Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

Bolehkah ibu hamil minum kopi? Berapa gelas kopi atau berapa dosis kafein perhari yang aman untuk diminum pada saat hamil?

Ya, pada dasarnya secangkir kopi perhari masih cukup aman untuk diminum pada saat hamil.

Hanya saja, pastikan Anda tidak berlebihan minum kopi dalam satu hari, apalagi mengingat kondisi Anda yang sedang hamil. Batas maksimal dosis kafein yang masih aman untuk ibu hamil adalah sekitar 200 mg perhari. Jumlah itu sama dengan sekitar dua cangkir kopi instan, atau satu cangkir kopi murni.


Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?


Kalau Anda rutin mengasup kafein lebih dari 200 mg perhari pada saat hamil, Anda berisiko lebih besar untuk mengalami keguguran atau bayi Anda lahir dengan berat badan yang rendah. Apabila bayi Anda lahir dengan berat badan yang kurang sehat, maka ia berisiko menderita berbagai masalah kesehatan ketika besar nanti.

Batas 200 mg tersebut sudah termasuk semua sumber kafein, jadi selain kopi, Anda juga perlu mewaspadai asupan sumber kafein lainnya seperti teh (teh hijau juga termasuk), cola, minuman energi dan coklat.

Perlu diingat bahwa kandungan kafein dalam minuman espresso, atau dalam minuman kopi berbasis espresso (seperti cappuccino dan latte) yang dijual di outlet, bisa jadi berbeda-beda pada setiap outlet.

Salah satu penelitian yang dilakukan untuk menilai kandungan kafein yang terdapat dalam minuman espresso yang dijual di outlet-outlet, ada yang hanya berkisar sekitar 50 mg per-cangkir di satu outlet, tapi ada juga yang mencapai hingga 300 mg per-cangkir di outlet lainnya.

Kalau Anda merasa perlu untuk mengurangi asupan kafein harian, Anda bisa mengkonsumsi kopi instan dan menghindari kopi murni.

Kandungan kafein dalam kopi instan sedikit lebih rendah dibanding kopi murni.

Kalaupun Anda tidak bisa meninggalkan kopi murni, seduhlah kopi murni Anda hanya sebanyak setengah sendok teh saja. Jumlah kandungan kafein dalam setengah sendok teh kopi murni cukup aman untuk ibu hamil.

Kalau Anda bisa, Anda juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi kopi non-kafein. Ini adalah pilihan yang lebih baik dan rasanya pun hampir sama dengan kopi biasa. Dengan begini, Anda bisa tetap menikmati minuman kesenangan Anda tanpa banyak meresikokan kesehatan bayi yang Anda kandung.

Untuk lebih jelas mengenai kafein untuk ibu hamil, baca artikel kami mengenai Pengaruh Kafein Bagi Ibu Hamil dan Kesehatan Janin.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.