Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

8 Tips Mempermudah Dan Meringankan Sakit Persalinan

Bagaimana cara agar proses persalinan menjadi lebih mudah, cepat dan ringan? Bagaimana mengurangi sakit persalinan? Baca artikel ini - 

Mempersiapkan persalinan tidak hanya berarti menyewa asisten dan mem-packing segala sesuatu yang Anda butuhkan sejak awal, namun juga mempersiapkan diri secara fisik agar persalinan Anda menjadi lebih mudah.

Ini berarti Anda harus melakukan hal-hal yang bisa membantu Anda mempercepat proses persalinan sekaligus meringankan sakit persalinan nantinya.

Tips Mempermudah Dan Meringankan Sakit Persalinan


Berikut beberapa tips yang sudah kami rangkum untuk Anda, para ibu hamil yang akan segera melahirkan:


Tips #1 Meringankan Persalinan: Makan kurma

Terbukti, ibu hamil yang mengkonsumsi kurma setiap hari di akhir usia kehamilan mereka, ternyata lebih tidak banyak membutuhkan obat-obatan atau penanganan khusus selama persalinan, dibandingkan ibu yang kurang mengkonsumsi kurma.

Ibu hamil yang rajin makan kurma juga mengalami proses pembukaan yang relatif lebih cepat, yaitu rata-ratanya kurang dari 7 jam.

Kurma memiliki senyawa yang meniru hormon oksitosin, yaitu hormon yang membantu kontraksi.


Tips #2 Meringankan Persalinan: Tidur lebih banyak

Wanita yang tidurnya kurang dari enam jam di bulan terakhir usia kehamilan mereka, membutuhkan waktu selama 11 jam atau lebih dalam proses persalinan normal, bahkan seringkali berakhir dengan terpaksa operasi caesar.

Untuk mempermudah proses persalinan, Anda harus setidaknya tidur selama minimal 7 jam di akhir-akhir usia kehamilan Anda.

Berusahalah untuk tidur senyaman mungkin di bulan terakhir kehamilan Anda. Gunakan bantal, ganti kasur Anda atau bila perlu, "singkirkan" sementara suami Anda dari tempat tidur. Ini penting, dan ia harus mengerti.


Tips #3 Meringankan Persalinan: Latih kaki Anda

Posisi berdiri tegak akan membuat gravitasi bumi membantu memposisikan bayi Anda di dalam kandungan dengan benar sehingga pada akhirnya akan mempersingkat dan mempermudah proses persalinan. Untuk sukses dalam terapi berdiri ini, Anda harus punya kaki yang kuat.

Latihan yang paling penting untuk memudahkan proses persalinan adalah squat alias latihan jongkok.

Selain itu, cobalah lebih banyak berjalan kaki sejauh yang Anda bisa. Latihlah jari-jari kaki dengan memutar-mutarnya. Latih juga pinggul Anda.


Tips #4 Meringankan Persalinan: Suplemen magnesium

Mintalah suplemen magnesium dari dokter Anda. Magnesium akan meringankan beban persalinan karena magnesium membantu hal berikut:
  • Mengurangi kram pada kaki.
  • Memudahkan untuk tidur lebih nyenyak.
  • Meringankan morning sickness dan mual muntah selama hamil.
  • Magnesium diperlukan untuk memperbaiki fungsi hormon dan kesehatan otot yang diperlukan selama persalinan.

Tips #5 Meringankan Persalinan: Lemak sehat

Lemak dibutuhkan tubuh untuk produksi hormon. Secara khusus, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak lemak jenuh dan sama sekali tidak butuh lemak buatan seperti yang terdapat pada minyak sayur dan margarin.

Prioritas diri Anda secara mutlak untuk mengkonsumsi lebih banyak lemak jenuh dari sumber seperti minyak kelapa, mentega, produk hewani, dll serta menghindari sepenuhnya lemak tak jenuh seperti minyak sayur.

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung Omega-3.


Tips #6 Meringankan Persalinan: Latihan pernapasan

Berlatihlah bernapas penuh dengan lambat. Anda akan sangat membutuhkan pengaturan pernapasan pada saat persalinan nanti, Tarik napas dalam-dalam hingga paru-paru penuh, kemudian hembuskan dengan lambat dan berirama. Lepaskan ketegangan dalam setiap hembusan napas dan cobalah berlatih mengedan.


Tips #7 Meringankan Persalinan: Mandi air hangat

Mandi hangat memberi efek menenangkan, terutama jika Anda bisa menggunakan shower air hangat sambil duduk santai. Mandi dengan air hangat akan membuat Anda lebih santai, dan bahkan mungkin bisa membantu mempercepat proses persalinan.


Tips #8 Meringankan Persalinan: Banyak bergerak

Bergeraklah sebanyak yang Anda bisa. Berjalan, joget ringan, berdansa, apapun.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan ibu hamil, simak ulasan kami tentang buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.