Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Manfaat Kelapa Muda Hijau Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah kelapa muda hijau dan airnya untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan - Air kelapa muda adalah minuman isotonik alami yang kaya akan nutrisi. Minuman ini kaya akan kandungan elektrolit, klorida, kalium, dan magnesium selain juga mengandung gula dalam jumlah sedang, natrium dan protein.

Air kelapa juga merupakan sumber serat makanan, mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin C yang baik.

Air kelapa muda membantu mencegah dehidrasi dan juga mengurangi kelelahan karena bisa mengganti cairan tubuh yang hilang akibat terlalu banyak berkeringat (misalnya habis olahraga).


Manfaat Kelapa Muda Hijau Untuk Ibu Hamil


Ada beberapa bukti bahwa air kelapa sangat membantu dalam membangun kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi ginjal, mencegah infeksi saluran kemih (ISK) dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Beberapa ibu hamil senang minum air kelapa karena dapat membantu meringankan morning sickness, sembelit dan perut kembung yang merupakan gejala umum selama kehamilan.

Air kelapa muda juga digunakan sebagai pencahar. Namun, air kelapa tua (matang) justru bisa menyebabkan sembelit dan gangguan pencernaan.

Kalau Anda mencari alternatif sehat lainnya untuk diminum selain air putih masak, air kelapa muda adalah pilhan yang sangat baik, bukannya soda atau bahkan jus kemasan yang mungkin mengandung bahan pengawet dan penyedap buatan. Minuman seperti itu hanya akan menambahkan kalori kosong ke tubuh Anda tanpa nutrisi.

Kalau Anda penggemar kopi, teh atau cola, gantikan dengan air kelapa selama Anda hamil.


Beberapa manfaat kelapa muda hijau untuk ibu hamil

Air kelapa muda menyegarkan dan sehat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman ini dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih, mengurangi resiko batu ginjal, mengurangi sembelit dan membantu untuk meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Kondisi-kondisi tersebut bisa cukup mengganggu ibu hamil jika tidak diatasi.

Minuman isotonik ini mengandung 95% air dan sedikit gula (pastikan Anda membeli air kelapa murni dan bukan kelapa kemasan). Jadi, minumlah air kelapa untuk membantu mencegah dehidrasi dan kelelahan pada saat hamil.

Kelapa merupakan sumber elektrolit kalium yang baik, yang mana merupakan nutrisi penting selama kehamilan. Kelapa juga mengandung magnesium, kalsium, dan berbagai vitamin lainnya.

Kelapa memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang baik sehingga mendukung fungsi kekebalan tubuh untuk membantu melindungi kesehatan Anda dan bayi selama masa kehamilan.

Beberapa penelitian juga menghubungkan kelapa dengan produksi hormon yang sehat, menjaga berat badan, kesehatan tulang, mengatasi kelelahan dan mengatasi radang pada sendi dan otot.

Kelapa juga membantu tubuh untuk memproduksi ASI yang sehat. Dr. Rosdiana Ramli mengatakan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan komposisi asam lemak pada ASI selama 1 sampai 3 hari (kenaikan maksimum terjadi selama 10 jam pertama).


Hal yang harus diperhatikan!

Walaupun banyak manfaat air kelapa muda, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
  • Jangan berlebihan. Air putih yang masak dan bersih adalah minuman utama Anda. Jangan sekali-kali menggantinya dengan air kelapa muda sebagai minuman sehari-hari.

  • Pilihlah kelapa yang masih hijau, segar, bersih dan pastikan Anda melihatnya dipotong di depan Anda.

  • Minum air kelapa segera setelah kelapa dipotong sehingga masih segar dan nutrisinya belum banyak hilang. Gunakan sedotan yang bersih atau tuangkan air kelapa ke dalam gelas.

  • Hentikan minum air kelapa jika Anda merasa tidak nyaman.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.