Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

18 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan

Berbagai jenis makanan sehari-hari yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita - 

Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi tertentu adalah salah satu cara paling baik dan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan Anda secara alami.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa perubahan menu makanan secara spesifik dapat meningkatkan kesuburan, mencegah keguguran dan mendukung kehamilan yang sehat.

Nutrisi memainkan peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan sistem reproduksi pada khususnya.

Sebagai contoh, kita bisa mengkonsumsi lebih banyak zat antioksidan yang berfungsi melindungi sel telur dan sperma dari radikal bebas.

Sama seperti nutrisi dalam makanan dapat membantu untuk kesuburan, ada beberapa makanan dan bahan kimia yang ditambahkan ke makanan yang bisa berbahaya bagi kesehatan Anda dan kesuburan.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mudah didapat dan bisa Anda konsumsi sehari-hari dalam upaya untuk meningkatkan kesuburan Anda:

1. Produk Susu

Perbanyaklah konsumsi produk susu, baik susu murni, yogurt ataupun keju. Produk susu merupakan sumber protein tinggi yang bisa meningkatkan kesuburan.

Jika alergi terhadap susu sapi, bisa digantikan dengan susu kedelai yang sama-sama mengandung protein tinggi.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - susu
Susu



2. Daging Merah

Daging adalah sumber protein utama. Selain diperlukan untuk sumber tenaga, juga berfungsi untuk pertumbuhan.

Daging merah penting untuk dikonsumsi karena bisa meningkatkan kemampuan untuk menyuburkan kandungan wanita maupun memperbaiki kualitas sperma pria.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang kekurangan zat besi lebih berisiko untuk menderita kemandulan dibandingkan mereka yang kebutuhan zat besinya tercukupi.

Kandungan zat besi dalam daging merah sangat berguna menurunkan risiko kemandulan yang timbul dalam proses ovulasi.

Zat besi membantu meningkatkan sel darah merah, selain juga mengurangi ancaman anemia. Daging merah juga mendukung ovulasi serta sangat efisien dalam membantu proses pembelahan sel.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - daging merah
Daging merah


3. Kacang Hijau dan Kecambah (tauge)

Jenis makanan kacang-kacangan ini mengandung protein yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan pada wanita karena membantu dalam proses ovulasi.

Asam lemak omega-3 dan asam lemak esensial yang memiliki efek langsung pada tingkat hormon juga terkandung dalam kacang-kacangan dan biji-bijian ini.

Kacang hijau banyak mengandung vitamin E yang dapat membantu meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas, juga dapat melindungi sel-sel telur dari kerusakan akibat serangan radikal bebas tersebut.

Kecambah atau tauge juga mengandung vitamin B6 yang merupakan salah satu nutrisi penting untuk mengatur hormon reproduksi.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - kacang hijau
Kacang hijau



4. Madu

Madu merupakan obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Zat yang terkandung di dalamnya sangat mudah untuk dicerna dalam darah.

Vitalitas tubuh kita menjadi lebih baik bila sel-sel darah yang ada di dalam tubuh juga semakin sehat.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - madu
Madu



5. Makanan Berserat

Serat yang banyak terdapat dalam sayuran dan gandum sangat baik dalam meningkatkan kesuburan.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - gandum
Roti gandum



6. Kurma

Serbuk kurma merupakan salah satu obat alternatif yang sangat aman untuk membantu mengatasi pasangan suami istri yang belum juga dikaruniai keturunan.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - kurma
Kurma



7. Ginseng

Ginseng dapat memperbaiki fungsi hormon metabolisme tubuh. Hormon testosteron juga dapat dibentuk oleh ginseng, sehingga ginseng sangat bermanfaat sebagai afrodisiak.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - ginseng
Ginseng



8. Jahe dan Lengkuas

Sineol merupakan zat yang terkandung di dalam jahe. Zat ini berfungsi sebagai pencegah ejakulasi dini, merangsang ereksi dan melancarkan peredaran darah.

Demikian juga dengan lengkuas yang memiliki fungsi sama dengan jahe.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - jahe
Jahe



9. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam metabolisme kalsium di jaringan reproduksi. Sebaiknya konsumsi vitamin D sebanyak 4000 iu per-hari.

Vitamin D ini didapatkan melalui sinar matahari pagi, telur, minyak ikan, ikan tuna atau salmon dan susu yang diperkaya dengan vitamin D.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - Ikan salmon
Ikan salmon



10. Kentang Panggang

Kentang panggang mengandung vitamin B yang sangat tinggi.

Kandungan vitamin B dan vitamin E ditemukan dalam makanan ini, yang mana dapat meningkatkan pembelahan sel serta meningkatkan peluang produksi ovum yang sehat.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - Kentang panggang
Kentang panggang



11. Buah dan Sayuran

Kandungan vitamin C yang tinggi sangat membantu mencegah sperma menggumpal dan meningkatkan kualitas sperma.

Tingkatkan pasokan gizi harian dengan mengkonsumsi buah kiwi, mangga, stroberi dan grapefruit.

Buah dan sayuran adalah sumber gizi yang baik untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria.

Selain membuat tubuh lebih segar, mengkonsumsi buah dan sayuran secara teratur akan menjadikan fungsi tubuh yang terkait dengan reproduksi akan bekerja lebih baik lagi.

Sayuran dan buah selain kaya vitamin, mineral dan nutrisi, juga kaya akan antioksidan dan zat fitokimia yang dapat membantu melawan radikal bebas.

Pilihlah sayuran yang berwarna cerah karena disitu terdapat kandungan nutrisi lebih banyak.

Selain juga mengandung semua antioksidan yang bisa ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, sayuran berwarna cerah juga kaya akan kandungan zat besi.

Zat besi sangat penting untuk mempertahankan siklus menstruasi menjadi lebih teratur. Banyak wanita yang kekurangan zat besi cenderung memiliki siklus menstruasi kurang teratur.

Jika seorang wanita mengalami gangguan dalam siklus menstruasinya, maka peluangnya untuk bisa cepat hamil menjadi berkurang.

Bila tidak suka sayuran, berlatihlah mulai hari ini untuk memasukkan sayuran pada menu harian Anda sehingga dapat meningkatkan kadar zat besi secara signifikan.

Mengkonsumsi sayuran dan buah segar setiap hari menjadi salah satu hal penting untuk meningkatkan kesuburan Anda.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - Buah-buahan
Buah-buahan



12. Kacang Brazil

Kacang Brazil sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kuantitas sperma. Kaya akan selenium, kacang Brazil terkenal sebagai makanan yang mampu meningkatkan hormon testosteron serta kinerja testis.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - Kacang Brazil
Kacang Brazil


13. Bawang Putih

Bawang Putih sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - Bawang Putih
Bawang putih



14. Minyak Ikan

Salmon, mackerel dan sarden sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kesuburan.

Minyak ikan mengandung asam lemak esensial (EFA) yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sistem reproduksi serta meningkatkan pembentukan sperma berkualitas.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - Minyak ikan
Minyak ikan



15.  Cabai

Memakan masakan pedas benar-benar dapat meningkatkan gairah. Dengan mempercepat aliran darah ke daerah reproduksi, cabai sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi dan kualitas sperma pria.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - Cabai
Cabai



16. Alpukat

Alpukat banyak mengandung vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan produksi hormon pria.

Alpukat juga mengandung potassium yang berfungsi mengatur tiroid wanita.

Alpukat juga mengandung betakaroten, klorofil dan vitamin E, B kompleks dan asam folat yang membantu kelancaran metabolisme protein sehingga daoat menaikkan energi di dalam tubuh.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - Alpukat
Alpukat



17.  Asparagus

Asparagus mengandung asam amino asparagines. Zat ini berfungsi untuk merangsang ginjal dan membuang sisa metabolisme dari dalam tubuh.

Asparagus juga mempunyai zat lain yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi dalam darah dan dapat membantu untuk melepaskan lemak yang berada di dinding pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - asparagus
Asparagus



18. Tiram

Tiram mengandung zat besi yang sangat penting bagi kesehatan ovulasi dan kestabilan produksi sel telur. Selain tiram, zat besi juga terkandung dalam telur, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Tiram laut banyak mengandung Zinc atau zat seng yang diperkaya dengan L-Carnitine dan L-Arginine. Oleh sebab itu, tiram dapat meningkatkan kualitas dan produkssi sperma, sehingga volume ejakulasi juga akan meningkat.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan - Tiram
Tiram


Jika Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.