Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Minum Soda Atau Cola?

Amankah minuman soda atau cola untuk ibu hamil?

Soda adalah salah satu jenis minuman yang paling banyak dicari dan dikonsumsi dalam suatu perayaan atau sekedar teman bersantai. Mungkin Anda adalah salah satu pencinta soda.

Kebanyakan wanita yang terbiasa minum kopi atau bahkan alkohol dan wine, mungkin berpikir bahwa soda atau minuman cola adalah pengganti yang lebih baik dibanding semua minuman lainnya pada saat hamil.

Namun ternyata, meminum segelas soda setiap hari juga dapat menyebabkan komplikasi tersendiri.

Kita semua sudah maklum bahwa ibu hamil kadang mengidam makanan atau minuman yang aneh-aneh, termasuk yang paling sering adalah ngidam terhadap makanan atau minuman manis dan asam. Dan mungkin juga salah satunya adalah soda.

Namun, apakah minuman soda aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Soda Atau Cola?

Bahaya minuman soda untuk ibu hamil

Tahukah Anda bahwa soda menyimpan banyak bahaya yang bisa mempengaruhi kesehatan bayi Anda?

1. Soda mengandung banyak kafein

Kebanyakan minuman soda dan cola penuh dengan kandungan kafein. Kafein bisa melewati plasenta dan mencapai bayi Anda.

Sedikit asupan kafein tidak akan membahayakan bayi Anda. Tetapi jika kafein dikonsumsi secara berlebihan, maka itu bisa menghambat aliran darah dalam tubuh Anda yang pada akhirnya akan berbahaya untuk bayi Anda. Kafein berlebih juga membuat Anda kehilangan air dan kalsium penting. Selain itu, mengkonsumsi kafein secara berlebihan akan membuat Anda sulit tidur di malam hari.

Para ahli menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi kafein tidak lebih dari 200 gram perhari. Satu gelas soda mengandung sekitar 47-71 gram kafein. Jadi, silakan Anda ukur terlebih dahulu berapa gelas soda atau cola yang aman untuk Anda konsumsi.

Baca lebih lengkap mengenai Pengaruh Kafein Bagi Ibu Hamil dan Kesehatan Janin.


2. Soda mengandung kalori kosong yang tidak sehat

Soda bukan hanya tidak sehat, tapi juga mengandung banyak kalori kosong dengan kandungan gizi nol.

Bayi Anda membutuhkan vitamin dan mineral untuk membantu pertumbuhannya. Jika Anda banyak minum soda, berarti Anda terlalu kenyang untuk mengkonsumsi makanan atau minuman lain yang lebih penting untuk pertumbuhan dan kesehatan bayi Anda. Dengan demikian, anak Anda berada pada risiko tinggi menderita kekurangan, gizi bahkan cacat.


3. Minum soda menyebabkan mulas

Bukan rahasia umum bahwa segala jenis minuman berkarbonasi bisa memicu rasa mulas, terutama pada saat hamil.

Kandungan kafein dalam soda akan membuat rasa mulas semakin parah. Hentikan minum soda kalau Anda mulai merasa sedikit mulas, meskipun hanya sedikit..



Seberapa jauh Anda harus menghindari minum soda ketika hamil?

Intinya adalah, mengkomsumsi minum soda atau cola saat Anda sedang hamil bukanlah pilihan yang bijak, namun juga bukanlah minuman yang paling buruk. Masih ada jenis minuman lain yang lebih berbahaya apabila dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti contohnya minumam beralkohol.

Minum soda sesekali dalam jumlah sedikit dinilai cukup aman bagi ibu hamil.

Memang kebanyakan minuman soda atau cola rasanya enak, namun jelas bahwa soda bukanlah minuman terbaik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.