Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Kehamilan Kosong: Pengertian, Penyebab dan Tanda-Tandanya

Apa yang dimaksud kehamilan kosong atau blighted ovum? Apa penyebabnya? Bagaimana gejala dan tanda-tanda kehamilan kosong? -

Kehamilan kosong, atau biasa juga disebut blighted ovum, terjadi apabila sel telur yang telah dibuahi, tertanam di rahim namun gagal berkembang menjadi embrio. Kehamilan kosong seringkali disebabkan adanya kelainan kromosom.

Kehamilan kosong biasanya terjadi pada beberapa minggu pertama usia kehamilan, seringkali bahkan sebelum wanita yang bersangkutan tahu bahwa dirinya "hamil". Namun, ia akan mengalami tanda-tanda awal kehamilan seperti biasa, contohnya telat datang bulan.

Dan apabila ia melakukan tes, maka hasilnya akan positif hamil. Hal ini terjadi karena plasenta mengeluarkan hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (HCG), yaitu salah satu hormon kehamilan.

Ia juga mungkin akan mengalami gejala awal kehamilan, seperti misalnya payudara nyeri. Tapi pada saat plasenta berhenti tumbuh dan kadar hormon mulai menurun, gejala kehamilan pun ikut mereda. Pada titik ini, mungkin ia akan mengalami kram perut ringan dan sedikit bercak atau perdarahan. Tes USG akan menunjukkan rahim yang kosong. Itulah sebabnya disebut kehamilan kosong.

Kehamilan kosong mau tidak mau akan menghasilkan keguguran.

Beberapa wanita memilih untuk menunggu keguguran terjadi secara alami, sementara wanita yang lain mungkin akan mengkonsumsi obat untuk mempercepat keguguran. Dalam beberapa kasus, prosedur yang disebut sebagai "kuret" akan dilakukan untuk mengangkat jaringan plasenta.

Kebanyakan wanita yang pernah mengalami kehamilan kosong, tetap bisa hamil lagi dengan sukses dan normal. Jika Anda mengalami beberapa kali keguguran berturut-turut, Anda perlu melakukan pengujian untuk mengidentifikasi adanya penyebab medis yang mendasari.


Penyebab kehamilan kosong (blighted ovum)

Kehamilan kosong seringkali disebabkan karena adanya masalah dengan kromosom.

Kemungkinan penyebabnya adalah, sperma suami atau sel telur istri yang berkualitas rendah. Atau bisa juga terjadi karena pembelahan sel yang abnormal.

Apapun penyebabnya, tubuh Anda akan berhenti memproses kehamilan ini karena tubuh Anda "mengenali" adanya kelainan tersebut.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa keguguran akibat kehamilan kosong ini bukan salah Anda dan Anda hampir tidak bisa melakukan apapun untuk mencegahnya. Bagi kebanyakan wanita, kehamilan kosong atau blighted ovum terjadi hanya satu kali.


Tanda-tanda kehamilan kosong

Walaupun Anda mengalami kehamilan kosong, Anda akan mengalami tanda-tanda kehamilan normal. Contohnya, tes kehamilan yang positif atau terlambat menstruasi.

Lalu Anda akan mulai mengalami tanda-tanda keguguran, seperti:
  • Kram perut.
  • Bercak atau perdarahan pada vagina.
  • Haid yang terasa lebih berat dari biasanya.
Jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda tersebut, Anda mungkin akan mengalami keguguran. Tapi tidak semua perdarahan pada trimester pertama akan berakhir dengan keguguran. Langkah yang terbaik adalah segera hubungi dokter Anda.


Mendeteksi kehamilan kosong

Jika Anda mengira kehamilan Anda normal, Anda tidak sendirian. Banyak wanita yang mengalami kehamilan kosong, berpikir bahwa kehamilan mereka normal karena kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) mereka naik.

Plasenta menghasilkan hormon hCG ini setelah implantasi. Pada kehamilan kosong, kadar hormon hCG ini juga naik karena plasenta terus tumbuh sampai batas waktu tertentu, bahkan walaupun tanpa embrio.

Karena alasan itulah, maka dibutuhkan tes USG untuk mendiagnosis kehamilan kosong guna mengkonfirmasi secara visual bahwa kantung kehamilan memang kosong.


Apa yang terjadi setelah keguguran?

Jika Anda terdiagnosis mengalami kehamilan kosong, diskusikan dengan dokter Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya. Beberapa wanita memilih kuret. Ini berarti mengangkat isi rahim yang sudah tidak diperlukan.

Pilihan lainnya adalah dengan mengkonsumsi obat seperti misoprostol. Namun, akan diperlukan waktu beberapa hari bagi tubuh Anda untuk mengeluarkan semua jaringan yang tidak berguna. Dengan mengkonsumsi obat ini, Anda mungkin mengalami lebih banyak perdarahan dan efek samping.

Apapun pilihan yang Anda ambil, Anda mungkin mengalami rasa nyeri atau kram.

Beberapa wanita lainnya lebih memilih untuk membiarkan tubuhnya sembuh secara alami.



Kapan Anda bisa hamil lagi setelah mengalami kehamilan kosong?

Beberapa ahli menyarankan untuk menunggu hingga Anda menstruasi, yang kemungkinan akan terjadi 4-6 minggu setelah Anda mengalami keguguran akibat kehamilan kosong. Anda mungkin harus menggunakan alat kontrasepsi sementara Anda menunggu, sebab Anda mungkin sudah mulai berovulasi dua minggu setelah Anda mengalami keguguran.

Setelah itu, bebas. Bahkan salah satu penelitian menunjukkan bahwa wanita yang hamil lagi dalam waktu enam bulan setelah mereka mengalami keguguran, peluangnya sangat baik untuk hamil dengan sehat tanpa masalah.

Kehamilan mereka sehat dan resiko mereka mengalami keguguran lagi atau mengalami kehamilan ektopik, lebih rendah dibanding wanita yang menunda kehamilan hingga 12 bulan setelah keguguran pertama mereka.

Namun, walaupun Anda secara fisik siap untuk hamil lagi, Anda mungkin belum merasa siap secara emosional. Semuanya tergantung Anda.

Apakah satu kali keguguran akan menyebabkan keguguran lainnya?

Tidak demikian.

Para ahli tidak menganggap satu kali keguguran sebagai tanda adanya sesuatu yang salah dengan Anda atau pasangan Anda. Kebanyakan dokter baru akan melakukan tes darah khusus atau tes genetika untuk melihat adanya masalah, apabila Anda keguguran hingga dua atau tiga kali berturut-turut.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan ibu hamil, simak ulasan kami tentang buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.