Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

12 Tips Cara Mengatasi Selulit (Stretch Mark) Pada Saat Hamil

Bagaimana cara mengatasi munculnya selulit (stretch mark) yang sering terjadi pada masa kehamilan? - 

Tips Cara Mengatasi Selulit (Stretch Mark) Pada Saat Hamil

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi munculnya selulit pada ibu hamil:

1. Jaga penambahan berat badan sesuai dengan yang dianjurkan. Penambahan berat badan yang berlebihan hanya akan memperparah keluhan selulit dan stretch mark.


2. Cukupi kebutuhan ibu hamil akan air putih. Ibu hamil harus dibiasakan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari. Hal ini dapat membantu kulit tetap terjaga elastisitasnya sehingga diharapkan dapat meminimalisir terjadinya selulit.

Selain itu, untuk menambah elastisitas kulit, ibu hamil bisa menggunakan pelembab di area yang rawan terkena selulit.


3. Oleskan pelembab secara teratur pada tubuh untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, khususnya pada bagian yang mengalami peregangan semasa hamil seperti perut, pinggul dan payudara.


4. Oleskan lotion ke seluruh tubuh, sebaiknya setelah mandi, minimal dua kali sehari untuk mencegah sobeknya kolagen akibat perkembangan lapisan dermis saat kulit meregang di masa hamil.


5. Gunakan lotion khusus yang terpercaya dan memiliki kandungan kolagen yang berfungsi membantu mengembalikan elastisitas kulit di masa hamil. Mulailah sejak awal kehamilan untuk mencegah kerusakan kulit.

Bisa juga oleskan minyak zaitun atau baby oil yang fungsinya kurang lebih sama.


6. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau berenang secara teratur 2 kali seminggu guna melancarkan sirkulasi darah dan oksigen.

Sebaiknya sebelum berolahraga, konsultasikan dulu kondisi ibu pada dokter kandungan dan bidan yang menangani.

Baca artikel kami mengenai Olahraga Yang Harus Dihindari Pada Saat Hamil.


7. Jalani hidup sehat dengan pola makan seimbang, minum air putih yang cukup, kurangi konsumsi lemak namun perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan antioksidan.


8. Mengkonsumsi makanan yang sehat juga makanan yang berserat seperti sayuran dan buah-buahan dapat membantu mencegah terjadinya selulit. Selain itu, konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin A, E dan C seperti wortel, susu atau telur.


9. Dianjurkan untuk mengikuti kelas senam ibu hamil.


10. Lulur dan pijatan ringan juga dapat meminimalkan stretch mark karena bentuk relaksasi ini juga bertujuan melancarkan peredaran darah.


11. Bila ada, gunakan anti stretch mark cream. Krim perawatan yang bisa digunakan sehari-hari sangat membantu mengurangi munculnya selulit sekaligus melembabkan kulit secara intensif. Kulit pun jadi lebih kencang, elastis, halus sekaligus lembut.


12. Lancarnya sirkulasi darah dan oksigen juga dapat membantu meminimalisir terjadinya selulit. oleh karena itu, lakukanlah olah raga yang aman sesuai petunjuk dokter. Selain itu, pijatan ringan ibu hamil juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.