Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Khasiat Terong Untuk Kesuburan

Manfaat dan khasiat terong untuk kesuburan dan program hamil -

Mengapa terong adalah bahan makanan yang baik untuk meningkatkan kesuburan terutama bagi pasangan yang ingin cepat hamil? Bagamana tips memilih dan menghidangkan terong?

Tahukah Anda bahwa terong sebenarnya masuk dalam klasifikasi buah berry? Meskipun demikian, tidak seperti buah-buahan berry pada umumnya, terong tidaklah manis, sebab tanaman terong masih kerabat dekat dengan tembakau dan kandungan alkaloid nicotinoid (bahan kimia alami) pada terong memberikan sedikit rasa pahit.

Terong dimanapun, termasuk di Indonesia, dianggap sebagai sayuran, bukan buah.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Khasiat Terong Untuk Kesuburan

Khasiat terong untuk kesuburan

Terong mengandung antioksidan yang disebut nasunin yang banyak terdapat pada kulitnya yang berwarna ungu.

Nasunin berkhasiat untuk melindungi membran sel otak dari kerusakan dan juga sangat membantu dalam meningkatkan kesuburan. Terong juga mengandung asam klorogenat, yaitu antioksidan kuat yang memberi efek anti-kanker, anti-mikroba dan anti-viral.
Semua kandungan nutrisi tersebut membuat terong sangat baik dalam membantu proses pembuahan, yang mana sangat penting bagi Anda yang ingin segera hamil.
Kulit terong mengandung banyak serat yang larut. Serat sangat penting dalam menu makanan sehari-hari. Asupan serat sangat membantu untuk menjaga perut Anda tetap sehat serta mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Serat juga mengatur nutrisi makanan yang diserap ke dalam aliran darah.

Terong juga merupakan sumber makanan yang banyak mengandung mangan, mineral yang membantu untuk mengaktifkan banyak enzim dalam tubuh. Enzim yang aktif ini pada gilirannya akan membantu sejumlah reaksi kimia yang sangat penting untuk terjadinya pembuahan.


Kandungan kalium dan folat dalam terong

Dua nutrisi penting lain yang terkandung dalam terong adalah kalium dan folat.

Folat sangat penting untuk mengurangi resiko cacat tabung saraf (seperti spina bifida) pada janin dalam rahim.

Kalium membantu untuk mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh, serta mendukung transmisi impuls saraf. Rendahnya kandungan kalium dalam tubuh berdampak negatif terhadap kesuburan dan proses pembuahan.
Sangat penting bagi Anda dan pasangan Anda untuk mengkonsumsi cukup kalium jika Anda sedang menjalankan program hamil.

Tips menghidangkan terong

  • Usahakan untuk tidak menghancurkan biji-biji kecil yang terdapat dalam terong, sebab biji-biji terong mengandung banyak nutrisi penting. Kalau memang terong harus dihancurkan, gunakan sendok atau garpu, jangan blender.
  • Terong yang ukurannya kecil malah seringkali rasanya tidak terlalu pahit.
  • Untuk mengurangi rasa pahit, Anda bisa merendam terong dalam air dingin sebelum dimasak. Taburkan sedikit garam pada terong yang sudah dipotong-potong, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.
Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar strategi cara cepat hamil dan tips memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.