Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa?

Amankah seorang ibu hamil untuk berpuasa? Kapan seorang ibu hamil harus membatalkan puasanya? - 

Ibu hamil boleh berpuasa selama tetap memperhatikan asupan gizi dan kesehatan tubuhnya. Selama kondisi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya dinyatakan sehat setelah diperiksa, maka ibu hamil diperbolehkan untuk berpuasa dengan syarat ibu hamil tetap mampu memenuhi kebutuhan nutrisi baik bagi dirinya sendiri maupun bagi janin yang dikandungnya.

Apabila ibu hamil menderita penyakit tekanan darah tinggi, Diabetes Melitus, atau muntah-muntah berlebihan saat hamil, jelas lebih baik menunda keinginan untuk berpuasa.

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa?

Pada Saat Kondisi Bagaimanakah Ibu Hamil Harus Membatalkan Puasa?

Meski merasa kuat berpuasa saat hamil, ibu hamil sebaiknya tidak memaksakan diri. Ada beberapa kondisi yang mengharuskan ibu hamil agar segera membatalkan puasanya.

Berikut adalah beberapa kondisi yang mengharuskan ibu hamil membatalkan puasa:
  • Muntah-muntah lebih dari 3 kali sehari karena bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi apabila tetap memaksakan diri berpuasa.
  • Mengalami diare yang diiringi mulas dan melilit karena terjadi dehidrasi dan dapat menjadi pemicu terjadinya kontraksi.
  • Pusing dengan mata berkunang-kunang diiringi lemas. Bisa jadi pertanda hipoglikemia dan dikhawatirkan janin menderita kekurangan gizi.
  • Wanita hamil muda yang mengalami morning sickness atau mual muntah di pagi hari, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk melanjutkan puasanya.
  • Kondisi yang membahayakan ibu hamil, misalnya ada komplikasi tekanan darah tinggi atau rendah, diabetes gestational dan gangguan pencernaan.
Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.