Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Tidur Tengkurap?

Amankah apabila ibu hamil tidur tengkurap?

Kehamilan merubah kebiasaan dan gaya hidup Anda. Contohnya, Anda mungkin terbiasa tidur tengkurap sambil membaca atau main game di tablet Anda. Tiba-tiba, sekarang Anda sulit mencari posisi nyaman untuk tidur. Ditambah lagi, Anda akan lebih sering ke kamar mandi untuk buang air kecil serta menghadapi rasa mual dan muntah pada saat hamil muda.

Namun, kebanyakan gejala yang kurang menyenangkan hanya akan berlangsung beberapa bulan pertama.

Hari ini, kita akan membahas mengenai kebiasaan dan posisi tidur.

Bolehkah Ibu Hamil Tidur Tengkurap?

Bolehkah ibu hamil tidur tengkurap?

Tidur dengan posisi tengkurap tidak boleh dilakukan untuk jangka waktu yang lama karena dapat mempengaruhi sirkulasi darah Anda, yang mana hal tersebut berbahaya untuk bayi Anda.

Semua dokter kandungan melarang ibu hamil untuk tidur tengkurap, terutama selama trimester kedua dan ketiga. Bayi Anda yang sudah semakin besar, berisiko menekan vena cava yang mana merupakan vena utama yang berfungsi mengalirkan darah kembali ke jantung dari tubuh bagian bawah Anda.

Anda juga tidak dianjurkan untuk tidur terlentang. Dokter kandungan juga umumnya akan mengingatkan para ibu hamil untuk tidak tidur terlentang pada saat hamil.

Penelitian telah menemukan bahwa tidur terlentang saat hamil bisa menghalangi aliran darah dan pasokan nutrisi menuju bayi Anda. Terlebih lagi, tidur terlentang juga bisa membuat Anda merasa mual dan pusing.


Tips tidur pada saat hamil

Salah satu posisi terbaik untuk tidur pada masa hamil adalah tidur menyamping. Dengan tidur menyamping, Anda memastikan pasokan darah dan nutrisi untuk bayi Anda maksimal sehingga bayi Anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kalau Anda masih sulit menemukan posisi yang nyaman untuk tidur, ini ada beberapa tips untuk Anda.
  • Gunakan bantal dan guling untuk membuat diri Anda nyaman; tempatkan dimana saja yang penting Anda nyaman.
  • Cobalah menenangkan diri beberapa menit sebelum tidur. Bersantailah dan bersihkan diri Anda dengan air untuk memberi efek rileks.
  • Putar musik yang santai dan menenangkan.
  • Anda bisa mandi air hangat beberapa menit sebelum tidur. Mandi air hangat berfungsi mengendurkan otot dan menenangkan saraf yang lelah sehingga membantu Anda untuk tidur dengan baik.
  • Mintalah pasangan Anda untuk memijat tubuh Anda dengan ringan.
  • Tidurlah pada jadwal rutin tertentu. Tidurlah setiap malam pada waktu yang sama.
Jadi, mulai sekarang, biasakan diri Anda untuk tidak tidur tengkurap atau terlentang.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.