Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Dipijat Refleksi?

Amankah pijat refleksi untuk ibu hamil?

Kami tidak menemukan banyak hasil penelitian yang akurat secara ilmiah mengenai aman-tidaknya pijat refleksi untuk ibu hamil.

Teori dasar pijat refleksi adalah bahwa ada titik-titik refleks tertentu pada tangan dan kaki yang "terkait" atau terkoneksi dengan organ-organ tertentu pada tubuh manusia. Dengan menekan pada titik-titik refleksi tersebut, maka akan merangsang dan meningkatkan aliran darah ke organ yang terkoneksi sehingga akan memberi efek positif terhadap kesehatan organ yang berhubungan.

Konsep tersebut mirip dengan prinsip yang digunakan dalam akupuntur, hanya saja pijat refleksi tidak menggunakan jarum, hanya penekanan dengan teknik tertentu. Menurut prinsip-prinsip pengobatan Cina tradisional, pijat refleksi efektif untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan.

Manfaat utama pijat refleksi adalah untuk mengusir kelelahan dan ketegangan, membantu relaksasi serta mengatasi rasa sakit dan gejala lainnya.

Bolehkah Ibu Hamil Dipijat Refleksi?


Beberapa tabib pengobatan Cina tradisional tidak menyarankan ibu hamil untuk melakukan pijat refleksi selama kehamilan, sebab mereka percaya bahwa hal itu bisa menyebabkan keguguran. Ditambah dengan masih kurangnya hasil penelitian mengenai efek pijat refleksi terhadap ibu hamil, maka kebanyakan dokter dan tabib Cina tradisional tidak menyarankan pijat refleksi untuk dilakukan pada ibu hamil.

Namun, saat ini mulai ada beberapa layanan terapi tradisional yang berkembang sehubungan dengan kehamilan dan salah satunya adalah pijat refleksi khusus ibu hamil. Pijat refleksi khusus untuk ibu hamil, walaupun masih jarang dan masih kurang populer, sejauh ini belum melaporkan adanya akibat negatif yang membahayakan ibu hamil maupun janin yang dikandungnya.

Namun harap diingat, memijat orang normal dan ibu hamil adalah sangat berbeda. Itulah sebabnya, bagi Anda para ibu hamil yang tertarik untuk melakukan pijat refleksi, sebaiknya Anda menggunakan jasa terapis berpengalaman yang khusus tersertifikasi untuk ibu hamil. Terapis yang kurang berpengalaman mungkin saja akan menekan terlalu keras dan memperparah pembengkakan yang sudah Anda alami akibat kehamilan Anda.

Tidak ada bukti bahwa pijat refleksi tidak aman untuk ibu hamil jika dilakukan dengan benar oleh terapis berpengalaman dan berkualitas yang tersertifikasi khusus untuk ibu hamil.

Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar strategi cara cepat hamil dan tips memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.