Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Bawang Merah?

Manfaat dan efek samping makan bawang merah pada saat hamil.

Pernahkah Anda ngidam bawang merah?

Bawang merah menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat makan bawang merah pada saat hamil? Apa efek samping konsumsi bawang merah ketika hamil?

Bawang merah kaya akan kandungan vitamin C, biotin, mangan, tembaga, fosfor, kalium, vitamin B6, folat, dll. Singkatnya, bawang merah memberikan banyak sekali manfaat kesehatan yang akan membantu Anda menjaga kesehatan diri dan bayi Anda.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Bawang Merah?

Lanjutkan membaca untuk mengetahui khasiat apa saja yang ditawarkan bawang merah untuk ibu hamil.


Manfaat bawang merah untuk ibu hamil


1. Mengeluarkan racun
Adanya kandungan logam berat dalam tubuh bisa berbahaya bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Asam amino yang terkandung dalam bawang merah, seperti sistein dan metionin, membantu tubuh Anda mengeluarkan racun (detoksifikasi) dan logam berat dari dalam tubuh Anda.


2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Bawang merah kaya akan vitamin C. Sifat antioksidan dari vitamin C ini sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil sambil tetap menjaga pertumbuhan bayi Anda.


3. Mengatasi sembelit
Bawang merupakan sumber makanan yang kaya akan serat sehingga sangat membantu dalam memperbaiki gerak usus Anda. Kalau Anda menderita sembelit, mengkonsumsi bawang merah bisa secara efektif mengatasi masalah sembelit Anda tersebut.


4. Mengatur tekanan darah
Bawang merah mentah adalah gudangnya fionutrien yang membantu mengatur tekanan darah Anda.

Mengkonsumsi bawang merah akan sangat membantu menjaga tekanan darah Anda dalam tingkat yang normal sehingga mencegah komplikasi kehamilan yang berhubungan dengan tekanan darah, seperti preeklampsia, hipertensi gestasional dan persalinan prematur. .

Baca selengkapnya mengenai Preeklampsia Dan Bahayanya.


5. Mengatasi diabetes gestasional
Bawang merah mengandung kromium yang membantu mengatasi resistensi insulin dan mengatur kadar gula darah. Konsumsi bawang merah adalah cara yang baik untuk mencegah diabetes gestasional.


6. Menjaga berat badan
Bawang merah harus dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan kalori dan lemaknya yang rendah. Tambahkan bawang merah dalam bumbu masak Anda sehari-hari sehingga berat badan Anda tetap terjaga.


7. Mencegah gingivitis
Perubahan hormonal selama kehamilan membuat gusi Anda lebih rentan terhadap penimbunan plak, radang dan pendarahan. Kunyahlah bawang merah, sebab sifat antibakterinya sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan mulut Anda.


8. Melegakan tenggorokan
Jika Anda menderita sakit tenggorokan pada saat hamil, makanlah bawang merah untuk mengobati infeksi tenggorokan Anda. Tambahkan madu untuk memaksimalkan efek penyembuhannya.



Efek samping bawang merah terhadap ibu hamil

Meskipun banyak manfaatnya untuk ibu hamil, bawang merah juga menyimpan beberapa efek samping jika asupannya tidak dibatasi.

Berikut ini adalah beberapa potensi efek samping dari konsumsi bawang merah pada saat hamil:

1. Mulas dan diare
Makan bawang merah berlebihan pada saat hamil dapat membuat Anda mulas dan diare.

2. Masalah dengan alergi dan pernapasan
Beberapa ibu hamil bisa mengalami masalah dengan pernapasan dan mengembangkan reaksi alergi akibat makan bawang merah berlebihan.



Bolehkah ibu hamil makan bawang merah?

Iya, Anda bisa dengan aman makan bawang merah pada saat hamil. Bahkan bawang merah akan memberikan Anda banyak manfaat kesehatan yang berguna selama kehamilan Anda.

Namun, Anda harus ingat untuk tidak makan bawang merah secara berlebihan sebab apapun yang dimakan berlebihan bisa membawa potensi bahaya bagi Anda dan bayi dalam kandungan Anda.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.