Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

4 Cara Mengetahui Usia Kehamilan

Bagaimana cara untuk mengetahui usia kehamilan Anda? - 

Cara Mengetahui Usia Kehamilan

Jika Anda seorang ibu hamil yang ingin mengetahui usia kehamilan Anda, berikut ini beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk memperkirakannya:

1. Metode Kalender

Penggunaan metode ini mutlak membutuhkan pengetahuan lebih mengenai siklus haid Anda, sebab perhitungannya didasarkan pada tanggal berapa haid yang terakhir.

Kemudian tanggal itu akan diolah dengan menggunakan rumus Naegele, yaitu tanggal terakhir siklus haid ditambah 7, kemudian bulan terakhir haid dikurang 3 serta ditambah angka 1.

Meski cara ini sering digunakan, namun sesungguhnya penggunaannya terbatas pada wanita yang memiliki siklus haid yang memang teratur setiap 28 atau 30 hari sekali. Untuk dapat menghitung usia kehamilan berdasar HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) hanya dapat dilakukan oleh ibu hamil yang memiliki siklus haid normal dan teratur (28-30 hari).

Rumus Naegele selain dapat menghitung usia kehamilan, juga dapat digunakan untuk menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL). Penggunaannya adalah dengan menambahkan 7 pada tanggal pertama siklus haid terakhir, kemudian kurangi 3 bulan, lalu tambahkan 1 pada bilangan tahunnya. Sedangkan untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3, misalnya Januari, Februari dan Maret, maka bulannya ditambah 9, tapi tahunnya tetap tidak ditambah atau dikurangi.


2. Kalkulator Masa Subur

Fasilitas jam kalkulator ini hanya memberikan gambaran umum dalam perhitungan standar dalam menentukan usia kehamilan seseorang. Kalkulator ini didesain khusus dan berfungsi untuk menghitung usia kehamilan.

Anda bisa menghitung usia kehamilan menggunakan berbagai kalkulator masa subur dan kalkulator kehamilan yang banyak terdapat di internet, contohnya kalkulator ini.


3. Mendeteksi Gerakan Janin

Jika merasakan gerakan janin dalam perut, maka dipastikan sudah ada berada pada usia 18 sampai 20 minggu. Hal ini berlaku bagi mereka yang baru pertama kali hamil. Sementara pada kehamilan berikutnya, biasanya janin mulai terasa bergerak saat usia kehamilan memasuki minggu ke 16 sampai 18.


4. Metode Ultrasonografi (USG)

Akurasi metode ultrasonografi (USG) mencapai 95%. Selain bisa digunakan untuk menghitung usia janin, USG juga bisa menampilkan gambar 3 dimensi janin dalam perut ibu.

Pada usia kehamilan muda (4-6 minggu), terkadang kehamilan sudah bisa dilihat dengan USG, dimana yang dilihat awalnya adalah kantong kehamilan (gestational sac).

Ada dua macam pemeriksaan USG yang bisa dilakukan, yaitu:

1. USG transvaginal, dimana pemeriksaan dilakukan melalui jalan lahir. Metode ini dapat menentukan kehamilan lebih awal.
2. USG transabdominal, dimana pemeriksaan dilakukan melalui dinding perut. Metode ini akan memberi gambaran yang lebih jelas apabila kandung kemih ibu terisi atau dengan kata lain sedang menahan kencing.

Selain itu, spesifikasi dan kualitas alat USG juga mempengaruhi apakah kehamilan sudah dapat terlihat atau belum, khususnya pada usia kehamilan muda.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.