Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Perjalanan Jauh (Travelling)?

Amankah melakukan perjalanan jauh pada saat hamil? Apa saja persiapan yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil sebelum dan selama dalam perjalanan? - 

Ibu hamil boleh melakukan perjalanan jauh. Yang terpenting adalah harus selalu memperhatikan beberapa hal sebelum maupun selama dalam perjalanan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah usia kehamilan, kesehatan ibu secara umum, kenyamanan selama dalam perjalanan dan pernyataan izin dari dokter kandungan bahwa ibu dan janin dalam kondisi sehat dan dapat melakukan perjalanan jauh.

(Silakan baca yang ini: Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil dari dr. Riyani Limoa, SpOG).

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Perjalanan Jauh (Travelling)?

Usia kehamilan yang dapat dikatakan aman bagi seorang ibu hamil untuk melakukan perjalanan jauh adalah ketika sudah menginjak bulan ke-5. Karena biasanya memasuki trimester kedua, yaitu saat usia kehamilan mencapai 14-28 minggu, ibu hamil tidak lagi mengalami masa morning sickness.
Akan tetapi tidak dianjurkan untuk melakukan perjalanan jauh pada usia kehamilan akhir trimester ke-3.


Persiapan Yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh (Travelling)

Beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan, antara lain:
  • Periksakan kondisi kehamilan ke dokter untuk memastikan kesehatan dan kandungan cukup kuat untuk melakukan perjalanan jauh.
  • Menyiapkan dan memeriksa alat dan obat-obatan yang mungkin dibutuhkan selama dalam perjalanan.
  • Gunakan pakaian yang nyaman. Jika Anda tidak memiliki cukup banyak pakaian yang Anda rasa nyaman untuk dikenakan pada saat melakukan perjalanan, sebaiknya Anda beli beberapa pasang. Ini penting.
  • Pastikan Anda mengetahui dengan persis lokasi-lokasi pos dan fasilitas kesehatan yang dekat selama perjalanan. Apabila akan bepergian dengan mobil, penting untuk memastikan bahwa Anda memilih rute jalanan tidak terlalu jauh dari fasilitas kesehatan.
  • Kenali kondisi fisik dan kehamilan Anda, seperti usia kehamilan, hari perkiraan lahir, golongan darah dan masalah-masalah kesehatan yang bisa menyertai.
  • Kenali kondisi tempat yang Anda tuju. Dapatkan imunisasi atau obat profilaksis bila daerah yang dituju adalah endemik penyakit tertentu.
  • Jika bepergian dengan kapal laut, pertimbangkan apakah Anda sering mabuk laut.
  • Tanyakan pada maskapai atau perusahaan kapal untuk memastikan Anda boleh bepergian. Banyak maskapai penerbangan yang memberikan larangan keras bagi wanita hamil yang telah memasuki usia kehamilan minggu ke-36. Mayoritas maskapai ini juga biasanya akan meminta keterangan medis untuk meyakinkan apakah seorang ibu hamil boleh terbang pada trimester terakhir usia kehamilan mereka.
  • Jika bepergian dengan pesawat, pilihlah tempat duduk di gang, jangan di samping jendela. Ini bisa memudahkan jika Anda perlu ke kamar mandi atau untuk sekedar meregangkan kaki selama penerbangan.
  • Perhatikan asupan gizi selama perjalanan. Makan secara teratur dan makanlah makanan ringan untuk mencegah kelelahan selama perjalanan. Minumlah banyak air untuk menghindari dehidrasi terutama akibat udara kering di dalam kabin pesawat.
  • Kenakan sabuk pengaman untuk menjaga keselamatan diri dan janin saat bepergian dengan mobil atau pesawat.
  • Jika bepergian dengan mobil, sering-seringlah berhenti. Batasi waktu perjalanan sampai 6 jam per-hari. Perjalanan panjang dengan mobil bisa sangat melelahkan, bahkan bagi mereka yang tidak sedang hamil.
  • Sering-seringlah keluar dari mobil untuk meregangkan kaki. Jika terus-menerus berada pada posisi yang sama selama lebih dari 4 jam, maka beresiko mengalami pelebaran darah trombosis vena dalam. Pelebaran darah trombosis vena dalam terjadi ketika gumpalan darah terbentuk di kaki dan bisa merembet ke area lain pada tubuh. Dalam kasus serius, emboli paru bisa terjadi ketika darah membeku ke paru-paru.
  • Hindari minuman soda atau makan makanan yang bisa menimbulkan gas seperti kacang-kacangan sebelum lepas landas.
Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.