Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Ibu Hamil

Bolehkah ibu hamil mengkonsumsi minyak zaitun? Apa saja manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil?

Menu makanan adalah hal terpenting yang diperhatikan oleh setiap ibu hamil sebab apa yang Anda makan, itu juga yang akan diasup oleh bayi Anda di dalam kandungan.

Mengkonsumsi minyak pada saat hamil

Minyak adalah salah satu bahan utama dalam mempersiapkan hidangan sehari-hari bagi kebanyakan rumah tangga. Pada saat hamil, penting bagi Anda untuk mengetahui jenis minyak terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan minyak yang selama ini Anda gunakan sebelum hamil.

Minyak zaitun adalah pilihan terbaik di antara semua jenis minyak. Bukan hanya untuk ibu hamil, tapi juga untuk semua orang. Minyak zaitun menyimpan manfaat yang banyak sekali untuk ibu hamil.


Asal-usul minyak zaitun

Buah zaitun tumbuh di pohon zaitun, yang merupakan tanaman asli dari wilayah Mediterania. Minyak zaitun sendiri didapatkan dengan cara menghancurkan buah zaitun melalui proses yang dikenal dengan "maceration".
  • Nama ilmiah zaitun adalah Olea Europaea. Minyak zaitun adalah bahan yang banyak digunakan dalam masakan di negara-negara seperti Spanyol, Yunani, Portugal dan Italia.
  • Selain untuk memasak, minyak zaitun juga banyak digunakan dalam produk kosmetik dan industri obat.
  • Minyak zaitun menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga minyak ini sangat populer di seluruh dunia sebagai "minyak sehat".
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Ibu Hamil

5 manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil

Bolehkah ibu hamil mengkonsumsi minyak zaitun? Amankah minyak zaitun untuk ibu hamil?

Ya, mengkonsumsi minyak zaitun pada saat hamil sangat aman, bahkan dianjurkan. Minyak zaitun mengandung banyak vitamin dan berbagai bentuk asam lemak yang penting untuk Anda dan bayi di dalam kandungan Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat utama minyak zaitun untuk ibu hamil:

1. Melawan infeksi

Kandungan Vitamin A pada minyak zaitun melindungi sistem kekebalan tubuh Anda sehingga membuat Anda aman dari infeksi. Vitamin A juga penting untuk kesehatan mata Anda dan bayi Anda.


2. Meningkatkan kemampuan gerak refleks bayi

Menurut sebuah penelitian, bayi yang lahir dari ibu yang rajin mengkonsumsi minyak zaitun selama hamil memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bayi yang lahir dari ibu yang tidak mengkonsumsi minyak zaitun. Kelebihan yang paling menonjol adalah kemampuan psiko-motorik refleks bayi.


3. Pertumbuhan janin yang sehat

Minyak zaitun mengandung banyak asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk jantung. Apabila seorang ibu hamil banyak mengkonsumsi asam lemak omega-3, maka akan memberi dampak positif untuk pertumbuhan janin.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ibu yang mengkonsumsi minyak zaitun pada saat hamil akan membantu meningkatkan fungsi otak serta keterampilan belajar anaknya.

Mengkonsumsi minyak zaitun pada saat hamil juga berpengaruh positif terhadap berat badan, tinggi badan dan perkembangan kognitif anak.


4. Vitamin E

Walaupun tidak banyak, kandungan vitamin E dalam minyak zaitun cukup untuk ibu hamil dan sangat membantu dalam melawan oksidasi.
  • Vitamin E berperan penting dalam pertumbuhan bayi Anda.
  • Vitamin E diasup oleh bayi Anda melalui ASI dan itu sangat baik bagi pertumbuhan bayi yang lahir prematur untuk membantu ginjal dan pankreasnya berfungsi dengan normal.

5. Mengurangi stretch mark (selulit)

Minyak zaitun sangat membantu untuk mengurangi selulit. Ibu hamil seringkali mengalami selulit akibat kulitnya yang melar karena mengakomodasi pertumbuhan bayi.

Aplikasikan minyak zaitun di kulit yang mengalami stretch mark akan membantu mengurangi bahkan menghilangkan stretch mark tersebut.

Yang perlu Anda ingat adalah minyak zaitun bukan obat ajaib yang bisa menghilangkan selulit dalam semalam. Anda harus rutin menggunakannya selama beberapa minggu. Penggunaan minyak zaitun untuk kulit Anda bisa terus dilanjutkan bahkan setelah Anda melahirkan.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.