Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Cepat Hamil Setelah Berhenti KB Suntik, Bisakah?

Bagaimana cara cepat hamil setelah stop KB suntik? -

Di seluruh dunia ada lebih dari 10 juta wanita yang sedang menggunakan KB untuk mencegah dirinya hamil.

Beberapa jenis KB memang efektif, namun ada jenis KB yang akan membutuhkan waktu lebih lama bagi wanita untuk memulihkan kesuburan mereka pada saat mereka sudah siap untuk hamil.

Salah satu metode KB yang efeknya bertahan cukup lama dalam tubuh manusia adalah KB suntik. Ini adalah jenis kontrasepsi jangka panjang yang disuntikkan sekali setiap tiga bulan untuk mencegah kehamilan.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Cara Cepat Hamil Setelah Berhenti KB Suntik

1. Kelebihan KB Suntik

KB suntik adalah pilihan yang baik untuk mencegah kehamilan bagi sebagian wanita.

Jenis KB ini tahan lama dan telah terbukti 99% efektif dalam mencegah kehamilan. KB suntik juga tidak begitu merepotkan karena Anda hanya perlu suntik sebanyak empat kali dalam setahun dan tidak harus mengkonsumsi pil setiap hari.


2. Kekurangan KB suntik

Salah satu kekurangan tentang KB suntik yang paling nyata adalah bahwa efek KB ini masih akan bertahan cukup lama dalam tubuh wanita setelah ia berhenti menggunakannya.
Sulit untuk menentukan berapa lama tepatnya waktu yang dibutuhkan bagi KB ini untuk hilang sama sekali dari sistem tubuh wanita karena karakteristik setiap wanita berbeda.
Masalah lain yang banyak ditemui wanita yang telah melakukan KB suntik adalah siklus menstruasinya menjadi tidak teratur.

Hal itu membuatnya sulit untuk memprediksi kapan mereka berovulasi sehingga sulit menentukan kapan sebaiknya mereka berhubungan intim.


3. Efek samping KB suntik

Beberapa wanita yang menggunakan KB suntik dalam jangka waktu sangat lama, bisa berhenti mendapatkan menstruasi.

Walaupun telat haid biasanya adalah salah satu tanda kehamilan paling awal, namun bagi wanita yang menggunakan KB suntik hal ini bisa berarti adanya masalah, terutama jika sekarang Anda sudah siap untuk hamil.

Efek dari KB suntik bisa menyulitkan Anda untuk menghitung waktu kapan Anda akan berovulasi, itulah sebabnya sulit untuk mengetahui kapan sebaiknya Anda berhubungan intim.
Efek dari satu kali suntikan bisa bertahan hingga delapan bulan. Lebih lama daripada apa yang Anda kira, bukan?
Anda tidak akan berovulasi sampai efek KB suntik sepenuhnya hilang dari sistem tubuh anda.


4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk hamil setelah berhenti KB suntik?

Setelah berhenti menggunakan KB suntik, maka butuh waktu rata-rata sekitar 4 sampai 10 bulan untuk bisa hamil.
Bahkan, bisa memakan waktu hingga dua tahun sejak suntikan terakhir diberikan agar tubuh Anda kembali ke kondisi awal seperti ketika belum pernah disuntik KB sama sekali.

Jadi kesimpulannya, empat bulan setelah berhenti disuntik peluang Anda akan mulai membesar.
Kemudian butuh waktu hingga dua tahun agar peluang Anda benar-benar sama seperti saat Anda belum disuntik KB sama sekali.
Yang perlu diketahui adalah, seberapa lama Anda menggunakan KB suntik tidak berpengaruh besar terhadap berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi tubuh Anda untuk bisa hamil setelah berhenti disuntik KB.
Walaupun Anda hanya disuntik satu kali, efeknya bertahan sama seperti mereka yang sudah menjalani KB suntik selama bertahun-tahun.


5. Bisakah proses menghilangkan efek KB suntik dipercepat?

Tidak ada hal yang benar-benar bisa dilakukan untuk mempercepat proses menghilangkan efek KB suntik dari dalam tubuh wanita.

Sederhananya, yang harus Anda lakukan adalah menunggu.
Berapa lama? Dr. Rosdiana Ramli mengatakan, mungkin wanita yang berhenti menggunakan KB suntik perlu menunggu sekitar 18 bulan untuk bisa hamil.
Kalau Anda ingin memiliki anak, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah segera menghentikan penggunaan KB suntik jauh sebelum Anda memulai program hamil. Dengan demikian, tubuh Anda punya waktu yang cukup lama untuk memulihkan diri dan kembali ke kondisi normalnya.


6. Apa yang bisa Anda lakukan sambil menunggu?

Jika Anda saat ini sedang menggunakan KB suntik dan berencana untuk segera hamil, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai kapan waktu terbaik untuk berhenti menggunakannya. Sementara itu, Anda juga harus mulai melakukan perubahan gaya hidup.

Misalnya, Anda harus mulai makan makanan yang sehat dan mempertahankan gaya hidup sehat sehingga tubuh Anda akan berada dalam kondisi yang tepat untuk hamil. Anda juga harus mencoba untuk menurunkan berat badan dan berolahraga agar tetap bugar serta menjauhi stress..
Banyak bukti yang menunjukkan bahwa gaya hidup yang buruk dapat secara signifikan menurunkan peluang wanita untuk bisa hamil.
Hal lain yang perlu Anda biasakan adalah, mencoba mempelajari cara untuk melacak siklus ovulasi Anda. Dengan demikian, Anda akan tahu apakah ovulasi Anda teratur atau tidak dan Anda akan tahu kapan waktu terbaik untuk berhubungan intim.


7. Bagaimana jika masih mengalami masalah?

Jika Anda mengalami masalah dan tetap sulit hamil, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Dokter Anda mungkin akan memutuskan bahwa Anda harus mengkonsumsi obat kesuburan seperti Clomid untuk membantu mengatur siklus menstruasi Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

Dokter juga dapat memeriksa apakah ada masalah lain yang mungkin menjadi penyebab masalah kesuburan yang membuat Anda sulit untuk hamil.

Jika Anda masih saja mengalami masalah setelah Anda mengkonsumsi Clomid, dokter Anda mungkin akan menambah dosisnya atau meresepkan obat kesuburan yang lain.


8. Kesimpulan

KB suntik sangat membantu ketika Anda ingin mencegah kehamilan. Namun, bagi Anda yang saat ini sedang berusaha untuk hamil setelah berhenti menggunakan KB suntik, Anda terpaksa harus menunggu hingga efek kontrasepsi ini benar-benar hilang dari tubuh Anda.

Saran terbaik adalah, Anda harus merencanakan kehamilan Anda jauh lebih awal sehingga Anda tahu kapan waktu terbaik untuk berhenti melakukan KB suntik.

Dengan demikian, Anda bisa memberikan kesempatan bagi tubuh Anda untuk pulih dari efek KB suntik sambil Anda melakukan perubahan-perubahan gaya hidup seperti yang sudah kami kemukakan di atas untuk meningkatkan kesuburan dan peluang Anda untuk bisa cepat hamil.

Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar tips cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.