Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

9 Tips Cara Menjaga Nafsu Makan Selama Hamil

Bagaimana cara menjaga nafsu makan pada saat hamil? - 

Saat memasuki awal kehamilan, ada banyak keluhan yang dialami ibu hamil seperti kehilangan nafsu makan sehingga beberapa makanan yang memiliki nutrisi yang harusnya bisa memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan janinnya seringkali terabaikan.

Selama kehamilan, penting untuk menjaga nafsu makan. Apabila nafsu makan dibiarkan hilang selama kehamilan, kesehatan ibu dan janin menjadi terancam.

(Silakan baca yang ini: Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil dari dr. Riyani Limoa, SpOG).

Tips Cara Menjaga Nafsu Makan Selama Hamil

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga nafsu makan selama hamil:

1. Mengatur Asupan Serat

Asupan serat sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil terlebih selama periode kehamilan. Hal ini berhubungan dengan resiko sembelit yang semakin tinggi pada usia kandungan yang semakin bertambah, sehingga ibu hamil harus mengatur menu makanan yang banyak mengandung serat.

Selain memenuhi kebutuhan akan serat selama kehamilan, kandungan air yang terdapat di dalam makanan yang mengandung serat juga bisa membantu ibu hamil merasa kenyang.


2. Makan Dalam Porsi Kecil

Bila mengalami kehilangan nafsu makan selama awal kehamilan, makanlah dalam porsi kecil. Bila terus makan dengan porsi kecil sepanjang hari, akan membuat perut penuh dan membantu dalam mengurangi rasa mual.


3. Konsumsi Sup

Ketika kehilangan nafsu makan terhadap nasi, ibu hamil dapat memilih sup makaroni atau sup jagung pada siang hari. Pilih juga sup yang mengandung variasi sayuran dan rendah lemak bila Anda memasaknya sendiri di rumah. Dapat juga membuat kaldu yang lebih jernih dari rebusan kedua apabila ingin menghindari lemak.


4. Makan Salad

Pada siang hari menjelang petang, Anda dapat memilih salad buah untuk dikonsumsi. Ketika seseorang mengkonsumsi salad, maka ia menjaga tubuhnya dari makanan yang mengandung kalori berlebihan sehingga dapat menjaga nafsu makan dan berat badan secara keseluruhan.


5. Konsumsi Susu Khusus Ibu Hamil atau Susu Rendah Lemak

Meningkatkan asupan susu rendah lemak adalah cara yang dianggap terbaik sebagai pengatur nafsu makan. Bagi yang mengkonsumsi susu ibu hamil, selain mendapatkan nutrisi tambahan untuk janin, juga dapat membantu menyediakan energi.


6. Konsumsi Makanan Olahan dari Kedelai

Kedelai mengandung protein, lemak serta karbohidrat. Kedelai dianggap baik dalam menjaga selera nafsu makan.


7. Konsumsi Cemilan dari Kacang

Kacang-kacangan membantu dalam mengontrol nafsu makan selama kehamilan. Cemilan kacang-kacangan dapat membantu dalam mencukupi kebutuhan nutrisi. Bagi yang mempunyai masalah dengan nafsu makan, cemilan kacang-kacangan dapat menemani aktivitas sehari-hari.


8. Makan Sedikit Dalam Rentang Waktu Yang Dekat

Dibutuhkan setidaknya 20 menit bagi otak untuk menyampaikan pesan perut kenyang. Dengan demikian, makanlah dalam porsi kecil dalam rentang waktu yang berdekatan. Hal ini akan membantu menghindari mual pada saat hamil muda dan juga bermanfaat untuk membuat ibu yang hamil tua tetap merasa kenyang.


9. Jangan Memaksakan Diri Untuk Sarapan Banyak

Makanlah sedikit di pagi hari kemudian di siang harinya konsumsilah makanan dan minuman sehat untuk menebus hilangnya nutrisi di pagi hari.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.