Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Perkembangan Janin Dalam Kandungan Trimester Kedua

Setelah mengetahui bagaimana perkembangan janin di trimester pertama, Anda perlu tahu perkembangan janin pada usia kehamilan trimester kedua. Simak selengkapnya di artikel ini -

1. Kondisi Fisik Ibu Hamil Trimester Kedua

Setiap kehamilan itu unik dan masing-masing ibu memiliki ciri khas kehamilan yangberbeda-beda. Terkadang, kehamilan sudah mulai terlihat dengan jelas semenjak memasuki minggu ke-13. Akan tetapi, ada juga yang baru terlihat ketika memasuki minggu ke-20 lebih.

Namun, yang umum terjadi, kehamilan sudah terlihat ketika usia kandungan memasuki minggu ke-13. Pada usia ini, rahim ibu sudah mulai berkembang dan membesar sehingga kehamilan sudah mulai terlihat secara jelas.

(Silakan baca yang ini: Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil dari dr. Riyani Limoa, SpOG).

Usia kehamilan trimester kedua ini merupakan masa yang paling dapat dinikmati selama proses kehamilan karena ketidaknyamanan yang dialami pada awal kehamilan, seperti rasa mual, muntah-muntah, pusing, atau lemas, sudah mulai menghilang.

Pada trimester kedua ini, kehamilan belum terlalu besar meskipun perut sudah mulai terlihat membuncit dan gerakan-gerakan janin sudah mulai terasa. Namun, Anda tetap masih bisa bergerak dengan lincah.

Pada fase ini, Anda biasanya memiliki kecenderungan untuk buang angin secara berlebihan atau sering bersendawa. Hal ini sebenarnya normal-normal saja. Namun demikian, ada baiknya jika Anda menghindari makanan atau minuman yang mengandung gas tinggi seperti soda.

Selain itu, pertumbuhan rambut dan kuku Anda juga bertambah cepat dibandingkan sebelum hamil. Bahkan, seringkali ada pertumbuhan rambut di beberapa bagian tubuh yang awalnya ridak berambut. Hal ini juga normal sehingga Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ketika kehamilan berakhir, kondisi Anda pun akan kembali normal sebagaimana semula.

Selain itu, Anda mungkin mulai mengalami sakit maag, terutama bagi Anda yang memang menderita penyakit ini. Semakin besar usia kehamilan, maka kemungkinan besar kondisi ini akan terjadi karena rahim akan menekan organ-organ pencernaan, termasuk lambung. Tentu saja hal tersebut akan menyebabkan kapasitas lambung menjadi kecil sehingga Anda bisa cepat kenyang namun juga cepat lapar.

Meningkatnya volume dan sirkulasi darah pada saat hamil juga dapat menyebabkan pembuluh darah pada hidung menjadi rentan sehingga Anda terkadang sering mengalami mimisan.

Umumnya, mimisan akan berhenti dengan sendirinya dan tidak berefek buruk selama darah yang mengalir tidak berlebihan. Selain itu, gusi yang sering berdarah juga bisa berhubungan dengan kondisi ini. Hal ini tidak berbahaya selama volume darah yang keluar tidak berlebihan atau masih dalam batas wajar.

Namun, yang paling penting untuk diperhatikan pada trimester ini adalah perkembangan janin. Janin memiliki perkembangan yang semakin pesat sehingga harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang mencukupi.

Minggu ke-13 hingga minggu ke-18 adalah fase penting dari tumbuh kembang organ janin.

Pada awal memasuki trimester kedua, asupan kalori memang masih perlu ditingkatkan mengingat banyaknya organ yang akan tersusun. Untuk itu, jangan lupa untuk memenuhi asupan zat besi dan vitamin C untuk mengoptimalkan pembentukan sel-sel darah merah dalam mendukung jantung dan sistem peredaran darah janin yang sedang berkembang pada minggu ke-17.

Asam lemak omega-3 dibutuhkan dalam pembentukan otak janin di akhir trimester kedua ini. Konsumsi pula air yang cukup setiap harinya untuk menghindari sembelit dan wasir yang banyak diderita ibu hamil.

Perkembangan Janin Dalam Kandungan Trimester Kedua


2. Perkembangan Janin Dalam Kandungan Trimester Kedua


a. Perkembangan janin minggu ke-13

Pada usia kehamilan minggu ke-13, berat janin diperkirakan 30 gram. Tulang dan gigi janin mulai berkembang. Pada tahap ini, janin sering menggerakkan bibirnya sebagai persediaan untuk merangsang otot bibirnya supaya, setelah ia lahir, daya hisap mulutnya dapat berfungsi secara baik.

Pada usia ini, kunjungan rutin ke dokter kandungan atau bidan harus dilakukan secara rutin, setidaknya setiap 4 minggu sekali. Hal ini dilakukan untuk memeriksa berat badan, tekanan darah, urine, mengukur rahim, dan mendengarkan detak jantung bayi.


b. Perkembangan janin minggu ke-14

Pada usia kehamilan minggu ke-14, organ-organ janin dalam rahim sudah mulai matang dan biasanya mempunyai ukuran 9 mm dengan berat 60 gram. Dagu, dahi dan hidung semakin terbentuk.

Janin akan berusaha untuk menggerak-gerakkan kepalanya dan ada juga yang mulai mengerutkan kening.

Selain itu, risiko keguguran lebih rendah sekarang karena Anda berada di trimester kedua. Anda sudah mulai terbiasa dengan ritme orang hamil sehingga memiliki energi lebih. Namun, tetaplah jaga kondisi tubuh agar selalu fit.

Pada trimester kdua ini, Anda akan merasa lebih ringan daripada adaptasi awal kehamilan (trimester pertama) atau saat beban semakin berat di trimester ketiga nantinya.


c. Perkembangan janin minggu ke-15

Tulang rangka pada janin sudah mulai berkembang. Kaki dan tangan mulai memanjang. Rambut pada kepala juga semakin menebal. Begitu juga dengan kening dan bulu matanya.

Janin pada fase ini sudah mulai bisa mendengar. Dan yang paling jelas didengarnya adalah suara detak jantung dan bunyi perut Anda sendiri.

Pada usia kehamilan minggu ke-15, janin sudah mempunyai panjang sekitar 12 cm dengan berat sekitar 100 gram.

Pada minggu ke-15 ini, dokter dapat melakukan pemeriksaan triple screen atau layar quad untuk menguji adanya sindrom down, trisomi 18 (kelainan genetik pada bayi yang biasanya mengakibatkan bayi tidak bertahan hidup), dan cacat tabung saraf (masalah dengan pembentukan otak atau sumsum tulang belakang).


d. Perkembangan janin minggu ke-16

Fase ini biasanya ditandai dengan janin yang semakin sering bergerak. Tubuh mereka juga mulai diselimuti rambut halus. Rambut halus tersebut berfungsi untuk mengekalkan keseimbangan suhu badan. Janin diperkirakan mempunyai ukuran panjang 16 cm dan berat 135 gram pada usia kehamilan minggu ke-16 ini.

Selain itu, bersiap-siaplah. Dalam beberapa hari ke depan, Anda akan merasakan gerakan pertama bayi pada usia kehamilan minggu ke-16 ini.


e. Perkembangan janin minggu ke-17

Anggota badan janin dalam rahim semakin terbentuk dengan sempurna. Pada usia kehamilan minggu ke-17, janin sudah mempunyai cap jari dan diperkirakan berukuran 18 cm dengan berat sekitar 185 gram.

Payudara Anda mulai mengembang dan terisi air susu untuk persiapan memberikan ASI kepada bayi. Berkembangnya ukuran payudara Anda sangat terlihat di minggu ini dan terlihat banyak pembuluh darah dari lapisan kulit.

Pada usia ini, cobalah untuk berkomunikasi dengan janin mengenai kegiatan yang akan dilakukan. Usap perut Anda dengan lembut. Menjelang tidur, Anda disarankan untuk memperdengarkan musik irama lembut (untuk menenangkan janin).


f. Perkembangan janin minggu ke-18

Kulit janin pada minggu ini masih berkerut karena belum mempunyai lemak di bawah kulit. Ia juga sangat aktif bergerak dan mulai peka terhadap suara-suara dari luar. Oleh karena itu, jangan kaget jika tiba-tiba janin Anda menendang setelah mendengar bunyi cukup keras.

Pada usia kehamilan minggu ke-18 ini, janin diperkirakan sudah berukuran 21 cm dengan berat 235 gram.

Selain itu, waspadai tekanan darah tinggi sekaligus kemungkinan tekanan darah rendah karena sistem peredaran darah Anda mengembang saat ini. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak berdiri terlalu cepat dari posisi duduk atau berbaring agar Anda tidak mudah pusing.

Usap perut Anda sambil berkomunikasi (bercerita apa saja) dengan janin. Menjelang tidur, sempatkan memperdengarkan musik yang menenangkan untuk janin Anda.


g. Perkembangan janin minggu ke-19

Janin dalam kandungan Anda akan tumbuh semakin besar. Gigi susu mulai terbentuk dalam gusi. Pada fase ini, tunas untuk pembentukan gigi kekal juga muncul.

Pada usia kehamilan minggu ke-19, janin sudah mempunyai panjang sekitar 23 cm dengan berat 285 gram.

Pada minggu ini, beberapa ibu hamil biasanya sudah mulai mengalami nyeri ligamen bulat dan rasa sakit di perut bawah atau pinggul yang disebabkan oleh peregangan tulang ligamen bulat, yang di atasnya menopang rahim.


h. Perkembangan janin minggu ke-20

Perkembangan alat vital pada janin sudah hampir selesai. Jantung janin sudah bekerja semakin baik pada usia kehamilan minggu ke-20 ini.

Apabila janin berjenis kelamin perempuan, maka rahim janin sudah mulai berkembang dan sudah menghasilkan 6 juta sel telur pada indung telurnya (ovarium). Namun demikian, jumlah ini akan berkurang pada saat janin sudah dilahirkan menjadi sekitar 1 juta sel telur saja.

Pada usia kehamilan minggu ke-20, janin diperkirakan berukuran 25,5 cm dengan berat 340 gram.

USG di minggu ke-20 adalah kesempatan Anda untuk melihat dan memantau pertumbuhan bayi, memeriksa plasenta, cairan amnion, mendeteksi cacat lahir, dan tentu saja melihat jenis kelamin janin.

Selain itu, stimulasilah dengan cahaya senter pada janin untuk memperkenalkan konsep waktu sambil mengajaknya berkomunikasi. Usap perur dengan halus dan nyanyikan lagu lembut menjelang tidur.


i. Perkembangan janin minggu ke-21

Pada usia kandungan minggu ke-21 ini, janin Anda akan sangat aktif dan hampir setiap saat Anda akan dapat merasakan gerakannya. Jadi, tidak perlu heran apabila tidur Anda akan sering terganggu. Apabila hal ini terjadi, cobalah usap pelan-pelan perut Anda sambil mengajak janin bercakap-cakap untuk menenangkannya.

Pada usia kehamilan minggu ke-21, janin diperkirakan sudah berukuran 18 cm dengan berat 390 gram.

Pada usia kehamilan minggu ke-21, pergelangan kaki dan tangan ibu hamil biasanya akan menjadi bengkak. Ibu hamil memiliki banyak cairan ekstra dalam tubuhnya pada fase ini. Akan tetapi, jika pembengkakan yang terjadi dirasa tidak wajar atau mengganggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Sebab, hal ini bisa jadi merupakan gejala preeklamsia atau tekanan darah tinggi yang patut diwaspadai.

Selain itu, Anda sudah bisa mulai membacakan buku cerita sederhana (sebisa mungkin yang mengandung nilai moral dan agama), selalu mengusap-usap perut dan bersenandung dengan lagu-lagu lembut.


j. Perkembangan janin minggu ke-22

Janin dalam kandungan Anda terus membesar sehingga ruang untuk bergerak semakin berkurang. Janin kini mungkin berhubungan dengan Anda melalui tendangan ataupun gerakan yang dilakukannya.

Sistem pernapasan janin masih dalam proses penyempurnaan dan paru-paru belum berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke saluran udara.

Pada usia kehamilan minggu ke-22, janin diperkirakan berukuran 29 cm dengan berat 410 gram.

Pada minggu ke-22, ibu hamil akan mengalami lonjakan hormon kehamilan sehingga ada banyak perubahan kondisi. Rambut akan lebih berkilau dan kuku tumbuh lebih cepat.

Stretch mark biasanya muncul sekitar minggu ke-22 ini dan kulit ibu hamil terlihat lebih gelap karena peningkatan melanin.

Puting susu dan areola pada umumnya akan menjadi lebih gelap dan lebih besar. Selain itu, kaki bisa jadi mulai membengkak.

Pada usia kehamilan minggu ke-22, Anda juga bisa menstimulasi janin dengan menekan perut dengan lembut secara merata. Menjelang tidur, usaplah perut sambil memperdengarkan musik-musik yang bernada lembut.


k. Perkembangan janin minggu ke-23

Jika janin Anda laki-laki, kantong buah penisnya sudah terbentuk sempurna dan ovarium sudah berisi beberapa juta telur jika janin Anda perempuan. Jumlah telur ini akan berkurang ke sekitar 2 juta ketika dilahirkan dan jumlahnya semakin berkurang sejalan dengan bertambahnya usia anak.

Pada usia kehamilan minggu ke-23, janin mempunyai panjang 31 cm dengan berat 440 gram.

Selain itu, Anda akan sering buang air kecil karena rahim yang berkembang membesar sehingga menekan kandung kemih. Anda mungkin juga akan sering mengalami kram pada kaki di malam hari (saat tidur).


l. Perkembangan janin minggu ke-24

Memasuki usia minggu ke-24, detak jantung janin sudah bisa didengar walaupun hanya menggunakan stetoskop biasa. Janin juga sudah bisa mendengar kata-kata Anda dengan jelas.

Pada usia kehamilan minggu ke-24, panjang janin sekitar 33 cm dengan berat 550 gram.

Dalam beberapa hari ke depan, Anda biasanya akan direkomendasikan oleh dokter atau bidan untuk melakukan pemeriksaan gestational diabetes.

Sebelum melakukan tes tersebut, biasanya Anda harus puasa semalam, kemudian menelan minuman yang terasa sangat manis untuk menguji kadar gula darah Anda. Jika hasilnya tinggi, Anda akan dinyatakan positif mengidap diabetes gestational sehingga harus mengikuti diet khusus dan mungkin memerlukan obat-obatan untuk menghindari masalah bagi janin Anda, seperti kesulitan bernapas dan masalah lainnya.


m. Perkembangan janin minggu ke-25

Sel-sel otak janin terus berkembang dan menjadi semakin kompleks dan tulangnya sudah semakin keras. Pada minggu ini, janin akan semakin aktif belajar bernapas dan mengeluarkan kembali cairan amniotik yang membungkusnya.

Pada usia kehamilan minggu ke-25, janin diperkirakan berukuran 34 cm dengan berat sekitar 600 gram.

Selain itu, rahim Anda sekarang diperkirakan berukuran sebesar bola kaki. Pada minggu-minggu ini, Anda sangat rentan mengalami hidung tersumbat, mendengkur, mimisan dan gusi berdarah. Hal tersebut sebenarnya berhubungan dengan kehamilan karena adanya peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh Anda yang dapat membatasi aliran udara di hidung dan saluran napas.


n. Perkembangan janin minggu ke-26

Walaupun janin masih kelihatan kurus, namun pada fase ini janin sudah mulai membentuk lemak-lemak di bawah kulitnya. Lemak-lemak ini kemudian akan membantu menjaga suhu badannya setelah dilahirkan.

Pada usia kehamilan minggu ke-26, janin mempunyai panjang 35 cm dengan berat 700 gram.

Selama minggu ke-26 ini, telinga janin telah cukup berkembang sehingga memungkinkannya untuk mendengar suara-suara di luar rahim.

Berapa berat badan yang seharusnya Anda miliki pada usia kehamilan minggu ke-26? Tentu setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda-beda. Dokter akan memberitahukan Anda apakah harus menambah berat badan atau justru menjaga diet makan karbohidrat/gula untuk mengerem berat badan Anda.

Pada usia kehamilan minggu ke-26 ini, Anda rentan mengalami peningkatan tekanan darah dan perubahan hormonal yang dapat menyebabkan nyeri pada punggung bagian bawah.


o. Perkembangan janin minggu ke-27

Memasuki usia kehamilan minggu ke-27, janin sudah bisa membuka matanya. Janin juga mulai belajar mengisap ibu jarinya ataupun menggenggam.

Pada usia kehamilan minggu ke-27, panjang janin diperkirakan mencapai 36 cm dengan berat 800 gram.

Pada minggu ke-27 inilah gerakan janin akan sangat terasa. Untuk itu, mulailah mencatat frekuensi gerakan janin. Normalnya, 1 jam setelah Anda makan, janin akan bergerak minimal 6 kali.

Minggu ke-27 adalah minggu terakhir dari trimester kedua. Anda sudah dapat mulai mencari informasi mengenai kelas prenatal atau informasi mengenai paket melahirkan di rumah sakit yang Anda dan pasangan Anda rencanakan.

Selain itu, seiring dengan semua perubahan pada tubuh Anda, stretch mark juga mulai berkembang dan terlihat di daerah perut, paha, pantat, sampai betis belakang. Sayangnya, Anda tidak bisa mencegahnya.

Akan tetapi stretch mark akan berkurang setelah bayi lahir. Selain itu, kram pada kaki akan lebih sering Anda rasakan karena berat badan bayi yang semakin bertambah.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.