Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Tips Merawat Payudara Pada Saat Hamil

Cara merawat payudara selama kehamilan - 

Wanita hamil cenderung mengabaikan pentingnya perawatan payudara, pertama karena malas dan kedua karena mereka tidak menyadari manfaat dari merawat payudara dengan tepat selama kehamilan.

Merawat payudara dengan tepat tidak hanya menjamin produksi ASI yang berlimpah, tapi juga akan mempertahankan bentuk payudara Anda.

Selama kehamilan, berat payudara Anda naik sekitar 1,5 kali lipat dibanding sebelumnya.

Dalam rangka menyusui, Anda harus memperhatikan kesehatan Anda dan mengikuti praktek-praktek higienis. Jika ini adalah kehamilan pertama Anda, Anda perlu lebih berhati-hati.

Berikut adalah panduan singkat perawatan payudara selama kehamilan.


Tips Merawat Payudara Pada Saat Hamil

Perubahan pada payudara selama kehamilan

Berikut ini adalah beberapa perubahan payudara yang umumnya akan dialami oleh setiap ibu hamil:
  • Kulit di sekitar puting susu akan terlihat seperti "retak" dan puting susu membengkak.

  • Puting payudara akan terlihat lebih gelap dan lebih besar selama hamil dan biasanya akan tetap seperti itu selama satu tahun.

  • Sensasi seperti nyeri atau kesemutan disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang membuat saluran susu tumbuh dalam persiapan untuk menyusui.

  • Ukuran payudara membesar.

  • Payudara "bocor". Sekitar usia kehamilan minggu ke-16, Anda mungkin melihat cairan kekuningan yang keluar dari payudara ini. Ini adalah kolostrum, cairan yang penuh dengan nutrisi dan antibodi. Cairan ini sangat penting untuk bayi Anda.
Jangan panik jika Anda melihat ada sedikit cairan seperti nanah. Anda harus lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan dalam rutinitas sehari-hari Anda.


Tips merawat payudara pada saat hamil

Berikut adalah beberapa panduan perawatan payudara pada saat hamil.

1. Perawatan kebersihan

Berikut adalah beberapa praktek-praktek higienis yang harus Anda lakukan selama Anda hamil:
  • Bersihkan puting payudara Anda. Cairan kental melewati payudara sejak bulan kelima kehamilan Anda. Jika tidak dibersihkan, ini akan membentuk semacam kerak dan kulit di sekitarnya tampak memerah. Anda dapat menghindari hal tersebut dengan menjaga puting Anda tetap bersih, dengan cara mengelapnya perlahan dengan sepotong kain bersih.

  • Jangan gunakan sabun. Pastikan untuk tidak menggunakan sabun saat membersihkan puting karena akan menyebabkan kekeringan pada puting.

  • Melatih puting. Saat Anda mandi, cobalah tarik perlahan puting payudara Anda dengan telunjuk dan ibu jari. Hati-hati jangan sampai kena kuku Anda. Latihan ini akan membantu produksi ASI setelah persalinan nantinya.

  • Pijat payudara. Anda bisa memijat payudara Anda saat mandi, searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Pijat payudara membantu darah bersirkulasi dengan baik.

  • Jangan gunakan bra berkawat. Anda harus selalu memakai bra, namun pastikan bra yang Anda kenakan tidak terlalu sempit atau menekan payudara Anda. Jangan kenakan bra berkawat karena akan mengganggu produksi ASI.

  • Gunakan bra bersalin. Anda bisa menggunakan bra bersalin pada usia kehamilan minggu ke-34 dan ke-36 yang memiliki bukaan di bawah cup-nya.

2. Perawatan emosional dan pola makan

Anda juga perlu untuk memperhatikan hal-hal berikut:
  • Anda harus berusaha untuk selalu rileks selama periode kehamilan dan laktasi. Gangguan emosional dan stress akan mempengaruhi produksi ASI.

  • Anda harus mengikuti menu seimbang yang kaya akan zat besi dan protein. Pastikan juga Anda mengasup vitamin dan kalsium dalam jumlah yang cukup. Sertakan sayuran dan buah-buahan dalam menu harian Anda.

  • Jika payudara Anda nyeri dan sensitif, itu karena faktor hormon dan biasanya tidak berbahaya.


3. Perawatan umum

Untuk menghindari ketidaknyamanan yang mungkin Anda rasakan, pastikan untuk mengikuti tindakan pencegahan dengan benar. Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

  • Cuci payudara Anda dengan air bersih setiap hari.

  • Jangan malas untuk mengecek dan memeriksa kondisi payudara Anda secara teratur.

  • Jika Anda melihat adanya perubahan atau ketidaknyamanan pada payudara Anda, segera informasikan ke dokter.

  • Jangan membuat payudara Anda lembab karena bisa menimbulkan semacam retak pada puting.

  • Beberapa wanita memiliki puting susu yang "terbalik". Tariklah puting Anda keluar dengan lembut, sehingga puting berada dalam posisi yang benar pada saat anak Anda lahir.

Anda perlu meluangkan waktu setiap hari untuk melakukan perawatan payudara dengan tepat pada saat hamil.

Merawat payudara dengan tepat akan membuat bayi Anda sehat dan proses menyusui juga menjadi lebih mudah.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan ibu hamil, simak ulasan kami tentang buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.