Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Cara Mengetahui Hari Perkiraan Lahir Bayi

Bagaimana rumus cara menghitung Hari Perkiraan Lahir bayi tanpa harus ke dokter? -

Hari Perkiraan Lahir (HPL) memang bersifat ilmiah dan tidak selalu tepat untuk masing-masing wanita. Entah dari perhitungan dokter atau dengan menggunakan rumus ini, hanya 4 dari 100 ibu hamil yang melahirkan sesuai dengan hasilnya.

Hal tersebut disebabkan masa kehamilan normal penuh dapat terjadi antara 38-42 minggu. Atau dengan kata lain, biasanya persalinan dapat terjadi dua minggu sebelum atau sesudah Hari Perkiraan Lahir (HPL) yang telah diperhitungkan.

Cara Mengetahui Hari Perkiraan Lahir Bayi

Berikut ini rumus cara menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL):

1. Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL) bagi wanita dengan haid yang teratur

Untuk menghitung HPL, catat hari pertama dari siklus haid terakhir, lalu tambahkan 7, kemudian hitung mundur tiga bulan.

Contoh: apabila haid terakhir dimulai tanggal 20 dan berakhir tanggal 24 Juli 2016.

Maka: 20+7 = 27. Kemudian hitung mundur tiga bulan, sehingga didapatkam Hari Perkiraan Lahir (HPL) adalah tanggal 27 April 2017.

Apabila siklus menstruasi Anda teratur setiap 28 hari, maka kemungkinan akan melahirkan dekat dengan tanggal hasil perhitungan tersebut. Namun, apabila siklus menstruasi Anda lebih panjang dari 28 hari, maka kemungkinan persalinan akan lebih lama dari perkiraan. Begitu pula sebaliknya.


2. Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL) bagi wanita dengan haid tidak teratur

Bagi wanita yang siklus haidnya kurang teratur, maka rumus menghitung HPL diatas tidak berlaku lagi.

Sebagai contoh, Anda tidak haid selama tiga bulan, dan tiba-tiba setelah diperiksa Anda ternyata hamil. Hari Perkiraan Lahir bagi wanita dengan siklus haid yang tidak teratur bisa dilakukan dengan bantuan USG.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.