Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Ingin Cepat Hamil Lagi Setelah Keguguran? Baca ini!

Artikel ini berisi penjelasan dan tips cara cepat hamil lagi setelah keguguran -

Jika Anda baru saja mengalami keguguran, Anda mungkin ragu-ragu untuk langsung memulai program hamil lagi, atau bisa jadi Anda malah depresi dan untuk sementara dan belum berpikir untuk memiliki anak.

Jika demikian, Anda perlu serius mengevaluasi kondisi Anda. Baca terus artikel ini untuk mengetahui kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk hamil lagi setelah keguguran, dan bagaimana Anda dapat mempersiapkan diri Anda untuk dapat mengandung bayi yang sehat.

Tips bagi yang ingin cepat hamil lagi untuk kedua kalinya setelah keguguran, tidaklah jauh berbeda dibanding kehamilan pertama. Anda harus berhubungan intim dekat dengan hari ovulasi atau berupaya melakukannya setiap hari menjelang hari ovulasi Anda tersebut.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Ingin Cepat Hamil Lagi Setelah Keguguran

Tentu saja, sehat secara fisik belum tentu Anda sudah siap secara mental, terlebih lagi mengingat kondisi Anda setelah keguguran. Tentu saja Anda ingin hamil lagi bukan hanya sekedar untuk menggantikan kehamilan pertama yang gagal.

Perhatikan hasil penelitian terbaru yang melibatkan lebih dari 30 ribu orang wanita hamil yang sebelumnya mengalami keguguran:

Secara keseluruhan penelitian itu menyatakan, wanita yang hamil dalam kurun waktu enam bulan sejak keguguran memiliki hasil yang lebih baik dan resiko komplikasi yang lebih rendah dibanding rekan-rekan mereka yang memutuskan untuk menunda hamil lagi setelah keguguran.
Wanita yang menunda hingga dua tahun untuk hamil lagi setelah keguguran, memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami kehamilan ektopik yang berpotensi mengancam nyawa dan/atau keguguran untuk kedua kalinya.
Wanita-wanita ini juga lebih beresiko untuk terpaksa menjalani persalinan melalui operasi caesar, melahirkan bayi prematur atau melahirkan bayi dengan berat lahir yang rendah.

Penelitian ini mengikutsertakan wanita yang mengalami keguguran pada akhir dan awal usia kehamilan mereka, dan ternyata ditemukan bahwa tidak jauh beda apakah keguguran terjadi pada awal atau pada akhir usia kehamilan.

Meskipun demikan, ada beberapa sub kelompok wanita yang mungkin terpaksa harus menunda lebih lama sebelum mencoba hamil lagi, yaitu wanita menunjukkan tanda-tanda infeksi atau komplikasi lainnya.


Kapan waktu terbaik untuk cepat hamil lagi setelah keguguran?

Waktu yang tepat untuk mencoba hamil lagi setelah Anda mengalami keguguran tidak bisa dipastikan dengan tepat, berapa minggu, berapa bulan, atau berapa periode menstruasi.

Waktu yang tepat tersebut tergantung pada pikiran dan tubuh Anda ditambah aspek-aspek lain seperti seberapa tua usia kehamilan Anda ketika Anda keguguran, dan juga faktor medis yang menyebabkan keguguran tersebut, jika ada.

Banyak pasangan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih secara emosional, terutama jika mereka keguguran pada saat hamil tua. Biasanya mereka perlu melewati beberapa tahapan pemulihan emosional, seperti penolakan, sedih, marah, berduka, dll.

Namun, menurut dr. Rosdiana Ramli, sebaiknya Anda menunda selama 2 atau 3 siklus menstruasi atau bahkan 6 bulan setelah keguguran, sehingga tubuh Anda sepenuhnya pulih dan siap untuk mengandung bayi baru. Jika harus mencoba lagi dalam waktu dekat setelah keguguran, mungkin saja Anda belum begitu tertarik dengan aktivitas seksual pada saat ini.

Bagaimana cara cepat hamil lagi setelah keguguran?

1. Memulihkan diri setelah keguguran

Efek keguguran yang Anda alami seperti pendarahan vagina, kram perut dan payudara membesar, semuanya mungkin membuat Anda merasa sengsara dan trauma.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memulihkan kembali tubuh agar sehat sehingga memperbesar peluang Anda untuk hamil secara sehat juga.

Untuk mempersiapkan kondisi tubuh sesehat mungkin sebelum mencoba hamil lagi, Anda harus melakukan hal-hal berikut:
  • Istirahat; Istirahat penting, baik mengistirahatkan organ reproduksi Anda maupun dan mengistirahatkan tubuh Anda dengan memperbanyak tidur akan memberikan kontribusi bagi kesehatan mental Anda. Banyak makan makanan bergizi dan cukup tidur akan membuat tubuh Anda untuk pulih dengan lebih cepat dan memungkinkan Anda untuk memulai kembali rencana memiliki bayi dalam jangka waktu yang wajar dan aman.
  • Lindungi diri Anda dari infeksi; Dokter biasanya akan menyarankan agar Anda tidak memasukkan sesuatu apapun ke dalam vagina Anda selama minimal 2 hingga 4 minggu. Hal ini mengurangi kemungkinan infeksi, yang mana akan buruk bagi Anda jika Anda merencanakan untuk segera hamil lagi. Hindari berenang dan berhubungan intim minimal selama sebulan, karena itu adalah sumber-sumber infeksi.
  • Mengkonsumsi obat resep jika perlu; Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk Anda termasuk antibiotik, vitamin khusus atau bahkan antidepresan jika diperlukan. Obat-obat ini dapat memperbesar peluang Anda untuk cepat hamil setelah keguguran. Anda tidak seharusnya berhenti mengkonsumsi obat-obatan tersebut kecuali jika dokter mengatakan demikian. Beberapa obat dapat menimbulkan efek samping jika tiba-tiba dihentikan pemakaiannya.
  • Olahraga ringan dan menghindari olahraga berat; Olahraga ringan sangat disarankan untuk dilakukan dalam situasi apapun, tidak terkecuali dalam kondisi Anda saat ini. Ya, Anda perlu istirahat, tapi itu tidak berarti terus berbaring di tempat tidur sepanjang waktu. Banyaklah berjalan, tapi jangan dulu melakukan jogging jarak jauh kecuali jika dokter telah mengatakan bahwa Anda siap. Jangan melakukan olahraga berat sampai Anda benar-benar kembali ke kondisi normal.

2. Konsumsi vitamin prenatal

Mengkonsumsi vitamin prenatal, terutama asam folat, tidak hanya akan mengurangi resiko keguguran lagi, tetapi juga mencegah kelainan pada bayi. Penelitian telah menemukan bahwa wanita yang dengan kandungan asam folat yang rendah memiliki resiko lebih besar untuk melahirkan bayi dengan cacat kromosom dan keguguran.


3. Menjalani gaya hidup sehat

  • Menjaga pola makan yang sehat. Makan buah-buahan dan sayuran segar adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi resiko keguguran hingga 50 persen.
  • Hentikan kebiasaan berbahaya. Hentikan atau kurangi asupan kafein, nikotin, heroin atau obat-obatan terlarang lainnya untuk menjaga diri tetap sehat. Merokok dan konsumsi alkohol adalah terlarang sama sekali. Anda tahu itu tidak baik untuk Anda, berarti itu tidak baik pula bagi bayi Anda.
  • Kurangi stres. Kedengarannya mudah, namun pada kenyataannya tidak semudah itu. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stress. Ambillah cuti, rekreasi di suatu tempat yang tenang, bacalah buku atau menonton film favorit Anda. Jangan lakukan aktivitas fisik yang berat, cukup dengan berjalan-jalan dan bersantai.

4. Jalani kehidupan seksual yang sehat

Kehidupan seks yang sehat benar-benar berpengaruh positif  bagi Anda yang ingin cepat hamil lagi setelah keguguran. Gairah Anda mungkin menurun seiring peristiwa keguguran yang Anda alami, tetapi harapan akan kehamilan baru biasanya menghidupkan gairah itu kembali. Berhubungan intim dengan rutin tiga kali seminggu akan memastikan Anda dan pasangan Anda melakukannya di waktu tersubur Anda. Pedomannya adalah, 4 hari sebelum dan pada hari ovulasi adalah saat tersubur Anda.


5. Konsultasi dengan dokter Anda

Buatlah janji temu dengan dokter Anda untuk berkonsultasi tentang kehamilan, keguguran dan masa depan Anda. Tanyakan tentang kemungkinan untuk segera hamil lagi, dan apa saja yang dapat Anda lakukan untuk memperbesar peluang tersebut. Buatlah terlebih dahulu daftar pertanyaan yang ingin Anda ajukan. Bahaslah semua masalah medis yang Anda atau keluarga miliki, seperti diabetes, masalah jantung, gangguan ginjal dan obat-obatan yang biasanya Anda konsumsi secara teratur.


6. Lakukan tes

Dokter Anda bisa menjalankan serangkaian tes untuk menentukan faktor medis yang mendasari keguguran Anda.


Kapan waktu yang tepat untuk menemui dokter spesialis?

Ada kalanya dokter akan merujuk pasien ke dokter spesialis, biasanya sebelum hamil untuk ketiga kalinya.

Seringkali setelah dua kali keguguran, Anda dan dokter Anda baru benar-benar serius berusaha mencari faktor-faktor lain yang perlu dikhawatirkan.

Kuantitas dan kualitas kromosom yang abnormal merupakan penyebab umum yang mendasari keguguran awal, demikian juga dengan faktor usia (terutama apabila usia Anda di atas 35 tahun).

Obesitas dan diabetes adalah dua faktor lain yang sering menjadi penyebab sulitnya untuk memiliki kehamilan yang sukses. Sebagian besar pasangan biasanya hanya menderita ketidaksuburan umum yang dapat ditangani dengan perawatan tertentu.

Perawatan kesuburan tersebut lebih sering sukses daripada tidak.

Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar tips cara memaksimalkan kesuburan pria dan wanita pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.