Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Durian?

Bolehkah ibu hamil makan durian? Inilah manfaat dan resiko makan durian pada saat hamil.

Durian adalah buah yang manis, lezat dan gurih. Banyak yang mengatakan bahwa durian adalah rajanya buah.

Aroma durian yang sangat kuat menjadikan buah ini sangat disukai oleh sebagian orang, namun dibenci oleh sebagian yang lainnya.

Apakah Anda salah satu pencinta buah durian dan ingin tahu apakah buah ini aman untuk dimakan pada saat hamil?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Durian?

Amankah buah durian untuk ibu hamil?

Tidak ada hasil penelitian yang pernah membuktikan bahwa buah durian membawa efek negatif bagi ibu hamil.

Namun demikian, tidak ada juga hasil penelitian atau rekomendasi dari para ahli yang mengatakan bahwa durian adalah buah yang baik dimakan oleh ibu hamil.

Durian adalah sumber gula dan karbohidrat. Dua potong buah durian berukuran sedang mengandung sekitar 60 kalori.

Durian juga merupakan salah satu makanan dengan indeks glikemik yang tinggi sehingga bisa meningkatkan glukosa darah dalam sekejap. Meskipun secara umum aman untuk dikonsumsi pada saat hamil, namun penting untuk membatasi makan durian pada saat Anda sedang hamil.

Jika Anda menderita diabetes gestational, Anda harus menjauhi durian karena buah ini mengandung kadar gula yang tinggi.

Kebanyakan penduduk di Asia Tenggara tidak menganjurkan ibu hamil untuk makan durian, sebab mereka percaya sifat durian yang panas bisa berbahaya bagi bayi di dalam kandungan.


Manfaat buah durian untuk ibu hamil

Berikut adalah manfaat kesehatan buah durian:
  1. Durian mengandung kalori, mineral dan vitamin dalam jumlah besar. Daging durian lembut serta mudah dicerna oleh tubuh. Durian mengandung gula sederhana, seperti fruktosa dan sukrosa yang akan memberikan energi dan membuat Anda merasa energik.

  2. Durian tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh.

  3. Durian juga merupakan sumber serat yang baik. Buah ini memiliki efek seperti pencahar alami dan ampuh untuk mengatasi sembelit (yang mana sering terjadi pada ibu hamil).

  4. Kandungan serat yang terdapat pada durian akan melindungi selaput lendir Anda dari racun. Serat ini juga membantu untuk mengeluarkan racun dari usus Anda.

  5. Durian sarat dengan kandungan vitamin B kompleks seperti niasin, thiamin, dan riboflavin. Semua ini membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

  6. Durian juga merupakan sumber mineral yang baik seperti tembaga, mangan, besi dan magnesium. Tembaga dan zat besi sangat penting untuk memproduksi sel-sel darah merah dalam tubuh Anda, yang mana hal tersebut penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda.
Meskipun buah durian menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, namun mungkin bagi ibu hamil kurang begitu direkomendasikan, walaupun juga sebenarnya bukan pantangan.

Bijaksananya, konsultasikan dengan dokter Anda apakah Anda boleh makan durian atau tidak, sebab mungkin saja ada masalah kesehatan pada diri Anda yang membuat Anda lebih berisiko apabila makan durian dibanding orang lain.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.