Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil

Beberapa manfaat buah manggis untuk ibu hamil.


Manggis adalah buah tropis yang berasal dari Thailand. Kulitnya tebal berwarna ungu dengan daging manis yang gurih.

Manggis adalah buah padat nutrisi yang mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil.

Namun, meskipun banyak manfaatnya, kami tidak menyarankan Anda untuk mengkonsumsi obat-obatan apapun yang terbuat dari ekstrak kulit manggis sebab hingga saat ini belum ada penelitian yang pernah dilakukan terhadap keamanan dari mengkonsumsi bubuk ekstrak kulit manggis bagi ibu hamil.

Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari buah manggis untuk ibu hamil:

Buah manggis mengandung folat

Satu cangkir buah manggis mengandung 61 mikrogram folat. Wanita dianjurkan mengkonsumsi sekitar 400 mikrogram folat setiap hari pada saat hamil maupun saat menjalani program hamil.

Folat sangat penting dalam mencegah cacat lahir tertentu dan penelitian membuktikan bahwa wanita yang mengkonsumsi folat dengan teratur pada saat hamil, resiko cacat lahir tulang belakang dan otak bayinya berkurang hingga sebesar 50 sampai 70 persen.

Folat juga bisa mengurangi resiko anak lahir dengan cacat lainnya, termasuk bibir sumbing dan cacat jantung tertentu.


Buah manggis mengandung mangan

Buah manggis merupakan sumber mineral mangan yang baik. Satu cangkir manggis memberikan sejumlah 0,2 miligram asupan mangan.

Ibu hamil membutuhkan asupan 2 miligram mangan perhari, yang mana dibutuhkan oleh bayinya untuk membentuk sistem kerangka dan tulang rawan.

Mangan yang terkandung pada manggis memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi sang ibu dan janinnya dari kerusakan sel.


Buah manggis mengandung vitamin C

Wanita hamil dan janinnya sama-sama membutuhkan vitamin C, dan satu cangkir manggis mengandung 5,7 miligram vitamin C.

Vitamin C menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan menurunkan risiko infeksi yang dapat merusak janin.

Vitamin C juga berperan penting dalam produksi kolagen, yaitu suatu senyawa yang bisa membuat kulit lebih elastis. Kolagen mutlak dibutuhkan oleh ibu hamil sebab kulitnya membentang seiring bertambahnya usia kehamilan dan semakin besarnya bayi yang sedang dikandung.


Buah manggis mencegah sembelit

Sebagian besar wanita hamil mengalami sembelit selama kehamilan mereka.

Makan buah manggis membantu meringankan sembelit karena manggis mengandung serat. Satu cangkir buah manggis mengandung 3,5 gram serat.

Ibu hamil membutuhkan sekitar 25 gram asupan serat per-hari untuk menangkal sembelit. Selain efektif untuk mengatasi sembelit, serat juga dapat mengurangi risiko komplikasi kehamilan lainnya, seperti preeklampsia.

Preeklampsia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan adanya tekanan darah tinggi akibat buruknya pola makan, faktor genetika atau masalah pada pembuluh darah.

Baca lebih lengkap tentang Preeklampsia dan Bahayanya.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.