Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Varises Pada Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Apa itu varises? Berbahayakah varises pada saat hamil? Bagaimana mencegah dan menyembuhkan varises pada saat hamil? -

Varises adalah pembuluh darah yang membengkak dan membesar sehingga menimbulkan tonjolan di permukaan kulit. Berwarna biru atau ungu, varises paling sering muncul di kaki, meskipun kadang-kadang juga muncul di tempat lain.

Bahkan, penyakit wasir sebenarnya adalah varises yang tumbuh di daerah dubur.

Varises menimbulkan rasa sakit dan berat pada kaki. Kulit di sekitar timbulnya varises juga terasa gatal, berdenyut, atau seperti terbakar. Gejala ini cenderung terasa makin parah di sekitar sore dan malam hari, terutama jika seharian Anda banyak berdiri.

Banyak wanita pertama kali mengalami varises (atau varises yang sudah ada makin memburuk) pada saat hamil. Hal ini terjadi karena ketika rahim Anda tumbuh semakin membesar, rahim tersebut menekan vena besar di sisi kanan tubuh Anda (vena cava inferior), yang pada gilirannya juga akan memberi tekanan pada vena di kaki.

Vena adalah pembuluh darah yang mengantarkan darah dari organ tubuh Anda kembali menuju jantung, sehingga darah di vena kaki Anda mengalir melawan gravitasi bumi.

Pada saat hamil, jumlah darah dalam tubuh Anda meningkat, sehingga menambah beban bagi vena Anda. Tingkat progesteron Anda juga meningkat, menyebabkan dinding pembuluh darah Anda melemas.

Anda cenderung lebih beresiko untuk menderita varises jika ada anggota keluarga Anda juga menderita varises.

Varises lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria, dan gejala varises menjadi lebih buruk seiring usia Anda dan jumlah kehamilan Anda (varises pada kehamilan anak kedua akan lebih parah dibanding kehamilan anak pertama).

Anda juga lebih rentan terkena varises jika Anda kelebihan berat badan, mengandung bayi kembar dan sering berdiri untuk waktu yang lama.

Kabar baiknya adalah, varises biasanya membaik setelah Anda melahirkan, terutama jika Anda tidak pernah mengalaminya sebelum hamil. Dan jika seandainya varises belum juga membaik, ada beberapa cara untuk mengobatinya.


Cara mencegah varises

Pada saat hamil, Anda bisa mencegah atau setidaknya meminimalkan varises. Perhatikan tips berikut ini:
  • Olahraga setiap hari. Berjalan-jalan cepat di sekitar kompleks rumah Anda dapat memperlancar sirkulasi darah.
  • Menjaga berat badan yang sehat.
  • Tinggikan kaki Anda. Gunakan pendek untuk menyandarkan kaki Anda pada saat Anda sedang duduk, dan menjaga gunakan bantal untuk mengganjal kaki Anda ketika Anda berbaring.
  • Jangan menyilangkan kaki saat duduk.
  • Jangan duduk atau berdiri untuk waktu yang lama tanpa meluangkan waktu untuk bergerak.
  • Tidur di sisi kiri Anda. Ganjalkan bantal di belakang punggung Anda agar Anda tetap dalam posisi miring ke kiri dan juga tinggikan letak kaki Anda dengan bantuan bantal. Karena vena cava inferior adalah di sisi kanan, berbaring di sisi kiri akan mengurangi beban vena tersebut dari berat rahim Anda, sehingga mengurangi tekanan pada pembuluh darah di kaki.


Bahayakah varises pada saat hamil?

Varises tidak beresiko serius terhadap kehamilan Anda atau perkembangan bayi Anda. Namun, varises bisa lebih parah jika:
  • Anda kelebihan berat badan ketika Anda hamil.
  • Bayi Anda sangat besar.
  • Anda mengandung bayi kembar.
Varises Anda mungkin tidak menyakitkan awalnya, tapi seiring bertambahnya usia kehamilan, varises menjadi semakin tidak nyaman. Anda mungkin akan merasakan sensasi seperti nyeri yang berdenyut-denyut terus menerus.

Penampilan varises juga mungkin akan membuat Anda kurang percaya diri. Tapi biasanya penampilan Anda akan kembali normal setelah Anda melahirkan.


Bagaimana mengobati varises?

Varises seringkali hilang dengan sendirinya dalam tiga sampai empat bulan setelah melahirkan, meskipun kadang-kadang lebih lama dari itu.


Menu makanan
Makan makanan tertentu selama kehamilan bisa membantu untuk meringankan gejala varises, atau minimal mengurangi gejala tersebut agar tidak bertambah parah

Menu yang sehat, yang bisa membantu pembuluh darah Anda untuk berfungsi dengan baik, harusnya bisa meringankan rasa sakit akibat varises, walaupun mungkin tidak akan menghilangkan varises sama sekali selama Anda masih hamil.

Menu makanan yang tinggi kandungan seratnya dapat mencegah sembelit sehingga akan mengurangi penggumpalan darah.

Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan varises. Biji bunga matahari dan gandum, kaya akan kandungan vitamin E. Bawang putih dapat menyehatkan pembuluh darah.

Gunakan satu siung bawang putih dalam masakan, atau jika Anda lebih suka kapsul ekstrak bawang putih, pastikan mengandung banyak allicin, bahan aktif dalam bawang putih.

Menghindari makanan olahan dan olahan seperti kue dan biskuit. Minum terlalu banyak teh, kopi, cola dan susu dapat membuat varises lebih menyakitkan dan menyebabkan sembelit, membuat tumpukan buruk.

Cobalah untuk minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Konsumsi multivitamin khusus ibu hamil serta menjalani pola makan yang sehat dapat membantu untuk mengatasi varises.

Konsultasikan dengan dokter mengenai suplemen yang cocok untuk Anda.

Jika Anda merokok, hentikan.


Olahraga
Sedikit penambahan berat badan, sangat wajar dan sehat pada saat hamil. Tapi olahraga teratur akan mengurangi penumpukan lemak, sambil tetap mempertahankan sirkulasi darah yang baik serta menyehatkan pembuluh darah Anda.

Cobalah berjalan, berenang atau ikuti kelas senam hamil. Namun, latihan aerobik yang berlebihan, seperti bersepeda dan jogging terlalu berat, dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di kaki Anda, dan dapat membuat varises bertambah parah.

Teknik relaksasi dengan bernapas dalam-dalam akan membantu sirkulasi darah Anda. Hal ini penting dalam pencegahan varises. Bernapas dalam-dalam juga akan membantu Anda untuk rileks dan fokus. Luangkan  sekitar 10 menit setiap hari dengan posisi meninggikan kaki Anda (sehingga lebih tinggi dari pinggang), kemudian tarik napas dalam-dalam dengan perlahan agar paru-paru Anda sepenuhnya mengembang.


Pakaian
Hindari pakaian yang ketat di sekitar daerah selangkangan Anda, apakah itu celana jeans atau lainnya karena dapat membuat varises Anda bertambah parah.

Hindari memakai sepatu yang terlalu ketat atau high heels yang tinggi sehingga menyebabkan otot betis Anda tertarik.

Hindari duduk atau jongkok dalam waktu yang lama, dan jangan duduk dengan menyilangkan kaki.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan ibu hamil, simak ulasan kami tentang buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.