Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Cara Meningkatkan Hormon Testosteron Secara Alami

Tips cara meningkatkan kesuburan pria dalam program hamil dengan meningkatkan hormon testosteron -

Untuk memperbesar peluang suksesnya program hamil Anda, suami juga perlu menjaga dan meningkatkan kesuburannya. Salah satu yang berperan penting dalam hal perawatan kesuburan pria adalah meningkatkan hormon testosteron alias hormon kejantanannya.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Cara Meningkatkan Hormon Testosteron Secara Alami

Untuk meningkatkan hormon testosteron sebenarnya mudah, cukup dengan melihat dan memperbaiki kebiasaan Anda sehari-hari.

Seorang pria perlu melakukan beberapa perubahan kebiasaan berikut ini agar bisa meningkatkan kadar hormon testosteron dalam dirinya:

1. Cukup istirahat

Pria dengan kadar testosteron rendah biasanya kurang tidur.
Kekurangan tidur membawa dampak negatif terhadap berbagai hormon dan kandungan kimiawi dalam tubuh Anda. Hal ini pada gilirannya akan membawa dampak yang merugikan pada testosteron Anda.

Jadikanlah tidur yang berkualitas sebagai salah satu prioritas Anda sehari-hari. Usahakan tidur cukup selama 7-8 jam setiap malam. Ini penting, bahkan jika itu harus mengorbankan waktu Anda untuk menonton televisi atau pertandingan sepakbola klub kesayangan Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan tidur malam, cari bantuan medis. Ini penting.


2. Dapatkan berat badan ideal

Pria yang obesitas atau kelebihan berat badan, testosteronnya rendah.
Kalau Anda kegemukan, usahakan untuk mengurangi berat badan. Dengan demikian Anda berpeluang untuk meningkatkan testosteron Anda kembali.

Demikian juga dengan pria yang terlalu kurus. Anda harus berusaha menambahkan beberapa kilogram sehingga Anda bisa merasakan efek positif dari sehatnya kadar hormon testosteron dalam tubuh Anda.


3. Tetap aktif

Kadar testosteron Anda menyesuaikan dengan kebutuhan fisik Anda.
Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda berbaring di sofa atau bermalas-malasan di tempat tidur, otak Anda akan otomatis berpikir bahwa Anda tidak membutuhkan banyak hormon untuk membantu kinerja tulang dan otot.

Tapi, apabila Anda aktif secara fisik, otak Anda akan mengirimkan sinyal untuk memproduksi hormon lebih banyak lagi.

Lakukan latihan-latihan berikut untuk meningkatkan testosteron dalam tubuh Anda:
  1. Berjalan cepat setidaknya 10 sampai 20 menit sehari.
  2. Lakukan latihan beban dengan pelatih fisik berpengalaman.
  3. Jangan latihan berlebihan. Latihan secara berlebihan dapat menurunkan kadar testosteron Anda.

4. Hindari stress

Jika Anda selalu berada dalam kondisi stress, tubuh Anda memproduksi lebih banyak hormon stress kortisol. Ketika hal itu terjadi, maka produksi hormon testosteron justru berkurang.
Jadi, menghindari stress sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan testosteron Anda. Berikut saran dari kami untuk mengurangi stress:
  1. Jangan bekerja terlalu lama. Jika Anda harus lembur, jangan lebih dari 10 jam perhari atau kurang.
  2. Luangkan waktu 2 jam perhari untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai atau hobi Anda, seperti membac atau mendengarkan musik.

5. Waspadai obat-obatan yang Anda konsumsi

Beberapa jenis obat-obatan dapat menyebabkan penurunan tingkat testosteron.
Obat-obatan tersebut antara lain:
  1. Obat opioid seperti fentanil, MS Contin, dan OxyContin
  2. Obat glukokortikoid seperti prednisone.
  3. Anabolic steroids yang sering digunakan untuk membangun otot dan meningkatkan kinerja atlet binarawagan.
Anda tidak harus berhenti mengkonsumsi obat-obatan. Yang kami sarankan adalah Anda mengkonsultasikannya dengan dokter Anda atau praktisi kesuburan.

Jika Anda khawatir bahwa tingkat testosteron Anda mungkin rendah, diskusikan obat-obatan yang Anda konsumsi dengan dokter Anda untuk memastikan bahwa obat-obat tersebut tidak masalah, atau menggantinya dengan jenis lain jika diperlukan.


6. Jangan cepat percaya iklan suplemen penambah kejantanan

Meskipun dewasa ini banyak iklan obat-obatan atau suplemen yang menjanjikan peningkatan testosteron, kemungkinan besar Anda tidak akan menemukan satupun suplemen yang benar-benar memberi hasil sebaik hasil yang akan Anda dapatkan jika Anda berusaha secara alami,

Tubuh Anda secara alami memproduksi hormon DHEA yang dapat dirubah menjadi testosteron. DHEA juga tersedia dalam bentuk suplemen. Tapi para ahli kesuburan tidak begitu menyarankan konsumsi suplemen DHEA karena hasil yang diberikan tidak terlalu mujarab dalam hal meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh Anda.

Jika Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.