Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepiting?

Amankah kepiting untuk ibu hamil?

Anda suka makan kepiting? Kami juga.

Namun, apakah kepiting aman untuk dikonsumsi saat hamil? Mari kita lihat.

Hidangan kepiting termasuk dalam golongan seafood sehingga Anda perlu sedikit lebih hati-hati sebab seafood secara umum merupakan makanan yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil. Apapun itu, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai apapun yang Anda makan.

Baca lebih lengkap mengenai Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepiting?


Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum Anda makan kepiting pada saat hamil:
  • Mengkonsumsi ikan dan kerang saat Anda sedang hamil adalah baik bagi bayi dalam kandungan Anda. Kepiting mengandung protein dan berbagai asam lemak omega-3 dalam jumlah yang mencukupi untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda dan bayi Anda.
  • Mengkonsumsi kepiting juga bisa membantu Anda mengatasi depresi, baik depresi ketika hamil maupun depresi pasca persalinan.
  • Menurut beberapa peneliti, mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 juga bisa membantu perkembangan mata dan otak bayi Anda.
  • Jangan berlebihan dalam makan kepiting. Takaran yang disarankan adalah 12 ons per-minggu.
  • Tidak seperti kebanyakan seafood, kandungan merkuri dalam kepiting sangat rendah, bahkan tidak ada.

Manfaat kepiting untuk ibu hamil

Kalau dokter mengizinkan, silakan makan kepiting pada saat Anda hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang Anda dapatkan dengan mengkonsumsi kepiting:

1. Kandungan kalori dalam kepiting rendah

  • Kandungan kalori dalam daging kepiting rendah, dan ini adalah hal yang baik. Bahkan, sebagian besar sumber kalori dalam daging kepiting adalah protein, yaitu sekitar 80 hingga 85 persen dari total kalorinya. Sisanya adalah lemak dan karbohidrat.
  • Tiga ons daging kepiting hanya mengandung 70 kalori, sementara king crab mengandung sekitar 80 kalori dalam porsi yang sama.

2. Kandungan kolesterol dalam kepiting rendah

  • Banyak orang khawatir bahwa makan daging kepiting bisa meningkatkan kadar kolesterol. Anda yang sebelumnya tidak bermasalah dengan kolesterol, seharusnya tidak perlu khawatir sebab kandungan kolesterol dalam daging kepiting sebenarnya rendah. Namun, apabila Anda menderita kolesterol tinggi, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu berapa porsi jumlah aman daging kepiting yang bisa Anda konsumsi.
  • Tiga ons daging kepiting kukus mengandung sekitar 80 mg kolesterol, sedangkan tiga ons king crab mengandung sekitar 45 mg kolesterol.
Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.