Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Facial?

Amankah ibu hamil melakukan facial?

Perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh seorang ibu hamil bisa menyebabkan kulitnya berbercak-bercak, pecah, kering atau berminyak. Beberapa wanita mengalami pigmentasi, yaitu timbulnya lingkaran hitam di bawah mata, ruam, kulit terkelupas, dll. Hal ini membuat sebagian ibu hamil berpikir untuk melakukan facial.

Tapi, bolehkah ibu hamil melakukan facial? Mari kita bahas.

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Facial?

Facial pada saat hamil

Wanita ingin selalu tampak menarik, termasuk ketika sedang hamil. Namun, kesehatan bayi dalam kandungannya harus tetap menjadi prioritas utama dalam pikiran seorang ibu hamil. Perawatan wajah seperti facial bisa memberi beberapa manfaat untuk seorang wanita, seperti:
  • Menimbulkan rasa santai dan rileks.
  • Mempercantik penampilan.
  • Membuat Anda sejenak melupakan rasa tidak nyaman akibat kehamilan.
  • Mengatasi beberapa masalah pada kulit wajah.
  • Membantu memperbaiki kualitas tidur.

Amankah facial untuk ibu hamil?

Ahli kulit dan kecantikan kebanyakan setuju bahwa perawatan wajah tanpa menggunakan bahan kimia yang keras umumnya cukup aman untuk ibu hamil, seperti pemijatan wajah ringan. Bahkan, jika Anda ingin merasa sedikit santai dan segar, pijatan lembut pada wajah bisa membantu Anda merasa rileks.

Namun, penting untuk Anda ketahui bahwa kulit manusia menyerap bahan kimia yang melekat padanya, dan bisa mencapai bayi Anda melalui aliran darah. Beberapa jenis perawatan wajah di salon menggunakan kosmetik berbahan dasar kimia (benzoil peroksida, asam salisilat, retinoid dll) untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Meskipun bahan-bahan tersebut efektif untuk menangani masalah kulit Anda, namun bisa jadi membawa dampak negatif  bagi kesehatan bayi Anda.


Apa yang harus Anda hindari?

Pada saat hamil, Anda harus menghindari hal-hal berikut: arus listrik, pencet komedo, peeling dengan bahan kimia, dermabrasi, operasi plastik, pijat intensif, uap panas.

Dewasa ini, banyak salon mengiklankan diri bahwa mereka hanya melakukan perawatan dengan produk yang "alami" atau "organik". Meskipun tentu saja itu lebih baik, namun produk-produk tersebut tetap bisa menyebabkan alergi. Beberapa pelembab organik mengandung bahan dasar berbasis kedelai yang menimbulkan efek seperti estrogen, dan ini berbahaya terutama selama trimester pertama.


Tips aman facial untuk ibu hamil

Lakukan perawatan facial dasar sederhana tanpa banyak menggunakan bahan kimia.
  • Sampaikan pada perawat kecantikan Anda bahwa Anda sedang hamil.
  • Konsultasikan dengan dokter Anda dan pastikan Anda hanya menggunakan jasa salon yang berkualitas dan terpercaya di kota Anda. Perhatikan faktor higienis dan keamanan.
  • Jika memungkinkan, cari tahulah produk dan bahan-bahan apa yang akan digunakan dalam perawatan facial Anda.
  • Pahami masing-masing jenis perawatan facial dan pilih yang paling aman untuk Anda dan bayi Anda.
  • Tolaklah perawatan yang menggunakan: bahan kimia, arus listrik, pijat intensif dll.
  • Jangan gunakan produk pencerah kulit atau produk yang mengandung retinoid/asam salisilat. Gunakan produk pemutih wajah atau penghilang bulu yang alami dan ringan.
Kebanyakan ibu hamil senang merasa diperhatikan dan dimanjakan di salon kecantikan. Dengan sedikit waspada dan hati-hati, facial sebenarnya cukup aman dan menyenangkan untuk dilakukan oleh ibu hamil.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.