Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Potong Rambut?

Amankah ibu hamil memotong rambut?

Ada banyak mitos dan takhayul seputar apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang ibu hamil. Salah satu yang paling sering didengar adalah: jangan potong rambut pada saat hamil.

Jika Anda ingin tahu apakah potong rambut aman atau tidak untuk dilakukan pada saat hamil, baca artikel ini sampai selesai.

Bolehkah Ibu Hamil Potong Rambut?

Ibu hamil tidak boleh potong rambut: mitos atau fakta?

"Ibu hamil tidak boleh potong rambut" adalah salah satu takhayul yang paling umum dan paling tua yang berhubungan dengan kehamilan.

Takhayul: Konsep dasar di balik takhayul kuno ini adalah bahwa rambut Anda menjaga kepala Anda terlindungi dari hawa dingin sehingga

Salah satu kepercayaan kuno yang populer adalah bahwa rambut adalah lambang kekuatan hidup, dan memotong rambut berarti mengurangi energi hidup Anda.

Kepercayaan lainnya meyakini bahwa memotong rambut pada saat hamil bisa mendatangkan penyakit.

Bahkan, ada kepercayaan yang meyakin bahwa memotong, mencuci atau mengeringkan rambut hanya bisa dilakukan pada hari-hari tertentu, sehingga memotong rambut pada saat hamil sangat dihindari.


Fakta: Ketika Anda sedang hamil, tubuh Anda melepaskan sejumlah hormon dan kebanyakan dari hormon tersebut terus meningkat kadarnya. Perubahan hormonal dalam tubuh Anda tersebut menyebabkan perubahan volume dan tekstur pada rambut Anda pada saat hamil.

Rambut Anda yang sebelumnya lembut mungkin berubah menjadi kusut atau tipis dan mulai rontok ketika hamil, sehingga memotong rambut pada saat hamil diharapkan bisa membuat rambut Anda tetap terlihat segar dan sehat.

Memotong rambut tidak membahayakan Anda atau bayi Anda. Namun, jika Anda menggunakan beberapa produk perawatan rambut seperti hair spray, cat rambut dan sebagainya, maka itu bisa menimbulkan beberapa efek samping yang kurang menyenangkan.


Tindakan pengamanan

Meskipun memotong rambut pada saat hamil tidak membahayakan Anda atau bayi dalam kandungan Anda, namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memotong rambut:

1. Hindari penggunaan bahan kimia

Hindari menggunakan pewarna rambut dan hair spray pada saat hamil.

Walaupun kandungan bahan kimia dalam pewarna rambut maupun hair spray tidak akan menembus kulit kepala Anda dan tidak akan mencapai bayi Anda, namun uapnya bisa berbahaya. Anda bisa saja menderita reaksi alergi karena paparan uap bahan kimia yang keras.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk menghindari penggunaan bahan kimia, baik pada saat hamil maupun menyusui.


2. Hindari salon yang terlalu ramai

Semakin ramai salon dengan banyaknya pengunjung, berarti makin tidak higienis dan Anda makin berisiko tertular virus atau bakteri yang dibawa oleh orang lain.

Selain itu, berada di dalam ruangan yang sesak pada saat Anda sedang hamil membawa risiko tertabrak, terbentur atau terjatuh.

Pastikan Anda membuat janji dengan salon kesayangan Anda pada jam-jam sepi pengunjung.

Memotong rambut pada saat hamil umumnya aman, tapi pastikan Anda tetap memperhatikan tindakan pencegahan bahaya.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.