Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Penderita Kista Ingin Hamil, Bisakah?

Apakah kista bisa mempengaruhi kesuburan? Bisakah penderita kista hamil? Bagaimana peluang penderita kista untuk bisa hamil? Bagaimana cara hamil bagi penderita kista? Apa penyebab, gejala dan bagaimana penanganan kista? -

Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang terletak di ovarium Anda, yang secara alami dapat terjadi sebagai akibat dari siklus ovulasi Anda.

Dalam kebanyakan kasus, kista akan hilang dengan sendirinya dan tidak mempengaruhi kesuburan Anda.
Jika Anda sudah tahu bahwa Anda menderita kista dan Anda ingin hamil, Anda mungkin bertanya-tanya apakah kista bisa mempengaruhi kesuburan Anda atau tidak.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.
Penderita Kista Ingin Hamil, Bisakah?

Kista jarang menyebabkan kemandulan

Anda harus tahu bahwa kecil kemungkinannya penyebab kemandulan seorang wanita adalah kista.

Kista ini hanya kantung berisi cairan yang terletak di ovarium Anda. Wanita muda wajar memiliki kista karena kista adalah hasil dari siklus ovulasi.

Ketika folikel dimana telur Anda tumbuh tidak pecah ketika ovulasi terjadi, folikel itu akan berisi cairan dan akan membesar. Hal itu disebut kista fungsional dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.


Kapan kista jinak menjadi masalah?

Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, wanita mendapat suatu jenis kista yang dapat menyebabkan beberapa masalah bagi kesehatan. Kista fungsional bisa menyebabkan pendarahan dan berubah menjadi kista hemoragik yang menyebabkan rasa nyeri pada perut.

Kista dermoid juga mengandung kulit atau fragmen rambut, jadi memang ada beberapa kasus dimana kista perlu dihilangkan.

Jenis kista lain yang mungkin perlu diangkat dengan operasi disebut sebagai cystadenoma, yang terbentuk dari sel-sel yang menutupi bagian luar ovarium Anda. Biasanya kista ini tidak bersifat kanker.


Apa saja gejala kista ovarium?

Kista ovarium jarang menyebabkan gejala dan biasanya ditemukan melalui USG dalam pemeriksaan rutin. Kista biasanya menyusut dan hilang dengan sendirinya, sehingga kista normalnya lebih baik dibiarkan saja.

Namun, beberapa dokter mungkin menyarankan Anda untuk menjalani operasi, yang mana tidak selalu merupakan pilihan terbaik dalam setiap kasus kista.


Bisakah penderita kista hamil?

Jika Anda menderita kista, Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang apa pengaruhnya terhadap kesuburan Anda. Satu-satunya kasus di mana kista ovarium dapat menyebabkan masalah adalah jika mereka membengkok dan memotong suplai darah bagi kista itu sendiri.

Jika tindakan medis segera tidak diambil, kista bisa pecah dan menyebabkan sakit parah di bagian bawah perut dan membutuhkan rawat inap. Namun, hal ini terjadi sangat jarang.

Kista ovarium dapat mempengaruhi kesuburan Anda jika dokter memutuskan untuk mengangkat seluruh ovarium, sehingga mengorbankan fungsi ovarium Anda. Operasi hanya diperlukan jika kista sudah terlalu padat atau kompleks, atau diduga bisa menjadi kanker. Ini adalah kejadian langka yang jarang terjadi.

Mayoritas kista adalah kecil, jinak dan akan hilang dengan sendirinya.


Pilihan pengobatan kista

Biasanya, kista diangkat melalui operasi laparoskopi - yang bekerja dengan cara mengecilkan kista dan merusaknya, sehingga kista dapat diangkat melalui sayatan kecil.

Prosedur ini memungkinkan Anda untuk tetap menjaga jaringan ovarium Anda dan mempertahankan fungsi normal ovarium tersebut. Kista sebaiknya ditangani sebelum memulai program hamil, tapi ini tidak berarti Anda harus menjalani pembedahan. Operasi tidak baik untuk kesuburan Anda, terutama jika seluruh ovarium harus diangkat.


Intinya...

Jadi, kesimpulannya, kista tidak mempengaruhi kesuburan Anda, melainkan apabila Anda melakukan upaya putus asa dan sebenarnya tidak perlu untuk mengangkatnya.

Bertindaklah dengan hati-hati, dan konsultasikan dengan dokter Anda apakah kista masih bisa dibiarkan hilang dengan sendirinya sebagai solusi yang mungkin paling baik sehingga tidak membahayakan kesuburan Anda.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.