Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Tips Cara Hamil Apabila Haid Tidak Teratur

Bisakah Anda hamil meski siklus haid tidak teratur? Bagaimanakah cara agar cepat hamil apabila haid tidak teratur? Adakah tips yang bisa dilakukan seorang wanita agar bisa segera hamil meski siklus menstruasinya tidak teratur? Simak artikel berikut ini -

Hai Ibu, apa kabar? Semoga Ibu subur-subur saja...

Wanita yang haidnya teratur normalnya akan mendapatkan menstruasi sebanyak 11 hingga 13 kali dalam satu tahun kalender, yang artinya bahwa mereka punya 11 sampai 13 kali kesempatan untuk hamil setiap tahunnya.

Di sisi lain, wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur peluang hamilnya jauh lebih sedikit, sehingga biasanya butuh waktu lebih lama bagi mereka untuk bisa memiliki momongan.
Walaupun menstruasi Anda tidak teratur, namun tentu saja Anda masih memiliki peluang untuk bisa hamil.

Yang perlu Anda lakukan adalah memahami penyebab mengapa haid Anda tidak teratur dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu diri Anda sendiri mengembalikan keteraturan siklus menstruasi Anda, sehingga dengan demikian Anda memperbesar peluang Anda untuk bisa hamil.

(Buku yang direkomendasikan: Panduan Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG).

Jadwal haid tidak teratur, bisakah hamil?

Bagaimana mendefinisikan bahwa haid Anda tidak teratur?

Untuk menjawab pertanyaan ini, akan sangat membantu jika kami menjelaskan bagaimana harusnya sebuah siklus menstruasi yang teratur. Sebagai catatan, total panjang satu siklus menstruasi adalah jumlah hari yang dihitung dari awal satu periode ke awal periode berikutnya.

Anda masih tergolong dalam kategori "teratur" bahkan apabila Anda tidak mengalami menstruasi setiap 28 hari.

Menurut dr. Rosdiana Ramli, seorang wanita dengan siklus menstruasi yang teratur mendapatkan haid setiap 23 hingga 35 hari, yang mana secara alami dapat diprediksi. Ini berarti bahwa Anda masih dianggap teratur bahkan jika haid datang setiap 23 hari atau setiap 35 hari, atau diantaranya.

Di sisi lain, periode menstruasi yang tidak teratur didefinisikan sebagai siklus menstruasi yang secara konsisten lebih pendek dari 21 hari atau lebih lama dari 36 hari.

Anda juga dapat dianggap "tidak teratur" jika panjang siklus Anda bervariasi secara signifikan dari siklus ke siklus, contohnya kadang-kadang berlangsung selama 28 hari, kemudian 40 hari, kemudian 32 hari. Tidak konsisten setiap kali.


Apa penyebab haid tidak teratur?

Sebenarnya normal untuk mengalami beberapa kali ketidakteraturan dalam siklus menstruasi Anda, terutama apabila Anda mengalami stress atau karena sakit. Bagi kebanyakan wanita, keteraturan siklus akan kembali setelah stress dan penyakit diatasi.

Untuk wanita dengan ketidakteraturan haid yang kronis, ada kemungkinan bahwa ada ketidakseimbangan hormonal yang menyebabkannya (mungkin ketidakseimbangan estrogen dan/atau progesteron), sehingga mempengaruhi frekuensi ovulasi dan/atau siklus menstruasi tersebut.

Meskipun kadang tidak mudah untuk mengidentifikasi mengapa ketidakseimbangan hormon itu terjadi, ada beberapa penyebab dari ketidakseimbangan hormon yang diketahu oleh para ahli dalam hubungannya dengan kesuburan.

Penyebab umum dari ketidakseimbangan hormonal adalah kondisi medis yang dikenal sebagai Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS). Salah satu gejala dari PCOS ini adalah stimulasi (rangsangan) dari folikel yang menghasilkan estrogen dalam kadar tinggi, tanpa melepaskan sel telur. Estrogen yang berlebihan merangsang lapisan rahim untuk menebal hingga mencapai titik dimana ia mengelupas sehingga menyebabkan pendarahan menstruasi, padahal tidak terjadi ovulasi.

Wanita yang mengidap kelainan makan seringkali mengalami ketidakseimbangan hormon, sehingga menyebabkan haid tidak teratur atau sama sekali tidak terjadi (disebut sebagai amenore). Selain itu, wanita yang berolahraga secara berlebihan (misalnya latihan berat 3 jam per-hari) bisa juga mengalami haid yang tidak teratur.

Kurangnya asupan gizi akibat anoreksia dan/atau stress fisik yang disebabkan oleh latihan berlebihan dapat mengubah susunan kimiawi dalam otak, sehingga sulit bagi otak untuk memicu hormon yang diperlukan bagi perkembangan folikel. Kurangnya perkembangan folikel dapat menyebabkan defisiensi (kekurangan) estrogen.


Apa pengaruh haid yang tidak teratur terhadap kesuburan Anda?

Jika haid Anda tidak teratur, berarti Anda berovulasi dengan tidak teratur pula (tidak konsisten), bahkan dalam beberapa kasus tidak berovulasi sama sekali. Seperti yang kita sudah tahu, wanita tidak mungkin hamil tanpa peristiwa pelepasan sel telur (ovulasi), sehingga semakin sedikit Anda berovulasi maka semakin berkurang peluang Anda untuk hamil.


Apa yang bisa Anda lakukan untuk hamil apabila haid Anda tidak teratur?

Hal pertama yang perlu Anda lakukan, penting untuk mencoba memulihkan keteraturan siklus haid Anda dan meningkatkan frekuensi ovulasi.

Untungnya, dengan membuat beberapa perubahan gaya hidup sederhana dapat membantu Anda meningkatkan keseimbangan hormon dan juga membantu untuk membuat menstruasi Anda lebih teratur.
  • Makan sehat, dengan menu yang seimbang. Jauhi junk food. Perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan sayuran serta hindari makanan yang tinggi karbohidrat olahan serta lemak.
  • Berat badan yang sehat. Kurangilah dengan diet rendah kalori dan berolahraga, terutama jika Anda telah didiagnosa mengidap PCOS. Demikian juga jika Anda kekurangan berat badan, cobalah untuk menambah berat badan beberapa kilogram. Kadar lemak tubuh yang rendah berarti tingkat estrogen juga rendah, sehingga dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur.
  • Konsumsi suplemen penambah kesuburan. Setiap kali berusaha untuk hamil, wanita harus mengkonsumsi vitamin prenatal sebagai salah satu upaya untuk memastikan bahwa ia mengasup semua nutrisi yang dibutuhkan untuk mempertahankan kehamilan dan mendukung pertumbuhan janin. Lengkapi menu Anda dengan suplemen kesuburan yang mengandung vitamin prenatal dan herbal penyeimbang hormon sebagai upaya mengembalikan keteraturan siklus haid Anda.
  • Berolahraga secara teratur dalam intensitas secukupnya. Melakukan olahraga teratur adalah kunci kesuburan. Di sisi lain, terlalu banyak latihan berat juga dapat membawa dampak merugikan bagi kesuburan.
Jika dokter Anda tidak dapat menemukan penyebab medis mengenai masalah ovulasi dan siklus haid Anda yang tidak teratur, cobalah untuk belajar mengelola stress. Mungkin ini yang Anda butuhkan.

Berikut ini adalah tips-tips penting untuk mengurangi stres:
  • Berkomunikasi secara terbuka dengan pasangan Anda.
  • Dapatkan dukungan emosional dari penasehat, orang tua, saudara, sahabat Anda. Bacalah buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil yang sudah membantu ribuan pasangan di Indonesia mengelola stress mereka hingga berhasil hamil.
  • Mencoba beberapa teknik pengelolaan stress seperti relaksasi atau yoga.
  • Kurangi kafein dan zat stimulan lainnya.
  • Berolahraga secara teratur untuk melepaskan ketegangan fisik dan emosional Anda.
  • Merencanakan perawatan medis bersama pasangan Anda.
  • Belajar sebanyak mungkin tentang penyebab infertilitas Anda dan pengobatannya.
    Langkah berikutnya yang sama pentingnya adalah mendeteksi hari-hari yang merupakan "jendela subur" Anda setiap siklus dalam satu bulan. Ingat bahwa dalam rangka untuk hamil, sperma harus sudah siap sedia menunggu di saluran telur Anda pada saat sel telur dilepaskan dari ovarium.

    Dan karena sperma hanya bisa bertahan selama 5 hari di dalam saluran reproduksi wanita, penting bagi Anda untuk dapat memprediksi kapan Anda akan berovulasi sehingga Anda dapat melakukan hubungan intim pada waktu yang tepat.

    Baca mengenai Waktu Terbaik Bercinta Agar Hamil


    Penutup

    Hal yang paling penting untuk Anda miliki agar bisa hamil apabila haid tidak teratur adalah kesabaran.
    Menstruasi yang tidak teratur bukan berarti Anda tidak berovulasi, hanya saja ovulasi Anda tidak teratur.
    Memiliki kesabaran akan membantu Anda lebih santai sambil terus mencoba untuk hamil.

    Menjalani program hamil dengan haid yang tidak teratur juga berarti bahwa Anda harus berhubungan intim lebih banyak, bukan hanya beberapa hari dalam sebulan. Hal ini tentunya akan menyenangkan, bukan?

    Anda membutuhkan semua dukungan dan pengetahuan sebanyak mungkin. Kami merekomendasikan Anda membaca buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil. Buku yang bagus buat Anda yang sulit hamil atau bermasalah dengan kesuburan.

    Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar tips cara memaksimalkan kesuburan pria dan wanita pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil.

    Semoga Anda sehat selalu!



    Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.