yang ideal dan olah raga yang optimal).

Dibutuhkan waktu selama 3 bulan bagi tubuh pria untuk memproduksi sperma. Dengan sperma yang lebih kuat dan lebih sehat, maka semakin besar peluang Anda untuk hamil.

Suami Anda bisa melakukan beberapa hal untuk memperbaiki kualitas spermanya, diantaranya menjaga berat badan ideal, tidak mengkonsumsi obat terlarang, tidak merokok dan tidak meminum alkohol. Hindari berendam di bak air panas dan jangan kenakan celana ketat.

Lakukan konsultasi prakonsepsi dengan dokter Anda. Pastikan Anda dalam keadaan sehat dan lakukan pemeriksaan rutin. Infeksi yang tidak diobati, penyakit menular seksual, atau problem kesehatan lainnya dapat berdampak buruk bagi peluang Anda untuk berhasil hamil.


3. Timing yang tepat: deteksi masa subur dan masa ovulasi Anda!

Mengetahui dengan tepat kapan masa subur Anda dan kapan Anda berovulasi sangat penting untuk meningkatkan peluang kehamilan Anda.

Kapan ovulasi biasanya terjadi?
Masa ovulasi untuk setiap wanita berbeda.

Biasanya ovulasi terjadi sekitar minggu ke-2 setelah satu siklus menstruasi berakhir, tapi bisa juga terjadi di hari lainnya. Cara yang lebih akurat untuk menghitung masa ovulasi dengan kalender adalah, antara hari ke 12 dan 16 sebelum siklus menstruasi berikutnya dimulai. Ini apabila siklus menstruasi Anda biasanya terjadi selama 28 hingga 32 hari.


Lendir serviks
Leher rahim dan lendir serviks Anda akan mengalami perubahan selama masa ovulasi.

Cukup mudah untuk memantau perubahan pada lendir serviks Anda. Sebelum ovulasi, hampir tidak ada debit lendir serviks. Pada masa ini, sangat tidak mungkin Anda bisa hamil.

Bila Anda mendekati masa ovulasi, lendir serviks Anda akan berubah menjadi kental dan berwarna putih. Pada saat inilah peluang Anda untuk hamil mulai meningkat.

Di sekitar masa ovulasi, lendir serviks Anda akan memiliki konsistensi seperti putih telur mentah dan akan berubah lebih kental dan elastis. Pada masa ini, sperma lebih mudah bertahan hidup di dalam rahim dan peluang terjadinya pembuahan masih tinggi.

Setelah ovulasi, lendir serviks akan kembali ke tahap lengket tapi tidak elastis dan peluang terjadinya pembuahan menurun.


Tanda-tanda kesuburan
Ada tanda-tanda kesuburan lainnya yang harus Anda perhatikan juga.

Beberapa wanita mengalami sakit pada perut bagian bawah di sekitar hari ovulasi mereka. Jika Anda mengalami hal ini dari bulan ke bulan, Anda dapat menggunakan rasa sakit ini sebagai tanda bahwa Anda sedang berovulasi.

Cara lain untuk mendeteksi masa ovulasi Anda adalah dengan memeriksa suhu tubuh Anda setiap pagi setelah bangun tidur. Ketika pada suatu hari suhu tubuh Anda lebih tinggi dari biasanya, berarti Anda sedang berovulasi dan peluang terjadinya pembuahan sedang sangat baik.


Mengapa Ovulasi Begitu Penting?
Ovulasi adalah peristiwa dimana sel telur yang sudah matang dilepaskan dari indung telur untuk dibuahi oleh sperma.

Selama 12 sampai 24 jam berikutnya telur tersebut masih hidup dan siap untuk dibuahi. Tapi sperma sudah terlebih dahulu harus ada di sana dan siap membuahi sel telur. Jika tidak ada sperma di dalam rahim, maka pembuahan tidak bisa terjadi.

Jika sel telur tidak dibuahi saat pada 12 sampai 24 jam setelah dilepaskan dari indung telur, maka sel telur tersebut akan mati dan diserap oleh lapisan endometrium rahim untuk kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui proses menstruasi.

Mempelajari tentang tubuh wanita dan kapan waktu yang optimal untuk terjadinya pembuahan akan membantu meningkatkan kesuburan dan peluang Anda untuk hamil. Ovulasi adalah kunci pembuahan.


4. Bercinta

Berhubungan intimlah secara teratur 2-3 tiga kali seminggu, plus sekali setiap hari selama 5-6 hari masa subur Anda.

Cara terbaik untuk bisa hamil adalah melakukan hubungan intim secara teratur 2-3 kali seminggu, setiap minggu selama siklus menstruasi Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan melewatkan masa subur Anda.

Terkadang, ada pasangan yang menjadi bingung dan bertanya-tanya, kapan waktu terbaik untuk berhubungan intim terkait dengan masa ovulasi? Anda punya 5-6 hari tersubur setiap bulan untuk bisa hamil. Setelah Anda berovulasi, sel telur akan bertahan hidup sekitar 24 jam. Di sisi lain, sperma suami Anda mampu bertahan hidup 3-5 hari di dalam tubuh Anda.

Inilah sebabnya mengapa berhubungan intim dua atau tiga hari sebelum ovulasi akan memperbesar peluang Anda untuk hamil. Jangan menunggu sampai hari Anda berovulasi untuk berhubungan intim. Sperma pria mampu bertahan lebih lama dari sel telur Anda sehingga sebaiknya ketika sel telur dilepaskan, sudah ada sperma yang siap menyambutnya.

Nikmatilah hubungan intim Anda dengan suami. Terkadang ketika satu pasangan sedang dalam program hamil, bercinta seolah hanya seperti tugas atau fungsi reproduksi saja sehingga tidak begitu menyenangkan lagi.

Rencanakan malam yang romantis atau cobalah sesuatu yang berbeda. Bagaimana feeling Anda pada saat bercinta, juga bisa menjadi faktor penentu suksesnya pembuahan. Beberapa ahli percaya bahwa mengalami orgasme saat berhubungan intim dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

Gerakan spasmik pada saat wanita mencapai orgasme akan membantu menarik sperma ke dalam rahim.  Sedangkan bagi pria, orgasme yang baik bisa meningkatkan volume spermanya.


Bercinta setiap hari atau setiap dua hari sekali?
Dahulu, pasangan yang sedang dalam program hamil direkomendasikan untuk berhubungan intim sekali setiap dua hari selama masa subur mereka. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa untuk pasangan yang sedang dalam program hamil, bercinta 2-3 kali seminggu setiap minggu, adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa hubungan intim terjadi sebelum dan selama masa ovulasi.

Anda bisa memperbesar peluang Anda lebih jauh lagi dengan melakukan hubungan intim setiap hari selama 4-5 hari sebelum ovulasi dan juga tepat di hari ovulasi Anda. Dalam kasus dimana seorang pria tidak memiliki cukup banyak sperma (oligospermia), rekomendasi bercinta setiap hari masih tetap berlaku.


Posisi bercinta yang tepat
Posisi misionaris adalah posisi yang baik untuk dilakukan ketika Anda bercinta untuk hamil. Hindari posisi dimana wanita berada di atas. Gravitasi akan membuat sperma lebih mudah keluar lagi apabila Anda bercinta dengan posisi wanita di atas.

Coba letakkan bantal di bawah pinggul Anda pada saat bercinta untuk membantu memiringkan panggul Anda dan menjaga agar sperma mudah tinggal lebih lama. Jangan langsung bangkit setelah berhubungan intim. Usahakan rileks dan biarkan sperma tetap berada di dalam vagina selama mungkin.

Baca mengenai Posisi Bercinta Yang Membantu Anda Agar Bisa Cepat Hamil.


5. Temui dokter Anda jika Anda tidak bisa hamil

Jika Anda belum juga hamil setelah 1 tahun, temui dokter.

Jika Anda berusia 35 tahun lebih, jangan menunggu hingga 1 tahun. Temui dokter setelah 6 bulan Anda menjalani program hamil tanpa hasil.

Menurut para ahli, ketidaksuburan adalah "ketidakmampuan untuk hamil setelah satu tahun melakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi". Para ahli juga menyarankan perawatan kesuburan bagi pasangan yang berusia di bawah 35 tahun dan menjalani program hamil tanpa hasil setelah 1 tahun.

Intinya:
  • Pasangan wanita di bawah usia 35 tahun harus mencari pertolongan medis apabila tidak hamil setelah berhubungan intim tanpa kontrasepsi selama 1 tahun.
  • Pasangan wanita berusia di atas 35 tahun harus mencari pertolongan medis apabila tidak berhasil hamil setelah berhubungan intim tanpa kontrasepsi selama 6 bulan.
  • Pasangan yang telah mengetahui penyebab kemandulannya harus segera mencari bantuan dari spesialis.
Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG. Bagi peminat serius, silakan langsung pesan ke nomer 0813-5597-1223 (hanya SMS/WA).


Tips-Tips Penting Cara Cepat Hamil

10 tips cara cepat hamil berikut ini akan membantu Anda memperbesar peluang kehamilan dan melahiran bayi yang sehat:
  1. Temui dokter Anda untuk konsultasi prakonsepsi dan mintalah pasangan Anda untuk menjalani pemeriksaan juga.
  2. Pelajari semua yang Anda perlu tentang tentang kehamilan.
  3. Makanlah dengan baik dan konsumsi vitamin serta suplemen asam folat sebelum pembuahan. Hal ini juga berlaku untuk suami Anda!
  4. Tinjau ulang semua obat yang Anda minum dengan dokter Anda termasuk obat yang terlalu banyak dan resep yang diberikan.
  5. Berhenti merokok dan minum alkohol. Kurangi kopi.
  6. Dapatkan berat badan ideal.
  7. Tenang, santai, rileks.
  8. Temui dokter gigi Anda untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan.
  9. Periksa kondisi finansial dan asuransi Anda. 
  10. Temui spesialis kesuburan jika Anda merasa mengalami gangguan kesuburan, masalah ovulasi dan masalah usia.

Apa yang harus dilakukan jika Anda tidak bisa hamil?

Jika Anda siklus menstruasi Anda tidak teratur, mungkin perlu waktu lebih lama untuk bisa hamil sebab lebih sulit untuk mendeteksi kapan Anda sedang berovulasi. Jika setelah 9 bulan sampai 1 tahun mencoba dan Anda belum juga hamil, konsultasikan segera dengan dokter.

Ada beberapa cara untuk mengobati ketidaksuburan, beberapa diantaranya cukup sederhana, namun banyak juga yang menggunakan teknologi canggih.

Ada sekitar 15-25% peluang hamil dalam setiap satu siklus ovulasi, dengan catatan Anda melakukannya dengan benar dan Anda tidak memiliki problem kesehatan yang serius. Demikian juga dengan suami Anda, ia harus sehat dan volume spermanya harus cukup banyak.


Sedikit catatan tambahan buat Anda calon ibu

Bagaimana cara hamil dan mengandung bayi perempuan atau laki-laki?

Salah satu pertanyaan utama yang diajukan oleh banyak pasangan adalah: bagaimana caranya agar bisa hamil bayi laki-laki atau perempuan?

Baca artikel kami mengenai 10 Cara Program Hamil Anak Perempuan Secara Alami dan Program Hamil Anak Bayi Laki-Laki Dengan Makanan Yang Tepat.

Ada banyak orang yang yakin bahwa mereka bisa mendapatkan bayi laki-laki atau bayi perempuan dengan mengikuti teknik tertentu seperti bercinta pada saat dan situasi tertentu, atau makan makanan tertentu.

Berikut ini penjelasan mengenai pembahasan ini:
  • Sel telur memiliki 23 kromosom, dan kromosom ke-23 adalah X.
  • Sperma memiliki 23 kromosom, 1/2 dari kromosom ke-23 adalah X, dan 1/2-nya lagi adalah Y.
Saat terjadi pembuahan, ketika sperma bersatu dengan sel telur, jenis kelamin bayi ditentukan sperma yang membuahi sel telur, apakah sperma tersebut membawa kromosom X atau kromosom Y.
  • Jika sperma pembawa kromosom X membuahi sel telur, maka akan jadi bayi perempuan.
  • Jika sperma pembawa kromosom Y membuahi sel telur, maka akan jadi bayi laki-laki.
Ada beberapa ahli yang percaya bahwa Anda bisa memiliki bayi laki-laki atau perempuan melalui teknik tertentu. Tentu saja ada banyak mitos seputar itu, namun ada juga yang didukung kajian ilmiah.

Dapatkan segera! Paket Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG. Atau pesan ke nomer 0813-5597-1223 (hanya SMS/WA).

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.