Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Manfaat Bawang Putih Untuk Ibu Hamil

Manfaat makan bawang putih untuk ibu hamil.

Selain populer sebagai bumbu di seluruh belahan dunia, bawang putih juga dipakai sebagai bahan obat-obatan alami selama ribuan tahun.

Bawang putih terbukti ampuh untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi dan masalah sirkulasi darah lainnya.

Pertanyaannya, apa manfaat bawang putih khusunya untuk ibu yang sedang hamil? Apa resiko mengkonsumsi bawang putih pada saat hamil? Mari kita bahas.

Manfaat Bawang Putih Untuk Ibu Hamil

Kandungan bawang putih

Bawang putih mengandung alliin, yaitu sejenis asam amino sulfur yang dikonversi menjadi allicin. Allicin ini memiliki sifat antibiotik, penurun kolesterol, pengencer darah dan efek antioksidan.

Bawang putih adalah sumber makanan yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko kanker lambung dan kolorektal. Selain itu, bawang putih juga berfungsi melemaskan otot-otot halus, melebarkan pembuluh darah, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan penyerapan selenium dan mengurangi stres oksidatif.


Manfaat bawang putih untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil, bawang putih sangat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol.

Bawang putih berpotensi mengurangi kelelahan selama kehamilan, serta menghancurkan bakteri berbahaya, jamur dan virus. Sifat antimikroba bawang putih sangat bermanfaat sehingga telah digunakan sejak lama dalam bentuk salep kulit maupun suplemen yang diminum.

Bawang putih membantu dalam mengobati infeksi vagina, termasuk sindrom hipersensitivitas ragi dan kandidiasis kronis. Seperti halnya obat alami atau suplemen herbal lainnya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelummemutuskan untuk mengkonsumsi bawang putih, baik mentah maupun dalam bentuk suplemen.


Manfaat lainnya

Bawang putih juga dapat membantu mengatasi penyakit flu dan jantung.

Bawang putih bisa membantu mengobati infeksi pada telinga, kaki, penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi.

Penderita aterosklerosis, penyakit jantung, kolesterol tinggi, gangguan peredaran darah dan infeksi kulit, semuanya bisa mengambil manfaat dari khasiat pengobatan yang dimiliki bawang putih.

Bawang putih juga telah digunakan sejak dulu untuk mengatasi parasit, mengobati bisul dan mencegah atau mengobati kanker.


Dosis bawang putih pada saat hamil

Selain dalam bentuk bubuk atau utuh, bawang putih juga tersedia dalam bentuk suplemen ekstrak dan minyak esensial.

Masing-masing bentuk bawang putih tersebut mengandung sejumlah konstituen aktif yang berbeda-beda. Misalnya, bawang putih minyak esensial tidak mengandung allicin, tetapi bentuk bubuknya mengandung sejumlah kecil alliin.

Untuk memperoleh manfaat bawang putih selama kehamilan, konsumsilah 2 hingga 4 butir bawang putih segar setiap hari, atau minumlah 600 sampai 1.200 miligram ekstrak bawang putih setiap hari pada saat hamil.

Tanyakan kepada dokter Anda tentang dosis bawang putih yang tepat untuk Anda pada saat hamil, sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.


Yang harus diperhatikan

Sebagai sumber makanan alami dan rempah-rempah yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia, bawang putih sangat aman dikonsumsi selama kehamilan.

Namun, efek pengencer darah yang terdapat pada bawang putih dapat menyebabkan perdarahan yang tidak terkendali selama operasi atau proses persalinan normal.

Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang putih sebelum, selama atau setelah persalinan normal atau bedah caesar.

Bawang putih juga dapat berinteraksi negatif dengan obat tertentu, seperti contohnya insulin. Bawang putih dapat meningkatkan pelepasan insulin dan menurunkan kadar gula darah, serta mengurangi penyerapan yodium, sehingga beresiko menyebabkan hipotiroidisme.

Selama Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan, bawang putih bukan hanya tidak akan menyebabkan bahaya, tapi juga akan memberi manfaat yang luar biasa bagi ibu hamil.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.