Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Vitamin Yang Penting Untuk Program Hamil Anda

Vitamin yang wajib Anda konsumsi dalam menjalankan program hamil.

Artikel ini akan membantu Anda memahami pentingnya asupan vitamin untuk meningkatkan kesuburan dan memperbesar peluang suksesnya program hamil Anda.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Vitamin Yang Penting Untuk Program Hamil Anda

Apakah yang dimaksud vitamin?

Vitamin adalah zat organik yang dibutuhkan oleh semua organisme hidup untuk mencapai dan mempertahankan kondisi sehat bagi tubuh mereka.

Walaupun makanan yang kita konsumsi setiap hari juga mengandung vitamin, namun seringkali jumlahnya tidak mencukupi. Atau disebabkan adanya masalah dengan kesehatan sehingga kita membutuhkan suplemen vitamin.

Tapi, suplemen vitamin hanya boleh dikonsumsi setelah berkonsultasi dengan dokter.


Vitamin-vitamin yang penting untuk program hamil Anda

Jika tubuh Anda fit dan sehat, pembuahan menjadi lebih mudah, dan Anda pun akan lebih ringan dalam menjalani masa kehamilan dengan segala gejala dan perubahan yang akan Anda alami.

Berikut adalah daftar vitamin-vitamin terpenting yang wajib Anda konsumsi selama program hamil:

1. Asam Folat

Asam folat sangat penting bagi ibu hamil dan juga bagi wanita yang ingin hamil. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi asam folat berpeluang lebih besar untuk hamil dibanding wanita yang tidak mengonsumsi asam folat.

Mengkonsumsi asam folat selama masa kehamilan juga membantu mencegah cacat lahir.
Sumber asam folat antara lain: kacang hitam, bayam, hati, kacang merah dan asparagus.
Jika Anda sedang dalam program hamil, pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan asam folat setiap hari.

Baca lebih lengkap mengenai Pentingnya Asam Folat Dalam Program Hamil.


2. Vitamin C

Vitamin C penting untuk meningkatkan kesuburan dan kadar horman pria dan wanita. Vitamin C juga membantu meningkatkan jumlah sperma pria dan melindungi sperma dari cedera DNA, mengurangi risiko cacat kromosom dan mencegah keguguran.

Vitamin C juga meningkatkan motilitas sperma pria. Motilitas adalah kemampuan sperma untuk bergerak dan berenang menuju sel telur.
Anda bisa mendapatkan banyak asupan vitamin C dari buah-buahan seperti buah jeruk, brokoli, kubis, kentang, tomat dan paprika merah..
Baca selengkapnya tentang Manfaat Vitamin C Untuk Meningkatkan Kesuburan.


3. Vitamin E

Vitamin E merupakan nutrisi penting dalam program hamil.

Untuk pria, vitamin E berperan melindungi kesehatan sperma dan DNA sebab vitamin ini adalah antioksidan kuat.

Untuk wanita, vitamin C membantu dalam mengatur siklus ovulasi.

Apabila siklus ovulasi teratur, Anda bisa merencanakan waktu yang tepat untuk bercinta agar peluang hamil lebih besar.
Sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin E adalah biji bunga matahari, bayam, kacang almond, pepaya, buah zaitun, dan sayuran berdaun hijau gelap.

4. Zinc (zat seng)

Zinc dibutuhkan oleh pria dan wanita untuk meningkatkan peluang pembuahan.

Zinc berperan dalam pembelahan sel. Jika seorang wanita kekurangan zinc, kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh Anda juga akan berkurang secara drastis sehingga mempengaruhi sistem reproduksi Anda. Rendahnya kada zinc dalam tubuh ibu hamil pada saat hamil muda, bisa mengakibatkan keguguran.

Bagi pria, kadar zinc yang memadai akan meningkatkan jumlah sperma dan juga hormon testosteron.
Sumber makanan yang kaya akan kandungan zinc adalah: yoghurt, kacang hijau, tiram, daging rusa, kalkun, udang, biji wijen, daging sapi dan biji labu.
Ingatlah, bahwa kandungan zinc dalam makanan bisa hancur jika dipanaskan, maka untuk mendapatkan asupan zinc yang memadai, jangan mengolah makanan Anda terlalu lama. Atau jika memungkinkan, konsumsilah selagi mentah.


5. Vitamin B6

Vitamin B6 adalah salah satu vitamin penting dalam program hamil setiap pasangan. Vitamin B6 berperan dalam mengatur siklus ovulasi wanita. Vitamin ini juga membantu menurunkan kadar prolaktin dalam tubuh kita. Prolaktin mengganggu dan membuat siklus ovulasi tidak teratur.

Dosis vitamin B6 sebanyak 100 mg perhari sudah memadai untuk mengurangi kadar prolaktin dalam tubuh kita.

Vitamin B6 juga disebut sebagai regulator hormon sebab berperan dalam mengatur kadar gula dalam tubuh Anda sehingga cukup membantu dalam mengurangi gejala morning sickness dan meredakan PMS.
Sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin B6 adalah bayam, lobak hijau, paprika, bawang putih, sawi, asparagus, brokoli, tuna, kangkung, dan seledri.

6. Selenium

Selenium adalah antioksidan yang berperan meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Selenium membantu melindungi sel telur dan sperma dari radikal bebas. Serangan radikal bebas bisa menyebabkan cacat kromosom dan juga bisa menyebabkan cacat lahir dan keguguran. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang kekurangan selenium, maka jumlah spermanya juga rendah.
Sumber makanan yang kaya akan kandungan selenium adalah udang, jamur, hati, ikan cod, tuna, salmon, ikan kakap, dan kalkun.

7. Zat besi

Zat besi merupakan nutrisi penting yang membantu Anda mengatasi anemia. Anemia berpengaruh buruk terhadap siklus ovulasi Anda dan menyebabkannya tidak teratur.

Kekurangan zat besi akan memperburuk kesehatan sel telur sehingga berdampak pada menurunnya kesuburan seorang wanita. Namun, sebelum mengkonsumsi suplemen zat besi, ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Kelebihan suplemen zat besi dapat menyebabkan sembelit, maka pastikan Anda mengasup cukup air.
Sumber makanan yang kaya akan kandungan zat besi yaitu tahu, bayam, kacang merah, biji labu, dan kacang-kacangan.

8. Asam lemak essensial

Asam omega-3 berperan sebagai regulator hormon dan membantu meningkatkan kesuburan wanita dengan cara mempromosikan ovulasi dan meningkatkan kualitas uterus karena membantu meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.

Asam lemak essensial terdiri dari dua jenis asam baik, yaitu DHA dan EPA; keduanya membantu mengatasi depresi dan kelelahan mental. Kekurangan DHA bisa mengakibatkan berat badan lahir rendah atau bayi lahir prematur.
Sumber makanan yang kaya akan kandungan asam lemak essensial adalah kenari, udang, sarden dan ikan kakap.
Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen apapun dan patuhilah dosis yang dianjurkan.

Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar strategi cara cepat hamil dan tips memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.