Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka?

Manfaat dan risiko makan buah semangka pada saat hamil.

Dalam artikel ini kita akan melihat apa saja manfaat buah semangka dan risiko yang mungkin diakibatkannya terhadap ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka?

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil

Semangka banyak mengandung nutrisi penting sehingga sangat baik apabila dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari buah semangka, utamanya untuk ibu hamil:

1. Mengatasi perut mulas

Ibu hamil seringkali menderita masalah pencernaan seperti sakit maag dan naiknya asam lambung. Mengkonsumsi semangka membantu mengatasi masalah ini dengan melegakan saluran pencernaan dan perut Anda pada umumnya.

Buah semangka dapat menyembuhkan mulas dengan cepat.


2. Mengurangi pembengkakan

Pembengkakan ringan pada tangan dan kaki atau disebut juga edema, umum terjadi pada ibu hamil. Tingginya kandungan air yang terkandung dalam semangka membantu mengurangi penyumbatan pada pembulu darah dan otot sehingga mampu mengatasi edema.


3. Meredakan morning sickness

Memakan sepotong buah semangka atau minum segelas jus semangka segar di pagi hari memberikan manfaat yang luar biasa untuk ibu hamil. Semangka akan membantu Anda merasa tenang dan segar sepanjang hari.

Semangka memberi Anda energi dan nutrisi penting untuk meredakan morning sickness.


4. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi pada saat hamil dapat menyebabkan kontraksi lebih cepat sehingga berisiko menyebabkan kelahiran prematur. Ibu hamil harus minum banyak air untuk mencegah dehidrasi.

Semangka mengandung sekitar 90% air sehingga dengan memakan semangka, berarti Anda mencegah dehidrasi terjadi pada diri Anda.


5. Meredakan nyeri dan kram

Tubuh seorang ibu hamil mengalami banyak perubahan akibat kehamilannya tersebut. Naiknya berat badan dan fluktuasi hormon menyebabkan nyeri dan kram pada otot dan tulang.

Dengan mengkonsumsi semangka dalam bentuk apapun, baik dimakan biasa atau sebagai jus, sangat membantu untuk meredakan nyeri dan kram otot selama hamil.


6. Mencegah pigmentasi

Pigmentasi adalah masalah kulit yang umum selama kehamilan. Pigmentasi merusak penampilan Anda sebab menyebabkan kulit menghitam pada saat hamil. Buah semangka memainkan peran penting dalam mencegah kondisi tersebut.

Buah semangka memudahkan gerakan usus halus sehingga memperbaiki pencernaan Anda. Hal ini pada gilirannya akan mempengaruhi tekstur kulit. Kulit jadi lebih cerah dan bersih.


7. Membersihkan dan membuang racun

Buah semangka memiliki sifat diuretik sehingga membantu membuang racun berbahaya dari dalam tubuh. Mengkonsumsi semangka akan merangsang fungsi ginjal, membersihkan liver dan mengurangi kadar asam urat dalam darah.


8. Meningkatkan energi

Buah semangka mengandung sejumlah besar mineral seperti kalium dan magnesium, juga vitamin seperti vitamin A, B1 dan B6. Nutrisi-nutrisi tersebut adalah pemberi energi alami sehingga akan memasok tubuh Anda dengan energi yang besar.

Nutrisi tersebut juga berguna untuk kesehatan mata, kekebalan tubuh, dan sistem saraf bayi Anda.


9. Mencegah preeklampsia

Buah semangka mengandung lycopene dalam jumlah besar yang membantu mengurangi risiko preeklampsia selama kehamilan. Preeklampsia adalah suatu kondisi kesehatan yang bisa berdampak serius bagi Anda dan bayi Anda.

Mengkonsumsi buah semangka dalam bentuk apapun bisa membantu mengurangi risiko preeklampsia dan hambatan pada pertumbuhan bayi lainnya.



Efek samping makan semangka secara berlebihan pada saat hamil

Seiring dengan manfaat kesehatan di atas, semangka juga menyebabkan beberapa efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik, termasuk semangka. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin timbul akibat makan semangka secara berlebihan:

1. Gestational diabetes

Kelebihan makan semangka dapat meningkatkan kadar glukosa darah, sehingga membawa risiko diabetes gestasional.


2. Over cleansing

Semangka menjaga semua organ tubuh tetap sehat dengan cara membilas dan membuang racun dari dalam tubuh. Dalam proses ini, mungkin juga ada beberapa nutrisi penting yang ikut terbuang apabila makan semangka secara berlebihan.


3. Masalah lambung

Hindari makan semangka yang terpapar udara di tempat terbuka dalam jangka waktu yang lama karena bisa menyebabkan mual, muntah dan masalah pencernaan lainnya. Selalu konsumsi buah semangka segar atau dibuat jus.

Seperti halnya makanan lainnya, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai mana makanan yang aman dan mana yang berbahaya.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.