Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pizza?

Amankah ibu hamil makan pizza? Bahan-bahan apa saja pada pizza yang berbahaya untuk ibu hamil?

Pizza, makanan lezat asal Italia ini merupakan favorit banyak orang di seluruh dunia, termasuk mungkin Anda di Indonesia. Sebelum hamil, mungkin pizza selalu menjadi menu Anda bersama keluarga.

Namun, pada saat hamil, Anda tentunya harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi apapun, termauk pizza. Terkadang pizza mengandung bahan-bahan yang bisa berpotensi bahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Dalam artikel ini, kita akan melihat bahan-bahan apa yang sering terdapat pada pizza yang mungkin bisa berbahaya bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pizza?

Kandungan pada pizza yang mungkin berbahaya untuk ibu hamil

Sebagai ibu hamil, Anda harus mewaspadai setiap gigitan hidangan yang Anda makan. Dalam hubungannya dengan pizza, Anda harus hati-hati dalam melihat dan memilih topping pizza, sebab beberapa diantaranya mungkin berisiko mendatangkan bahaya.

Beriku ini adalah beberapa bahan makanan yang umum terdapat pada pizza yang mungkin bisa berbahaya bagi Anda dan bayi Anda:

1. Keju lunak

Banyaknya lapisan keju pada pizza adalah salah satu sebab mengapa pizza terasa lezat. Namun bagi ibu hamil, lapisan keju ini berarti Anda harus lebih waspada. Para ahli umumnya menyarankan ibu hamil untuk menghindari makan keju, terutama keju lunak.

Keju lunak lebih lembab dibanding keju keras. Strukturnya yang lembut dan lembab tersebut menjadi tempat ideal untuk bersarangnya bakteri berbahaya seperti Listeria.

Bakteri Listeria sebenarnya jarang menyebabkan infeksi, tapi fisik ibu hamil lebih rapuh dibanding ketika belum hamil. Kalau seorang ibu hamil terinfeksi bakteri ini, maka itu akan berbahaya bagi kesehatan janinnya.


2. Daging mentah atau setengah matang

Kadang pizza menggunakan daging yang mentah atau sengaja dibuat setengah matang seperti salami, pepperoni dll sebagai toppingnya. Hal itu bisa menyebabkan toksoplasmosis.

Toksoplasmosis adalah penyakit menular yang disebabkan parasit yang sering terdapat pada air yang tidak steril dan daging mentah.

Jika pada saat hamil Anda terinfeksi parasit ini, maka bisa menyebabkan bayi Anda menderita penyakit parah. Tidak ada gejala yang terlihat ketika Anda menderita toksoplasmosis, itulah sebabnya Anda harus menghindari penyebabnya sebisa mungkin.


3. Seafood bercangkang

Pizza ada yang menggunakan seafood bercangkang sebagai topping, seperti udang, kerang dan lain lain, yang jika tidak dimasak secara menyeluruh, maka dapat menyebabkan infeksi bakteri dan virus.

Ibu hamil harus sebisa mungkin menghindari diri dari makanan laut bercangkang yang tidak dimasak dengan sempurna.


Solusi dan Pencegahan

Sebenarnya makan pizza pada saat hamil cukup aman jika dimasak dengan sempurna dengan topping yang sehat.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memastikan bahwa pizza yang Anda makan aman untuk Anda dan untuk bayi dalam kandungan Anda:
  • Masaklah pizza dengan suhu tinggi untuk membunuh mikroba sehingga mengurangi risiko infeksi terhadap Anda dan bayi Anda.
  • Pizza sebaiknya dimakan pada saat masih panas.
  • Keju keras seperti cheddar, parmesan, dll yang dibuat dari susu yang dipasteurisasi dianggap lebih aman dan sehat. Hal ini disebabkan karena jenis keju ini kandungan airnya lebih rendah dibanding keju lunak sehingga kurang bersahabat dengan mikroba, dibanding keju lunak yang strukturnya lembab sehingga menjadi tempat ideal bagi perkembang-biakan mikroba.
  • Semua jenis daging maupun unggas yang digunakan sebagai topping pizza harus dimasak secara menyeluruh dan harus disajikan ke hadapan Anda dalam keadaan panas berasap.
  • Anda bisa mengkonsumsi pizza dengan topping seafood bercangkang seperti kerang hanya jika topping tersebut dimasak pada suhu tinggi.
  • Jika Anda sendiri yang membuat pizza, jangan menyentuh bahan daging tanpa terlebih dahulu mencuci tangan Anda dengan bersih.
  • Peralatan yang digunakan untuk memasak harus dicuci dengan baik sebelum dan setelah proses memasak.
  • Gunakan hanya air yang bersih dan steril untuk mencuci peralatan dan mempersiapkan pizza.
Selama Anda mengetahui bahan-bahan apa yang mungkin berbahaya bagi Anda dan bayi Anda, dan selama Anda patuh pada tindakan pencegahan yang kami rekomendasikan, silakan makan pizza favorit Anda.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.