Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Tips Cepat Hamil Alami Bagi Penderita PCOS

Tips cara cepat hamil secara alami bagi penderita PCOS. Bisakah wanita penderita PCOS hamil alami? - 

Apakah Anda mengidap PCOS dan ingin hamil?

PCOS adalah suatu penyakit yang sebenarnya tidak langka, tapi kurang banyak dikenal dan celakanya, bisa menyebabkan beberapa kondisi yang menyulitkan wanita untuk bisa hamil.

PCOS adalah singkatan dari Polycystic Ovarian Syndrome, dan disini kita akan mempelajari lebih jauh bagaimana penderita PCOS bisa meningkatkan peluang mereka untuk cepat hamil.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Tips Cepat Hamil Alami Bagi Penderita PCOS

Apa itu Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)?

Seperti yang kami sebutkan di atas, PCOS bukanlah penyakit langka. Penyakit ini diderita oleh lima hingga sepuluh persen wanita.

PCOS terjadi apabila tubuh Anda memproduksi hormon androgen (hormon pria) secara berlebihan sehingga menyebabkan haid tidak teratur.

Sebenarnya tubuh wanita memang memproduksi hormon wanita dan hormon pria, tetapi apabila seorang wanita menderita PCOS, tubuhnya memproduksi hormon pria diatas batas normalnya sehingga mengacaukan siklus menstruasi.

Siklus menstruasi yang tidak teratur akan menyebabkan Anda sulit untuk hamil sebab Anda tidak tahu kapan persisnya Anda berovulasi. Dalam beberapa kasus, bahkan ada yang melaporkan bahwa haidnya berhenti sama sekali selama berbulan-bulan.


Penyebab PCOS masih belum diketahui

PCOS menyebabkan kista kecil pada ovarium Anda. Penyebab PCOS tidak diketahui dengan pasti dan, sayangnya, tidak ada obat untuk benar-benar menyembuhkannya.

Tetapi ada beberapa pilihan perawatan. Diagnosis yang ditemukan biasanya hanya berdasarkan gejala yang dirasakan penderitanya.


Apa saja gejala PCOS?

Gejala utama PCOS adalah haid yang jarang terjadi, tidak teratur atau bahkan tidak haid sama sekali.

Gejala lainnya antara lain pertumbuhan rambut yang banyak, terutama di tempat-tempat seperti wajah, leher, perut, tangan dan kaki.

Tanda-tanda lainnya adalah jerawat, kulit berminyak, ketombe, nyeri panggul, berat badan naik, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan rambut menipis.

Jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut, buatlah catatan dan temui dokter Anda.


Bagaimana mengatasi PCOS?

Jika Anda tidak ingin hamil, ada pengobatan yang sangat efektif, yaitu dengan menggunakan pil KB. Pil KB membantu melancarkan haid dan mengatasi masalah jerawat.

Jika Anda ingin hamil dan melahirkan, tentu saja pil KB bukanlah pilihan untuk Anda. Obat seperti Clomid dan suntikan hormonal juga dapat membantu mengatur siklus haid Anda. Dan siklus menstruasi yang teratur adalah salah satu kunci utama untuk bisa hamil.

Cara alami untuk membantu mengatur siklus menstruasi Anda adalah memastikan Anda menjaga berat badan yang ideal melalui diet makanan dan olahraga yang tepat.


Resiko terkait PCOS

Sangat penting untuk mengetahui bahwa wanita penderita PCOS beresiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi kehamilan. Mereka berada pada kelompok resiko tinggi terhadap keguguran, hipertensi kehamilan dan kelahiran prematur.


Anda masih bisa hamil alami walaupun mengidap PCOS

Jika Anda merasakan gejala-gejala atau khawatir Anda mengidap PCOS, jangan panik. Banyak pasien kami yang mengidap PCOS bisa hamil tanpa intervensi medis.

Jadi, hanya karena Anda mengidap PCOS, bukan berarti Anda tidak bisa hamil sama sekali, atau masa kehamilan Anda akan menyengsarakan.

Kami menganjurkan Anda untuk tetap tenang dan sabar menghadapi situasi yang Anda alami.


Tips cepat hamil bagi penderita PCOS

1. Perubahan pola makan

Lakukan perubahan pola makan dengan makanan sehat seperti sayuran segar, buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum.

Disarankan untuk membatasi konsumsi makanan olahan dan makanan yang tinggi kandungan lemak jenuhnya.

Hindari makanan yang digoreng, susu, keju dan daging, serta mengurangi asupan karbohidrat dan gula akan membantu Anda menurunkan berat badan dan menormalkan hormon. Wanita yang kegemukan atau obesitas lebih beresiko menderita PCOS.


2. Olahraga teratur

Olahraga teratur sangat penting karena meningkatkan aktivitas fisik sehingga membantu Anda untuk mencapai berat badan ideal. Berolahraga dapat melepaskan hormon yang disebut endorfin, sehingga membuat Anda merasa senang dan mengurangi stress.


3. Kurangi berat badan

Mengurangi berat badan dapat membantu ovulasi yang sehat secara alami, meningkatkan fungsi siklus menstruasi dan menormalkan kadar insulin dan glukosa dalam tubuh. Dengan demikian, olahraga akan membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh Anda dan mengatur siklus menstruasi.

Dr. Rosdiana Ramli mengatakan, "Hamil secara alami walaupun menderita PCOS adalah sangat mungkin terjadi. Kita harus membuat beberapa perubahan pola hidup dan mengadopsi gaya hidup sehat. Salah satunya dengan mengontrol berat badan Anda."


4. Menghentikan kebiasaan buruk

Menghentikan kebiasaan buruk sangat penting untuk bisa hamil, terutama dengan adanya PCOS yang dalam hal ini sudah mengganggu peluang Anda untuk bisa hamil.

Kami menyarankan untuk berhenti merokok dan minum alkohol. Jika Anda pengguna narkoba, hentikan sekarang juga.


5. Hindari stress

Stress adalah salah satu penyebab utama PCOS karena mempengaruhi sistem internal tubuh Anda. Cobalah menghindari stress dengan cara melakukan hal-hal yang menyenangkan. Beristirahatlah sejenak dari rutinitas harian Anda untuk menjaga pikiran dan tubuh Anda tetap segar.

Dr. Rosdiana Ramil menambahkan, "Singkatnya, untuk bisa berhasil hamil, wanita pengidap PCOS harus menjadikan gaya hidup sehat sebagai prioritas, salah satunya dengan menghindari stress dan mempertahankan sikap positif."

Jika Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.