Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Manfaat Memperdengarkan Musik Klasik Pada Janin Dalam Kandungan

Apa saja manfaat dari seorang ibu hamil yang sering menyanyikan lagu lembut atau memperdengarkan musik klasik pada janin dalam kandungannya? -

Stimulasi atau rangsangan pada janin sejak dalam kandungan sangat perlu dilakukan orang tua secara memadai agar anak yang dilahirkan dapat tumbuh dan berkembang optimal sesuai potensi yang dimilikinya.

Ada berbagai macam stimulasi yang bisa diberikan kepada buah hati ini. Salah satunya adalah stimulasi yang bermnafaat bagi kecerdasan otaknya dan hal ini bisa dilakukan melalui musik.

Manfaat Memperdengarkan Musik Klasik Pada Janin Dalam Kandungan

Sebagi orang tua, Anda tentunya akan melakukan apa saja untuk membuat anak Anda memiliki perkembangan otak yang pesat. Dengan demikian, setelah Anda mengetahui bahwa musik klasik dapat membuat si kecil cerdas, tentu Anda tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk memutarkan lantunan irama klasik untuknya meski Anda lebih menyukai musik berjenis pop atau dangdut misalnya.

Oleh karenanya, sebaiknya Anda memperkenalkan musik sejak janin masih dalam kandungan. Lebih awal rangsangan atau stimulasi diberikan ke otak janin, maka akan lebih baik lagi hasilnya.

(Silakan baca yang ini: Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil dari dr. Riyani Limoa, SpOG).

Sebab, tanpa adanya rangsangan yang memadai, jaringan otak akan mengecil dan dapat menyebabkan penurunan pada fungsinya. Stimulasi ini bisa dimulai dengan memperdengarkan musik ketika janin masih berada di dalam kandungan.
Sejak masih dalam kandungan, musik sangat berpengaruh dalam perkembangan otak si kecil. Musik erat kaitannya dengan daya pendengaran.
Musik klasik ini bisa diperdengarkan sambil melakukan kegiatan lain. Namun bagi ibu hamil yang tidak begitu menyukai musik klasik dan selalu ketiduran bila mendengarnya tidak perlu khawatir karena janin tetap bisa mendengarkan musik itu.

Terbentuknya telinga janin diawali pada minggu ke-24 hingga ke-26 usia kehamilan. Cairan amnion adalah sarana penghantar gelombang suara yang baik bagi janin. Karenanya, stimulasi berupa suara dari sekeliling rahim maupun dari luar dapat didengar oleh janin.

Jika seluruh bagian dari telinga telah terbentuk sempurna, maka janin akan mendengar suara yang datang dari luar rahim, seperti layaknya manusia dewasa.

Dan yang lebih menakjubkan lagi, ternyata penelitian membuktikan bahwa janin bukan hanya dapat mendengar, tapi juga dapat memberikan respons terhadap semua suara yang didengarnya. Jadi, bila mendengar suara musik dari luar, maka janin akan meresponnya.

Berdasarkan perkembangan embriologi, otak terdiri dari dua belahan, yakni otak kanan dan otak kiri yang pembentukannya dimulai pada awal-awal kehamilan sampai bayi lahir.

Belahan otak kiri merupakan tempat untuk melakukan fungsi akademik yang terdiri dari kemampuan tata bahasa, baca-tulis-hitung, daya ingat, logika, analisis, angka dan lainnya. Karena bersifat logis, maka otak kiri berhubungan erat dengan pembentukan kecerdasan anak pada pendidikan formal.

Sementara itu, belahan otak kanan berkaitan dengan perkembangan artistik dan kreatif, perasaan, gaya bahasa, irama musik, imajinasi, lamunan, warna, pengenalan diri dan orang lain, sosialisasi dan pengembangan kepribadian.

Dari penjelasan mengenai fungsi otak kiri dan kanan di atas, maka dapat diketahui bahwa belahan otak kanan ada kaitannya dengan musik. Oleh sebab itu, stimulasi musik bagi ibu hamil haruslah mencakup peningkatan perkembangan dari kedua belah otak tersebut.

Agar janin dapat dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia seutuhnya, harus ada keseimbangan antara fungsi otak kiri dan otak kanannya. Sebab, dalam kehidupan sehari-hari, ada orang yang fungsi otak kirinya lebih menonjoldaripada otak kanannya.

Padahal, jika belahan otak kiri dan otak kanan bisa bekerjasama, maka akan saling memperkuat. Oleh karenanya, disarankan kepada orang tua untuk merangsang perkembangan otak anak tidak hanya otak kiri saja, melainkan bersamaan juga otak kanannya.
Dengan kata lain, sejak dini Anda perlu merangsang kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosi (EQ) anak.
Musik sendiri merupakan bagian esensial bagi siapa saja. Musik mampu memberikan kesenangan dan rasa kebersamaan. Sementara itu, pengenalan dini pada suara yang bisa janin apresiasi dapat membantu mereka tumbuh bersama nilai estetika, sehingga mereka bisa mengapresiasi semua bentuk seni dan menyentuh spirit kemanusiaannya.

Selain itu, musik klasik yang memiliki beragam komponen suara dari beragam alat musik dapat merangsang pembentukan sel-sel otak janin. Janin sudah bisa memberikan respon pada stimulasi suara yang didengarnya.

Meskipun demikian, banyak juga para ahli yang meyakini bahwa bukan hanya musik klasik yang bisa dijadikan rangsangan untuk otak janin. Jenis musik apapun sebenarnya bisa digunakan untuk menstimulasi otak janin selama musik tersebut bisa memberikan rasa tenang dan nyaman kepadanya.

Jenis musik seperti itu biasanya adalah jenis musik yang mengalun serta memiliki tempo dan irama yang teratur. Intinya, musik yang didengarkan ibu juga haru membuat ibu hamil merasa rileks seperti sedang bermeditasi. Karena bila sang ibu rileks, maka bayi pun akan merasakan hal yang sama.

Sebaliknya, bila ibu hamil tidak menikmati musik yang didengarnya, maka janin pun akan bisa merasakan hal yang sama.

Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin mendengarkan musik klasik, sebaiknya pilih jenis musik lain yang efeknya juga bisa menenangkan dan hindari jenis musik yang terlalu keras dan tidak memberikan efek menenangkan.
Stimulasi musik klasik sebaiknya dilakukan minimal setengah jam setiap hari.
Anda bisa memberikan rangsangan musik dengan menggunakan headset yang ditempelkan di sisi perut Anda. Tambahkan pula rangsangan fisik, yakni dengan mengelus-elus sambil mengetuk perut Anda sengan perlahan.

Biasanya, janin akan merespons ketukan Anda dengan cara menendang atau menekan permukaan perut dengan kaki atau tangannya. Hal ini bisa terlihat dari tonjolan di perut Anda akibat tekanan tersebut.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.