Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

5 Tips Merawat Payudara Pada Saat Hamil Untuk Persiapan Menyusui

Untuk mempersiapkan proses menyusui, bagaimanakah perawatan payudara yang tepat pada saat hamil? -

Tips Merawat Payudara Pada Saat Hamil Untuk Persiapan Menyusui

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan payudara pada saat hamil untuk persiapan proses menyusui:

1. Pilih bra yang mampu menyangga payudara dengan baik

Gunakanlah bra dengan ukuran yang lebih besar. Selain demi kenyamanan, pemakaian ukuran bra yang kekecilan dapat menyebabkan infeksi mastitis (infeksi pada kelenjar susu).


2. Lakukan pijat payudara

Pijat payudara ini sebaiknya dilakukan pada usia kehamilan 5 atau 6 bulan. Jangan lakukan pijat payudara pada trimester ketiga karena dapat memicu timbulnya kontraksi rahim. Pemijatan dapat dilanjutkan setelah melahirkan atau saat hendak menyusui si kecil.


3. Kompres puting payudara

Tujuan perawatan payudara ini adalah membuat puting lentur dan mencegah terjadinya sumbatan, serta puting pecah-pecah.

Caranya: kompres puting menggunakan kapas yang telah dibasahi baby oil selama 2-3 menit. Letakkan puting antara ibu jari dan jari telunjuk kemudian putar ke luar dengan perlahan sebanyak 20 kali dan ke dalam sebanyak 20 kali. Lakukan 2 kali sehari.


4. Latihan menyangga payudara

Silangkan kedua lengan di depan dada. Kedua tangan saling memegang siku lengan lainnya. Tarik kedua lengan ke atas hingga terasa ada tegangan di bagian bawah payudara.

Perawatan payudara ini berfungsi untuk menjaga kelenturan dan kekuatan otot-otot dada serta mempertahankan bentuk payudara setelah masa menyusui.


5. Senam teratur

Sebaiknya payudara juga dirawat dengan melakukan senam. Gunanya untuk memperkuat otot pektoralis di dada, sehingga memadatkan payudara dan merangsang produksi ASI agar lebih baik.

Senam dapat dilakukan sebelum atau sesudah mandi. Ada dua macam senam yang dapat dilakukan, yaitu:
  • Posisi berdiri, tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri dekat siku, sebaliknya tangan kiri memegang lengan bawah kanan. Kemudian tekan kuat-kuat ke arah dada dengan cara mempererat peregangan, sehingga terasa tarikannya pada otot-otot di dasar payudara. Selanjutnya lemaskan kembali. Lakukan berulang-ulang hingga 30 kali.
  • Pegang bahu dengan kedua ujung tangan, kemudian siku diputar ke depan sehingga lengan bagian dalam mengurut (massage) payudara ke arah atas. Diteruskan gerakan tangan ke atas ke belakang dan kembali pada posisi semula. Lakukan latihan ini sebanyak 20 kali.
Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.