Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat Terbang?

Amankah ibu hamil naik pesawat terbang?

Umumnya, melakukan perjalanan udara dengan pesawat terbang pada saat hamil terbilang aman selama dokter kandungan mengatakan bahwa kehamilan Anda sehat dan tidak masuk dalam kategori berisiko tinggi. Itulah sebabnya, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan udara dengan pesawat terbang, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Dokter kandungan pada umumnya akan melarang pasien mereka untuk naik pesawat terbang apabila kehamilannya dianggap berisiko tinggi karena adanya kondisi medis tertentu yang bisa menyebabkan komplikasi atau persalinan prematur.

Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat Terbang?

Mulai kapan ibu hamil tidak boleh naik pesawat terbang?

Dokter umumnya melarang segala jenis perjalanan jauh ketika usia kehamilan Anda sudah memasuki minggu ke-36, termasuk perjalanan udara dengan pesawat terbang.

Baca lebih lengkap artikel kami mengenai Resiko Naik Pesawat Saat Hamil Tua.

Jika dokter Anda mengizinkan, usia kehamilan yang paling aman bagi ibu hamil untuk naik pesawat terbang adalah sekitar minggu ke-14 hingga ke-28. Rentang usia kehamilan tersebut adalah saat dimana risiko keguguran dan persalinan prematur paling rendah.


Yang perlu Anda perhatikan ketika naik pesawat saat hamil

  • Cek kebijakan maskapai penerbangan mengenai perjalanan udara bagi ibu hamil. Pedoman kebijakan penerbangan untuk ibu hamil bisa jadi berbeda bagi masing-masing maskapai.
  • Pilih tempat duduk di tengah badan pesawat dan di gang, jangan di dekat jendela agar lebih mudah untuk ke toilet.
  • Kenakan sabuk pengaman di bawah perut Anda. Jangan lepaskan.
  • Jika memungkinkan, berjalan-jalanlah sesekali di gang agar sirkulasi darah Anda tetap lancar. Atau lakukanlah peregangan otot di tempat duduk Anda.
  • Minumlah banyak air putih.
Perubahan tekanan udara dalam kabin pesawat akan sedikit mengurangi pasokan oksigen, namun itu bukan masalah besar selama kehamilan Anda sehat.

Jangan terlalu sering melakukan perjalanan udara dengan pesawat terbang saat Anda hamil.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.