Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Merica?

Amankah merica atau lada untuk ibu hamil? Apa manfaat merica bagi ibu hamil?

Apakah Anda ngidam makanan pedas selama hamil? Normal bagi ibu hamil untuk mengidam makanan yang aneh-aneh. Makanan favorit tidak lagi terasa nikmat pada saat hamil. Sebaliknya, ibu hamil bisa jadi sangat mendambakan makanan lain yang dulunya tidak terlalu ia sukai. Salah satunya adalah makanan pedas.

Kalau kita berbicara mengenai makanan pedas, mau tidak mau kita harus membahas mengenai merica atau lada.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Merica?

Manfaat merica untuk ibu hamil

Terlepas dari rasa pedasnya, merica ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Memperbaiki pencernaan
Selama kehamilan, fungsi sistem pencernaan Anda agak lemah. Merica berperan dalam memperbaiki pencernaan Anda dan mengatasi masalah seperti kembung, gas dan kram perut.

Baca selengkapnya mengenai Kembung dan Buang Angin Pada Saat Hamil.


2. Mencegah kanker
Pada saat hamil, tubuh Anda mengalami banyak perubahan. Jika tidak dirawat dengan benar, tubuh Anda bisa mengalami kerusakan oksidatif, yang mana bisa menyebabkan kanker di kemudian hari.

Merica mengandung karotenoid, yang merupakan sejenis antioksidan. Zat ini dapat mencegah kerusakan DNA dan melindungi Anda dari risiko kanker.


3. Mengatasi jerawat
Banyak wanita yang berjerawat ketika hamil. Merica mengandung zat yang bisa membantu membebaskan kulit wajah Anda dari noda jerawat.


4. Mengobati flu dan batuk
Flu dan batuk pada saat hamil sangat mengganggu. Merica bisa membantu Anda mengatasi flu dan batuk. Memang sampai sejauh ini belum ada bukti ilmiah untuk mendukung fakta tersebut, namun beberapa kebudayaan di seluruh dunia menggunakan merica untuk mengobati flu dan batuk.


5. Anti depresi
Selama kehamilan, banyak wanita merasa cemas berlebihan hingga depresi. Memasukkan merica dalam menu makanan Anda sehari-hari bisa membantu Anda mengatasi depresi pada saat hamil.

Baca lebih lengkap mengenai Depresi Pada Ibu Hamil Dan Solusinya.


6. Mengandung folat
Anda membutuhkan folat atau asam folat pada saat hamil untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi Anda. Hampir semua jenis bumbu pedas mengandung folat dalam jumlah yang cukup baik.

Baca lebih lengkap mengenai Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil.


7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kekebalan tubuh Anda rendah selama kehamilan. Merica mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan mencegah banyak penyakit.


8. Menormalkan tekanan darah
Tekanan darah tinggi merupakan ancaman besar bagi kesehatan Anda selama periode kehamilan. Kalium menjaga tekanan darah Anda pada batas normal. Merica kaya akan kandungan kalium sehingga bisa mencegah hipertensi dan preeklampsia.

Baca lebih lengkap mengenai Hipertensi Kronis Pada Saat Hamil dan Preeklampsia dan Bahayanya.


Efek samping merica untuk ibu hamil

Berikut ini adalah beberapa efek samping dari merica:

1. Masalah Gastrointestinal

Konsumsi merica secara berlebihan bisa menyebabkan masalah pada lambung. Jadi, kalau Anda memiliki perut yang sensitif, hindari merica.


2. Alergi

Mengkonsumsi merica bisa menimbulkan gejala alergi pada sebagian ibu hamil. Jika Anda pernah mengalami gejala alergi sebelumnya, hindari konsumsi merica pada saat hamil.

Ketika hamil, Anda tidak perlu khawatir mengenai konsumsi merica. Mengkonsumsi merica ketika hamil pada umumnya aman, bahkan banyak manfaatnya.

Tapi terlalu banyak mengkonsumsi merica bisa berbahaya. Hindari merica jika perut Anda lemah.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.