Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Tips Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi Pria dan Wanita

Beberapa tips cara menjaga kesehatan organ-organ seksual dan sistem reproduksi pria dan wanita untuk menjaga kesuburan -

Sistem reproduksi adalah suatu rangkaian dan interaksi organ dan zat dalam organisme yang dipergunakan untuk berkembang biak. Sistem reproduksi pada suatu organisme berbeda antara jantan dan betina. Sistem reproduksi pada perempuan berpusat di ovarium.

Kesehatan reproduksi merupakan tanggung jawab diri sendiri. Menjaga kesehatan reproduksi bisa dimulai dari menjaga kebersihan celana dalam. Sebaiknya gunakan celana dalam yang terbuat dari katun dan gantilah minimal satu kali dalam sehari.

Celana dalam yang tidak diganti akan menciptakan kondisi lembab sehingga menjadi sumber munculnya bakteri berbahaya dan bisa menimbulkan penyakit.

Alat reproduksi juga sering dibersihkan terutama jika mengeluarkan cairan tertentu. Setelah buang air kecil atau besar, organ kelamin harus dicuci dengan air bersih. Sisa kotoran buang air bisa menyebabkan iritasi dan bahkan infeksi.

Untuk wanita, perlu diingat bahwa membersihkan organ reproduksi itu dari depan ke belakang dan bukan sebaliknya. Jika terasa gatal, jangan selalu digaruk karena bisa menyebabkan iritasi. Gunakanlah kain atau tisu yang dibasahi dengan air hangat dan basuhlah.

Bagi wanita atau pria dewasa, menjaga kesehatan reproduksi dilakukan dengan rajin mencukur rambut kemaluan. Rambut kemaluan yang panjang membuat area reproduksi jadi lembab dan banyak bakteri. Sedangkan jika dicukur habis malahan bisa menghilangkan bakteri yang sifatnya baik.

Oleh karena itu, cukurlah rambut kemaluan yang sudah panjang tapi jangan dicukur habis. Pastikan alat pencukur yang digunakan bersih.

Pasangan suami istri dianjurkan untuk membersihkan alat kelamin dengan air sebelum dan setelah berhubungan seks untuk menjamin kebersihan yang optimal. Usahakan untuk buang air kecil sekitar setengah jam setelah berhubungan seks untuk mengurangi risiki infeksi pada kandung kemih.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Tips Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi Pria dan Wanita

Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria

Sistem reproduksi pria terdiri dari penis, testikel dan beberapa saluran yang berfungsi menghubungkan kedua organ tersebut dan mengalirkan sperma. Sperma diproduksi dalam kedua testikel, yang mana terdapat di dalam kantung skrotum. Lelaki tidak akan memproduksi sperma sebelum usia puber.

Ribuan mikroskopik dalam testikel terhubung ke dua buah saluran, yang dikenal dengan saluran-saluran eferen. Saluran-saluran ini menuju ke satu saluran,yaitu saluran epididimis.

Epididimis adalah bagian dari perjalanan yang harus ditempuh sperma sebelum keluar dari tubuh seorang lelaki. Panjangnya kurang lebih 12 meter, dan garis tengahnya lebih kecil dari seutas benang yang paling halus.

Pria tidak seperti wanita, secara fisiologis disiapkan untuk bereproduksi setiap saat sehingga sperma selalu diproduksi secara terus-menerus. Serangkaian kontraksi otot dalam dinding saluran epididimis akan mendorong sperma melaju melaluinya.

Selama perjalanan itu, sperma mengalami modifikasi sedemikian rupa sehingga mampu melakukan pembuahan. Selain itu, sperma juga memperoleh kemampuan untuk bergerak atau motalitas selama berada dalam saluran epididimis.

Setelah itu, sperma akan melalui sebuah saluran bernama vas deferens, yang membuat sperma bergerak sangat cepat memasuki uretra, menuju penis. Uretra adalah saluran keluarnya urin dari dalam tubuh.

Selama rangsangan seksual dan ejakulasi terjadi, bukaan antara uretra dan kandung kemih tertutup, dan air mani yang mengandung sperma melewatinya dengan kecepatan tinggi.

Kesehatan reproduksi pria menjadi bagian penting dari hidup Anda. Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi untuk memaksimalkan hasrat seksual Anda dan membangun energi yang cukup untuk aktivitas seksual.

Merawat bagian tubuh yang terlibat dalam tindakan ini juga sangat penting. Kesehatan alat reproduksi Anda, khususnya pria, berperan dalam kesehatan secara umum. Ada berbagai vitamin dan herbal yang dapat digunakan untuk memastikan organ Anda terjaga kesehatannya.

Vitamin E dapat bermanfaat bagi kesehatan alat reproduksi pria. Terutama jika Anda memiliki penyakit Peyronie, suatu kondisi yang muncul sebagai curvative parah ketika penis ereksi. Hal ini menyebabkan kurva dari jaringan parut abnormal atau plak pada jaringan di dalam penis, sehingga dapat menyebabkan rasa sakit ketika penis Anda ereksi atau selama orgasme.

Meskipun tidak ada obat untuk penyakit Peyronie, dokter Anda dapat merekomendasikan obat, suntikan atau operasi untuk membantu meringankan gejala atau meluruskan lengkungan. Vitamin E juga dapat membantu memperbaiki gejalanya.

Gingko biloba telah lama digunakan sebagai ramuan obat untuk mengobati gangguan peredaran darah. Untuk alasan ini, Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan penis Anda dengan meningkatkan sirkulasi ke organ yang berperan dalam pengobatan untuk disfungsi ereksi pada khususnya.

Disfungsi ereksi, ketidakmampuan mencapai atau mempertahankan ereksi untuk melakukan aktivitas seksual mempengaruhi 10 sampai 20 juta pria di Amerika Serikat, khususnya dengan bertambahnya usia mereka dan berubahnya sirkulasi di tubuhnya.

Mengkonsumsi suplemen vitamin C atau mengubah menu diet Anda dengan menyertakan lebih banyak makanan kaya vitamin C dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seksual.

Vitamin C memainkan peran penting dalam tubuh Anda dengan menumbuhkan dan memperbaiki jaringan seluruh tubuh Anda, termasuk penis Anda. Anda membutuhkan vitamin C untuk membantu membuat kolagen, yaitu protein yang membentuk pembuluh kulit dan darah.

Jika Anda memiliki masalah seksual seperti disfungsi ereksi, ejakulasi dini, atau masalah dengan gairah seksual, vitamin C dapat membantu.

Ginseng juga bermanfaat untuk kesehatan reproduksi pria. Sangat mudah untuk menemukan ginseng. Biasanya ditemukan di dalam campuran teh dan suplemen ginseng yang umumnya tersedia di setiap toko obat. Ramuan ini dapat berperan untuk kesehatan penis Anda dalam berbagai cara.

Ginseng digunakan untuk meningkatkan stamina dan memperbaiki disfungsi ereksi. Ginseng juga dapat membantu meningkatkan fungsi penis dan hasrat seksual. Anda direkomendasikan mengambil dosis 200 mg per-hari jika Anda mengkonsumsi suplemen ekstrak atau 0.5 sampai 2 gram per-hari jika makan akar kering atau mencampur ginseng dalam teh.

Jangan bermain laptop, ipad, handphone di paha atau di dekat organ reproduksi. Alat elektronik atau gadget yang panas akan membuat suhu area reproduksi juga suhu sperma menjadi tinggi, akibatnya kualitas sperma akan berkurang. Begitu pula dengan penggunaan celana yang ketat akan membuat panas organ reproduksi.


Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Sistem reproduksi wanita terletak dalam pinggulnya, yang terdiri dari ovarium, saluran Fallopi, rahim serviks, vagina dan vulva.

Perempuan terlahir dengan sekitar 2 sampai 3 juta sel telur di dalam ovariumnya. Ovarium bisa dikatakan dalam keadaan "tidur" selama masa kanak-kanak dan akan mulai berfungsi hanya setelah pubertas dan menstruasi mulai terjadi.

Sejak itulah, wanita usia subur melepaskan sebuah sel telur rata-rata setiap empat minggu. Jadwal bulanan ini disebut dengan siklus ovulasi atau menstruasi.

Sekitar 400 sampai 500 sel telur dilepaskan oleh seorang wanita selama masa suburnya, sebelum akhirnya ovulasi berhenti pada saat menopause, yang biasanya terjadi di usia 40 atau 50 tahunan.

Di awal siklus ovulasi, beberapa sel telur mulai tumbuh dalam ovarium. Setelah sekitar 14 hari, satu sel telur akan cukup matang untuk dilepaskan ke dalam saluran fallopi dan bergerak menuju rahim. Selama perjalanan inilah sel telur tersebut bisa dibuahi.

Apabila tidak terjadi pembuahan, sekitar 14 hari setelah ovulasi, dinding rahim akan gugur dan keluar melalui vagina. Inilah yang disebut menstruasi. Kemudian siklus tersebut akan berulang lagi seperti semula.

Apabila seorang wanita mengalami menstruasi, namun tidak memproduksi sel telur karena alasan tertentu, kehamilan tidak akan terjadi. Namun, banyak wanita yang bisa hamil meskipun tidak pernah mengalami menstruasi meskipun peluang hamilnya lebih kecil dibandingkan wanita yang normal menstruasinya.

Ketika kehamilan yang ditunggu-tunggu tidak juga datang, berbagai hal bisa menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah gangguan pada tubuh atau organ reproduksi perempuan.

Perjalanan ovum bertemu sperma tidak selalu berjalan mulus. Seringkali ada gangguan yang muncul terkait dengan sel telur dan organ reproduksi, sehingga menghalangi proses pembuahan. Gangguan-gangguan berikut ini bisa saja terjadi pada siapapun.

Meski menstruasi, ternyata dalam satu bulan bisa saja tidak ada ovulasi sama sekali. Ini terjadi bukan karena sel telur sudah punah, tetapi akibat ketidakseimbangan hormon atau gangguan fungsi ovarium. Gangguan ini bisa disembuhkan oleh dokter.

Gangguan anti-sperma terjadi bila antibodi tubuh menyerang sperma yang datang. Antibodi menganggap sperma sebagai musuh. Akibatnya, sulit terjadi pembuahan karena sperma berguguran.

Biasanya, dokter akan memberi obat-obatan, atau melakukan inseminasi buatan atau in-vitro fertilization (IVF) agar bisa terjadi pembuahan antara sperma dan ovum.

Tumor juga merupakan gangguan pembuahan yang timbul karena adanya jaringan yang tumbuh tidak normal. Tumor bisa jinak dan bisa juga ganas.

Kanker atau tumor ganas menyerang dan merusak jaringan yang ada di dekatnya serta menyebar. Bisa terjadi di semua organ wanita, dari ovarium, rahim, serviks hingga vagina. Selama terdeteksi dini, tumor atau kanker bisa diusir dengan operasi dan/atau kemoterapi.

Itu sebabnya, penting untuk memeriksakan kesehatan tubuh dan organ reproduksi Anda dan pasangan ketika masa prakonsepsi. Dengan mendeteksi dini masalah yang ada, maka penanggulangannya bisa segera dilakukan.

Tidak dipungkiri bahwa menjada kesehatan bagian kewanitaan bagi kaum hawa sangatlah penting. Disarankan agar kaum hawa membersihkan bagian luar vagina setelah buang air kecil atau besar, seeloknya menggunakan air bersih.

Ketika haid, Anda disarankan sering mengganti pembalut terutama pada hari-hari yang banyak darah. Ini karena darah merupakan media yang paling sesuai untuk kuman berkembang biak.

Hindari sering berlatih douching, yaitu memasukkan jari atau ejakulasi di dalam vagina dengan tujuan membersihkan bagian dalam vagina. Perbuatan ini akan menyingkirkan sejenis bakteri baik lactobacili pada vagina disamping mengekspos vagina dan bagian luar kemaluan terhadap bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

Hindari menggunakan sabun atau mengusapkan shower gel pada kelamin karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit serta gatal-gatal. Beberapa wanita sensitif dan alergi pada kandungan pewangi serta buih sabun.

Celana dalam harus diganti setiap hari dan pada hari-hari yang mengalami keputihan, sebaiknya menggunakan panty liner sehingga tidak menempel pada pakaian dalam yang menyebabkan ketidaknyamanan.

Selain itu, bengkak nanah juga dikaitkan dengan infeksi dan ditandai dengan keluhan sakit dan demam.

Wanita yang mengalami keputihan harus tahu bagaimana membedakan antara keputihan biasa dan yang merupakan penyakit. Keputihan normal dapat terjadi pada waktu-waktu seperti beberapa hari sebelum haid, ketika sedang bergairah seks, hamil dan setelah menopause.

Tanda-tanda keputihan berpenyakit seperti berubahnya warna dari jernih menjadi putih kekuningan atau kehijauan atau berdarah. Jika keputihan terlalu banyak, lebih kental, gatal dan berbau, bengkak, perih atau sakit pada alat kelamin.

Jika infeksi menyebar ke leher rahim atau sistem peranakan, wanita akan mengeluh sakit padabagian bawah perut serta demam.

Kebanyakan wanita sebenarnya tidak membutuhkan produk atau obat perawatan alat kelamin jika langkah-langkah yang disarankan diikuti dengan bijak. Obat hanya digunakan untuk mengobati infeksi dan keputihan yang tidak normal.

Disarankan agar wanita untuk menggunakan produk pembersih yang tidak mendatangkan efek samping, yang tidak mengubah pH vagina dan juga telah diuji kebersihannya. Jika setelah menggunakan produk tersebut lalu timbul rasa gatal, perih, pedih dan kemerahan, hentikan menggunakannya lagi dan segera hubungi dokter.

Jika Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.