Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Bercinta?

Amankah berhubungan seks pada saat hamil? Posisi bercinta seperti apa yang dianjurkan untuk ibu hamil?

Tentu saja Anda bisa berhubungan seks walaupun sedang hamil.

Apabila kehamilan Anda sehat, Anda bisa berhubungan seks pada saat hamil hingga tiba waktunya air ketuban pecah. Namun sebelumnya, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu untuk memeriksa adanya masalah dengan kehamilan Anda, seperti plasenta previa, pendarahan atau serviks lemah.

Dalam kehamilan yang normal, berhubungan seks tidak akan menyebabkan keguguran. Jika Anda sedang mood, maka aman-aman saja bagi Anda untuk berhubungan seks dengan suami Anda.

Berhubungan seks selama hamil mungkin akan membawa dampak positif bagi hubungan Anda dengan suami Anda setelah bayi Anda lahir.

Penelitian membuktikan berhubungan seks pada saat hamil tidak menyebabkan kelahiran prematur. Bahkan, satu penelitian menemukan bahwa melakukan hubungan seks secara teratur justru akan mengurangi risiko kelahiran prematur.


Bolehkah Ibu Hamil Bercinta?

Apakah bercinta pada saat hamil berbahaya untuk bayi dalam kandungan?

Berhubungan seks pada saat hamil tidak akan membahayakan bayi dalam kandungan Anda, bahkan apabila dilakukan dengan posisi suami Anda di atas. Lendir tebal yang melindungi leher rahim Anda akan membantu menjaga tubuh dan bayi Anda dari risiko infeksi.

Kantung ketuban dan otot-otot rahim yang kuat juga melindungi bayi Anda. Meskipun Anda akan merasakan bayi Anda terguncang sedikit ketika Anda orgasme, tapi itu disebabkan karena peningkatan denyut jantung Anda, bukan karena bayi Anda merasa sakit.

Meskipun demikian, ada beberapa kondisi tertentu dimana Anda dianjurkan untuk menghindari seks pada saat hamil, diantaranya:

  • Pendarahan;
  • Nyeri atau kram perut;
  • Pecah ketuban;
  • Serviks lemah;
  • Kondisi plasenta previa, terutama jika Anda sudah mengalami beberapa kali pendarahan.

Anda juga harus menghindari seks pada saat hamil jika suami Anda menderita herpes. Jika Anda terinfeksi herpes genital pada saat hamil, maka itu berisiko membahayakan bayi Anda.


Bagaimana rasanya berhubungan seks pada saat hamil?

Berhubungan seks pada saat hamil bagi sebagian wanita akan terasa sama nikmatnya dibanding pada saat normal, sedangkan bagi sebagian wanita yang lain tidak demikian.

Peningkatan aliran darah ke daerah panggul bisa meningkatkan sensasi rasa nikmat bagi sebagian wanita sehingga berhubungan seks pada saat hamil justru akan terasa lebih nikmat dari biasanya.

Namun bagi wanita lainnya, justru dapat menimbulkan rasa kurang nyaman setelah hubungan seks selesai.

Bahkan bagi sebagian wanita, hubungan seks pada saat hamil akan terasa menyakitkan.

Juga, beberapa wanita merasakan kram perut selama atau setelah berhubunganan seks karena orgasme dapat memicu gelombang kontraksi. Namun kram ini tidak lama dan akan berakhir dalam beberapa menit.


Normalkah apabila tidak punya gairah seks sejak hamil?

Iya, kehilangan gairah seks sejak hamil adalah normal.

Perubahan besar yang terjadi dalam tubuh Anda sedikit banyak mengubah kehidupan seks Anda. Beberapa wanita ada yang justru semakin bergairah, tetapi wanita yang lain mungkin merasa terlalu lelah untuk bercinta.

Pada umumnya, gairah seks berkurang ketika usia kehamilan memasuki trimester ketiga, yaitu ketika semakin dekatnya saat persalinan dan semakin membesarnya perut Anda.

Intinya, rasa kehilangan gairah seks selama hamil adalah normal dan bukanlah sesuatu yang perlu Anda khawatirkan. Gairah Anda akan kembali seperti sediakala segera setelah bayi Anda lahir,


Posisi bercinta yang aman untuk ibu hamil

Berikut adalah beberapa posisi yang nyaman dan aman beserta sedikit tips untuk bercinta saat Anda sedang hamil:

  • Posisi menyamping atau disebut juga posisi sendok. Anda berbaring menyamping, dan suami Anda melakukan penetrasi dari belakang.
  • Berbaring telentang di pinggir tempat tidur. Berbaringlah telentang dan tempatkan bokong Anda tepat di pinggir tempat tidur serta tekuk lutut Anda. Dengan demikian, suami Anda bisa melakukan penetrasi sambil berdiri atau berlutut tanpa harus menindih tubuh Anda.
  • Istri di atas.
  • Posisi duduk; Anda duduk di pangkuan suami Anda dan suami Anda melakukan penetrasi dari bawah.

Dimana ada kemauan, pasti ada jalan. Dengan bereksperimen sedikit, Anda dan suami Anda pasti akan menemukan posisi yang nyaman untuk Anda berdua.

Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar strategi cara cepat hamil dan tips memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.