Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Nangka?

Amankah buah nangka untuk ibu hamil? Inilah manfaat dan resiko makan buah nangka pada saat hamil.

Apakah Anda menyukai buah-buahan? Apakah nangka adalah salah satu buah favorit Anda?

Salah satu misteri besar bagi ibu hamil adalah bahwa mereka masih tidak tahu dengan pasti apakah buah nangka aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan?

Beberapa orang mengatakan buah nangka tidak aman bagi ibu hamil, sementara yang lainnya mengatakan bahwa itu belum terbukti secara ilmiah.

Banyak orang percaya bahwa makan buah nangka pada saat hamil membawa resiko keguguran, padahal tidak demikian. Makan buah nangka pada saat hamil tidak menyebabkan keguguran.
Memang ada sedikit bukti ilmiah mengapa nangka kurang dianjurkan untuk ibu hamil. Namun apabila dokter Anda membolehkan, maka tidak ada alasan bagi Anda menghindari buah favorit Anda tersebut.

Nangka adalah buah yang sangat sehat yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Buah nangka mengandung sejumlah besar vitamin A yang sangat penting bagi perkembangan janin, kesehatan mata dan untuk perkembangan sel.

Nangka juga mengandung vitamin B3 yang membantu meningkatkan imunitas, mengatur hormon, dan mengurangi stres pada wanita hamil.

Masalahnya baru akan timbul jika Anda makan terlalu banyak nangka karena buah ini mengandung banyak serat. Jika ibu hamil makan banyak serat, ia bisa mengidap masalah pada pencernaan.

(Buku yang direkomendasikan: Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil dari dr. Riyani Limoa, SpOG).


Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Nangka?


Menurut sebagian besar ahli kandungan, ibu hamil sebenarnya boleh makan semua jenis buah-buahan. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan diri Anda tidak makan secara berlebihan.

Namun, seperti halnya buah durian, kebanyakan ibu hamil memilih untuk menghindari makan buah nangka karena buah ini menimbulkan rasa panas dan dipercaya bisa menyebabkan keguguran.

Nangka kaya akan kandungan vitamin B6 dan nutrisi lainnya, misalnya kalium. Daging buah nangka mudah dicerna oleh tubuh manusia dan banyak mengandung antioksidan.


Manfaat makan buah nangka untuk ibu hamil

Beberapa manfaat nangka untuk ibu hamil antara lain:
  1. Buah nangka bisa membantu mengontrol atau mengatur kondisi hormon Anda.

  2. Nangka meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan melindungi Anda dari penyakit.

  3. Nangka mengontrol tingkat stress Anda selama kehamilan dan selama menyusui.

  4. Nangka juga membantu meningkatkan kadar vitamin A, yang mana sangat penting untuk perkembangan janin.

  5. Kandungan sodium dan lemak jenuh pada nangka rendah.

  6. Nangka mengasup sekitar 11% dari total kandungan serat yang dibutuhkan tubuh Anda dalam sehari.

  7. Nangka kaya akan vitamin A, B, C dan D, serta serat. Kandungan karbohidratnya mampu memberikan sekitar 95 Kcal energi. Nangka juga mengandung beta-karoten, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, kalium dan seng yang semuanya penting untuk tubuh Anda, terutama saat Anda sedang hamil.

  8. Nangka menurunkan tekanan darah Anda secara efektif selama kehamilan.


Efek samping makan nangka pada saat hamil

Makan buah nangka pada saat hamil sebenarnya tidak seburuk yang dikhawatirkan banyak orang, namun memang ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain:
  1. Jika Anda alergi, jauhi nangka.

  2. Jika Anda menyukai nangka dan Anda tidak alergi, Anda tetap tidak boleh makan terlalu banyak. Makan nangka berlebihan bisa menyebabkan kondisi feses tidak normal dan mengganggu perut Anda karena kandungan seratnya tinggi.

  3. Jika Anda menderita gangguan darah, makan nangka bisa mempercepat koagulasi dan memperburuk kondisi Anda.

  4. Nangka mempengaruhi kadar glukosa. Jika Anda penderita diabetes atau rentan terhadap diabetes, jangan makan nangka pada saat hamil.

  5. Jika Anda sedang menjalani transplantasi jaringan, jangan mengkonsumsi nangka selama kehamilan.

Kesimpulan

Buah nangka bukanlah pantangan bagi ibu hamil.

Buah nangka kaya akan serat, dan jika Anda makan nangka dalam jumlah yang normal, maka tidak hanya buah ini akan membuat Anda merasa kenyang, tetapi juga memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Jika Anda adalah pencinta buah dan Anda tidak alergi terhadap nangka, silakan makan nangka selama periode kehamilan Anda. Asal tidak berlebihan, tidak masalah.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.