Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

13 Penyebab Terjadinya Perdarahan Pada Saat Hamil

Mengapa perdarahan terjadi? Apa saja penyebab terjadinya perdarahan pada ibu hamil? -

Penyebab Terjadinya Perdarahan Pada Saat Hamil

Berikut ini akan kami jelaskan secara singkat faktor-faktorumum penyebab terjadinya perdarahan selama kehamilan:

1. Implantation Bleeding

Flek yang normal terjadi selama 6-12 hari pertama usia kehamilan, sebagai akibat dari implantasi atau tertanamnya sel telur yang telah dibuahi pada dinding rahim.



2. Keguguran (miscarriage)

Gejala keguguran yang lainnya selain perdarahan adalah kram yang kuat pada perut bagian bawah dan adanya jaringan yang keluar melalui vagina.


3. Kehamilan di luar kandungan (Ectopic Pregnancy)

Pada kehamilan di luar kandungan atau kehamilan ektopik, embrio umumnya tertanam pada tuba fallopi, bukan pada dinding rahim. Jika emnrio terus berkembang, ia dapat menyebabkan tuba fallopi pecah.

Walaupun kehamilan di luar kandungan berpotensi menyebabkan bahaya yang dapat mengancam jiwa ibu, namun ini hanya terjadi pada sekitar 2% populasi kehamilan.


4. Hamil Anggur (Molar Pregnancy)

Kondisi yang sangat jarang ditemui ini terjadi karena adanya pertumbuhan jaringan yang abnormal dalam rahim (bukan pertumbuhan janin).


5. Gangguan Pada Serviks (Leher Rahim)

Selama masa kehamilan, lebih banyak darah yang dialirkan ke serviks. Tersentuhnya serviks akibat hubungan seksual selama masa kehamilan dapat memicu terjadinya perdarahan.


6. Infeksi

Infeksi pada serviks, vagina atau penyakit menular seksual (seperti chlamydia, gonorrhea, atau herpes) dapat menyebabkan perdarahan pada trimester pertama.


7. Placenta Previa

Kondisi ini terjadi ketika plasenta terletak rendah pada uterus dan sebagian atau seluruhnya menutupi pembukaan jalan lahir.


8. Terlepasnya Plasenta dari Dinding Rahim (Placental Abruption)



9. Robeknya Rahim



10. Vasa Previa

Pada kondisi ini, pembuluh darah bayi yang sedang berkembang pada tali pusat atau plasenta, menyilang pada jalan lahir. Kondisi ini bisa sangat berbahaya bagi bayi karena pembuluh darah bisa robek, menyebabkan bayi mengalamai pendarahan hebat dan kekurangan oksigen.


11. Cedera pada Serviks dan Vagina



12. Polip



13. Kanker



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.