Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Naik Sepeda Motor?

Beberapa resiko naik sepeda motor untuk ibu hamil. Amankah ibu hamil naik sepeda motor?


Mungkin sehari-hari Anda naik sepeda motor dan sekarang pada saat hamil, Anda bertanya-tanya apakah aman untuk ibu hamil untuk tetap naik sepeda motor?

Selain bahaya yang terkait dengan kecelakaan lalu lintas, kita akan membahas adanya risiko lain yang menjadi alasan mengapa ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk naik sepeda motor.

Amankah ibu hamil naik sepeda motor? Jawaban kami: Tidak.




Naik sepeda motor sudah menyimpan resiko yang tidak aman meskipun Anda tidak hamil. Apalagi sekarang pada saat hamil, maka jauh lebih tidak aman lagi. Cedera parah lebih memungkinkan terjadi pada korban kecelakaan lalu lintas yang mengendari sepeda motor.

Mungkin ketika belum hamil, Anda cukup mengenakan helm. Namun pada saat hamil, helm tidak cukup untuk melindungi Anda sebab resiko terjatuh dari sepeda motor dan terbentur pada perut Anda tidak bisa dilindungi dengan helm terkuat sekalipun.

Dengan memaksakan diri naik sepeda motor pada saat hamil, Anda meresikokan kehamilan dan bayi Anda. Apapun alasannya.

Anda bisa saja mengendarai sepeda motor dengan sangat aman dan menaati semua rambu lalu lintas, namun tetap saja Anda beresiko lebih besar untuk mencederai diri dan bayi Anda.

Sebab walaupun Anda sudah bertindak seaman mungkin, orang lain belum tentu.

Dan sepeda motor bukanlah kendaraan yang aman. Sedikit saja senggolan bisa membuat Anda terjatuh dan keguguran.


Getaran dan polisi tidur

Getaran sepeda motor, gundukan, polisi tidur atau jalanan rusak akan mengguncang perut Anda dan itu tidak baik bagi bayi dalam kandungan Anda. Jadi, bahkan walaupun Anda tidak mengalami kecelakaan, naik sepeda motor tetap saja tidak baik untuk bayi Anda terutama jika kehamilan Anda masuk dalam kategori "kehamilan berisiko tinggi".


Mengapa mengambil risiko yang tidak perlu?

Lagipula, mengapa begitu sulit mengambil keputusan untuk melindungi jabang bayi Anda dengan tidak naik sepeda motor? Anda bisa memilih banyak jenis kendaraan lain yang lebih aman. Bahkan becak jauh lebih aman daripada sepeda motor. Mengapa harus mengambil risiko yang tidak perlu?

Anda masih bisa naik sepeda motor nanti, ketika bayi Anda sudah lahir. Untuk saat ini, sepeda motor bukanlah pilihan kendaraan yang aman untuk Anda.


Kalaupun Anda "harus" naik sepeda motor

Kalaupun ternyata Anda memang harus naik sepeda motor karena suatu keperluan, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut.

  • Cobalah untuk membuat perjalanan Anda sesingkat mungkin.
  • Hindari jalan raya.
  • Berkendara dengan pelan, perhatikan kecepatan.
  • Hindari gundukan dan lubang.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.