Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

9 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengganggu Kesuburan

Beberapa jenis makanan dan minuman sehari-hari yang sebaiknya dihindari karena buruk bagi kesuburan pria dan wanita -

Setelah membahas mengenai jenis-jenis makanan yang membantu untuk meningkatkan kesuburan, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa jenis makanan yang memiliki efek sebaliknya, yaitu menurunkan atau memperburuk kondisi kesuburan pria dan wanita.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kemandukan pada seorang wanita, diantaranya hormon dan makanan. Bagi yang sedang merencanakan untuk memiliki buah hati, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena makanan tersebut bisa menyebabkan sulit hamil.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Makanan dan Minuman Yang Mengganggu Kesuburan
Hindari kafein

Agar dapat segera hamil, berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari:

1. Mengandung Gula yang Tinggi

Salah satu bahan makanan yang dianggap bisa menurunkan kesuburan adalah makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi seperti cornflakes, donat, kentang tumbuk, kentang goreng, labu dan nasi putih.

Terlalu banyak gula rafinasi dapat menyebabkan resistensi insulin, yang mana dapat menyebabkan sindrom polikistik ovarium (PCOS), yaitu suatu kondisi kelainan hormon yang mempengaruhi ovulasi atau pematangan sel telur dan salah satu penyebab utama gangguan kesuburan bagi wanita.


2. Makanan yang Terlalu Mmanis dan Terlalu Asin

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk juga makanan yang terlalu banyak mengandung gula atau garam, sebab hal tersebut bisa membuat seorang wanita sulit memiliki keturunan.


3. Makanan yang Mengandung Kedelai

Meski kedelai adalah makanan yang sehat, namun sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Kedelai dalam jumlah banyak akan menurunkan LH (Leutinizing Hormone) dan SH (Follicle-Stimulating Hormone) serta memperpanjang siklus menstruasi, sehingga akan menurunkan tingkat kesuburan seorang wanita.


4. Kafein

Seorang wanita yang sedang dalam program hamil sebaiknya mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan mengkonsumsi kafein. Mengkonsumsi kafein lebih dari 300 gr setiap harinya bisa menurunkan tingkat kesuburan seorang wanita.


5. Susu dan Keju yang Tidak Dipasteurisasi

Susu dan keju yang tidak dipasteurisasi akan mengandung banyak bakteri listeria di dalamnya. Bakteri ini akan melewati plasenta dan kemudian mempengaruhi rahim. Hal inilah yang kemudian membuat tingkat kesuburan seorang wanita menjadi menurun.


6. Makanan Olahan

Bahan makanan yang bisa mempengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita adalah makanan olahan seperti makanan yang dipanggang dan makanan kemasan karena semua makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang tinggi.


7. Telur dan Daging Mentah

Dalam menjalani program hamil, sangat disarankan untuk menghindari telur dan daging yang masih mentah. Kedua bahan makanan tersebut mengandung bakteri salmonella yang bisa menyebabkan tingkat kesuburan seorang wanita menurun.

Daging merah mentah mengandung kadar amonia dalam tubuh. Bagi wanita, ini mengganggu implantasi telur dalam rahim.

Bagi pria, bisa meningkatkan keasaman dan mempengaruhi aktivitas sperma. Sperma tampil lebih baik dalam kondisi alkali.


8. Ayam non-organik

Ayam jenis ini penuh dengan antibiotik dan hormon. Dua zat ini dapat memiliki efek yang merugikan pada keseimbangan hormon dan kesehatan.


9. Alkohol

Penelitian menemukan bahwa asupan alkohol berdampak buruk secara signifikan terhadap keberhasilan pembuahan pada wanita di atas usia 30.

Jika Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.