Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

6 Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Adakah makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Mengapa? -

Berikut ini adalah beberapa jenis menu makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil:

1. Ikan Laut

Ikan laut atau seafood mengandung banyak vitamin dan protein yang tinggi. Selain itu, ikan laut juga mengandung Omega-3 yang terbaik. Namun sayangnya, di usia kehamilan muda, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi ikan laut. Hal ini disebabkan kandungan merkuri di dalamnya bisa menyebabkan kerusakan pada otak bayi. Saat hamil, sebaiknya hindari makanan seperti cumi, mackerel, udang, kepiting dan lain sebagainya.

Ikan Laut - Makanan Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil


2. Makanan Mentah

Sayuran mentah jauh lebih segar dan lezat untuk teman makan lauk dan sambal. Namun, makan sayuran mentah ini bisa berbahaya bagi janin. Makanan mentah bisa saja mengandung bakteri atau virus yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu dan bayi.


3. Produk Susu

Aneka produk susu umumnya tidak mengalami pasteurisasi yang sempurna, sehingga beberapa bakteri memang berkembang di dalamnya. Bakteri tersebut bisa berbahay bagi perkembangan janin, sehingga sepanjang kehamilan disarankan untuk tidak mengkonsumsi produk susu. Pastikan berkonsultasi dengan dokter, susu atau produk susu apa yang masih boleh diminum atau dimakan pada saat hamil.


4. Minuman atau Makanan Beralkohol

Makanan atau minuman yang mengandung alkohol dapat menjadi racun yang buruk bagi ibu dan juga janin. Selain tidak mengandung banyak nutrisi dan manfaat, alkohol dapat memicu resiko keguguran.


5. Buah atau Sayur yang Tidak Dicuci

Buah dan sayur adalah makanan yang kaya nutrisi dan vitamin. Tetapi berbahaya apabila dikonsumsi tanpa mencucinya terlebih dahulu. Kandungan virus, bakteri ataupun juga pestisida di dalamnya bisa saja mencemari janin dan menyebabkan janin terganggu oleh bakteri dan bahan kimia yang terbawa masuk ke dalam perut.


6. Buah Nanas

Bagi ibu hamil yang usia kandungannya masih muda, hindari mengkonsumsi buah nanas muda karena akan meningkatkan resiko keguguran. Secara medis, nanas mengandung enzim bromelain yang mampu membuat lunak jaringan ikat pada rahim ibu hamil.

Namun, buah nanas apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, mengandung banyak manfaat juga untuk ibu hamil. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat dan resiko buah nanas untuk ibu hamil, bisa Anda baca di artikel Manfaat Buah Nanas Untuk Ibu Hamil.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.