Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Ambeien (Wasir) Pada Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

Bagaimana mencegah dan mengatasi ambeien (wasir) pada saat hamil? - 

Ambeien atau wasir (yang sebenarnya merupakan varises di anus atau dubur) adalah salah satu keluhan kehamilan yang umum terjadi.

Ambeien kadang-kadang mengeluarkan darah, terasa gatal atau nyeri, terutama selama atau setelah buang air besar. Pada saat hamil, volume darah meningkat dan rahim menekan panggul sehingga pembuluh darah di daerah anus membengkak dan mengelompok seperti buah anggur.

Ambeien biasanya sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan.

Keluhan umum lainnya selama kehamilan adalah sembelit. Sembelit (sulit buang air besar) pada saat hamil terjadi karena gerakan usus besar melambat akibat hormon kehamilan yang memperlambat laju makanan melewati saluran pencernaan, dan juga akibat pembesaran rahim yang menekan usus besar.

Sembelit berkontribusi terhadap terjadinya ambeien karena usaha yang berlebihan untuk buang air besar (mengedan) akan memperbesar pembuluh darah pada anus.

Cara terbaik untuk mengatasi baik wasir maupun sembelit adalah dengan menceganya terjadi.

Makanlah makanan yang kaya akan serat (roti gandum, buah-buahan dan sayuran segar). Minumlah banyak air setiap hari. Berolahragalah secara teratur. Tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda harus mengkonsumsi suplemen pelunak kotoran (pencahar).

Jangan berdiri atau duduk dalam jangka waktu yang lama karena akan memberikan tekanan pada pembuluh darah di tubuh bagian bawah. Jika Anda harus duduk untuk jangka waktu yang lama, luangkan waktu untuk bangkit dan berjalan-jalan selama beberapa menit setiap jam.


Tips meringankan ambeien pada saat hamil

  • Berendam dalam air hangat. Isi tub dengan air hangat dan berendamlah beberapa kali sehari.
  • Hindari duduk untuk jangka waktu yang lama. Duduk memberi tekanan pada pembuluh darah di anus dan rektum. Berbaringlah miring atau berdiri. Jika Anda harus duduk, sering-seringlah beristirahat dengan bangkit dan melakukan senam ringan.
  • Konsumsi obat ambeien. Mintalah dokter Anda untuk merekomendasikan krim wasir atau obat yang aman untuk digunakan selama kehamilan. Ingat, krim wasir tidak benar-benar menyembuhkan kondisi yang menyebabkan ambeien, melainkan hanya mengurangi rasa sakitnya saja.

Mencegah sembelit

Perlu diingat bahwa sembelit berkontribusi terhadap terjadinya wasir selama kehamilan. Untuk meringankan atau mencegah sembelit, lakukan tips berikut ini:
  • Mengkonsumsi serat dalam jumlah yang memadai setiap hari.
  • Minum banyak air.
  • Berolahraga dan beraktivitas fisik secara teratur.
  • Konsumsi obat pencahar (pelunak kotoran).

Mengatasi gatal atau sakit akibat ambeien pada saat hamil

Apabila ambeien menyebabkan rasa gatal atau nyeri, tips berikut ini akan membantu meringankannya:   
  • Jagalah anus Anda tetap bersih dengan menyekanya dengan hati-hati dari arah depan ke belakang. Gunakan tisu bayi yang lebih lembut dari kertas toilet. Jika Anda menggunakan kertas toilet, gunakan tisu toilet yang hanya lembut tanpa pewangi.
  • Terapkan kompres es.

Apakah ambeien berpengaruh terhadap bayi?

Ambeien umumnya tidak berpengaruh buruk terhadap bayi dalam kandungan.

Meskipun demikian, beberapa jenis ambeien atau wasir memerlukan prosedur medis untuk menyingkirkannya, jadi tetaplah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda memerlukan perawatan lebih lanjut atau tidak.

Bagi kebanyakan wanita, ambeien akan berhenti setelah melahirkan. Jika ambeien Anda belum juga berhenti setelah melahirkan, tanyakan dokter Anda apakah Anda perlu menjalani perawatan bedah.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.